Mengenal Beras Coklat dan Segudang Manfaatnya untuk Kesehatan

Beras coklat
Beras merupakan bahan makanan pokok terutama untuk masyarakat di Indonesia, rasanya belum kenyang jika belum makan nasi. Selain beras putih, terdapat beberapa jenis beras yang baik untuk kesehatan dan untuk menurunkan berat badan. Diantaranya adalah, beras merah, beras hitam, dan besar coklat.

Beras coklat memiliki nama yang sama dengan bentuknya, dikarenakan prosesnya yang berbeda dimana tidak hanya dikupas kulit arinya saja dan tidak diolah hingga menjadi putih bersih. Karena melewati proses yang cukup sulit maka beras coklat memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi.

4 gram Beras coklat mengandung serat makanan atau dapat memenuhi 14% dari kebutuhan 2.000 kalori. Beras coklat juga memiliki kandungan 2% kalsium dan 5% zat besi, dilengkapi juga dengan natrium sebesar 10%. Sehingga beras coklat memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh. Berikut ini ulasan mengenai manfaat beras coklat.

Beberapa Manfaat Baik Mengkonsumsi Beras Coklat 

  • Mencegah penyakit kanker dan jantung

  • Beras coklat
    Sumber foto: Canva.com

    Penyakit kanker dan jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan dapat merusak organ-organ dalam tubuh. Sehingga sangat dibutuhkan pencegahannya agar kita dapat terhindar dari penyakit berbahaya ini. Beras coklat mengandung antioksidan yang bermanfaat yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

    Radikal bebas inilah yang menjadi salah satu faktor penyebab munculnya kanker. Beras coklat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi agar tubuh terhidrasi dari penyakit jantung dan gangguan sistem pembuluh darah. Aterosklerosis adalah pengerasan pembuluh darah atau disebut juga dengan tekanan darah tinggi, yang dapat menyebabkan seseorang terkena serangan jantung.

    Untuk itu beras coklat sangat dianjurkan bagi penderita kanker dan jantung agar aliran darah dan tubuh terhidrasi dan dapat terhindari dari penyakit berbahaya ini. Kamu dapat juga mengkombinasikan makan nasi coklat dengan lauk pauk yang kaya nutrisi dan sehat seperti sayur-sayuran.

  • Dapat membantu menurunkan berat badan

  • Beras coklat memiliki banyak kandungan serta yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan, jika kamu mengkonsumsi secara rutin dengan porsi yang tepat. Bahkan, jika kamu ingin memakan nasi coklat dalam porsi yang banyak, kalori yang akan diserap akan sangat sedikit dalam tubuh.

    Selain itu beras coklat juga dapat membantu mengurangi lemak dalam tubuh, tidak seperti beras putih yang memiliki kalori yang tinggi. Beras Coklat mengandung serta yang tidak larut dalam air, sehingga membuat serat lebih lama di dalam usus. Efeknya adalah membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

  • Membantu kerjanya sistem pencernaan

  • Beras coklat

    Sumber foto: Canva.com

    Beras coklat memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat membantu meningkatkan sistem kerja usus dan membantu membuat perut terasa kenyang lebih lama. Serat yang terkandung dalam Beras coklat juga dapat membantu mengatasi sembelit, sehingga perut akan terasa lebih nyaman.

  • Membantu mencegah penyakit diabetes

  • Beras putih memiliki kandungan yang kurang baik bagi penderita diabetes, karena memiliki kandungan gula yang tinggi dan karbohidrat yang banyak. Sehingga penderita diabetes dapat beralih ke beras coklat yang dapat mengontrol gula dalam tubuh

  • Mampu mengontrol tekanan darah

  • Beras coklat

    Sumber foto: Canva.com

    Anemia sering terjadi pada seseorang yang kelelahan dan dapat mengakibatkan tekanan darah rendah, namun sering tidak disadari oleh penderitanya. Beras coklat dapat digunakan untuk mengatasi anemia, dimana kandungan zat besi dalam beras coklat dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan membuat seseorang tidak mudah terkena sakit.

     

    Baca juga: 5 Trik Memasak Beras Merah agar Pulen dan Enak

    Baca juga: 7 Keunggulan Beras Hitam yang Harus Diketahui


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published