Ketahui 7 Keunggulan Beras Hitam yang Wajib Diketahui

Ketahui 7 Keunggulan Beras Hitam yang Wajib Diketahui

Beras hitam merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki banyak manfaat bagi sebagian besar masyarakat yang sedang menjalankan hidup sehat. Karena terdapat banyak kandungan baik di dalam beras hitam.

Umumnya seseorang yang sedang menjalankan hidup sehat akan memilih beras merah sebagai bahan pangan pokok yang mengenyangkan. Namun beras hitam juga memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh untuk semua kalangan, baik yang muda maupun untuk usia lanjut.

Sehingga tak ada salahnya untuk mencoba beras hitam sebagai bahan makanan pokok yang mengenyangkan dengan nutrisi yang berlimpah. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, anda dapat menyimak artikel dibawah ini mengenai keunggulan beras hitam.

Beberapa Keunggulan Beras Hitam yang Wajib Anda Ketahui

1. Memiliki kandungan Protein yang tinggi

beras hitam

Keunggulan beras hitam yang pertama adalah memiliki kandungan nutrisi berupa protein yang sangat tinggi. Dimana nutrisi tersebut akan sangat baik untuk kecukupan gizi di dalam tubuh. Bahkan, di dalam semangkuk beras hitam terdapat karbohidrat yang lebih rendah dari beras merah.

Kandungan serat dan protein yang tinggi yang terkandung dalam beras hitam akan cocok untuk anda yang ingin diet sehat. Protein dapat memproduksi enzim yang dapat mendorong proses penyebaran oksigen ke seluruh aliran tubuh. Sehingga dapat mengurangi gejala pusing akibat kurangnya oksigen yang menyebar.

2. Sangat baik untuk mendetoks hati

Beras hitam memiliki keunggulan yang baik untuk kesehatan organ hati. Hal ini dikarenakan adanya antioksidan yang tinggi di dalam beras. Organ hati juga mengatur hormon dan memainkan peranan penting dalam detoksifikasi tubuh. Dimana beras hitam memiliki peranan penting dalam menjaga hati agar tetap sehat.

3. Dapat digunakan untuk melancarkan pencernaan

Beras hitam memiliki kandungan serat yang sangat tinggi yang dapat melancarkan pencernaan di dalam tubuh. Serat di dalam beras hitam akan membantu menghilangkan dan mencegah dan membantu masalah pencernaan lainnya. 

4. Tidak mengandung gluten

beras hitam

Gluten merupakan sejenis protein yang ditemukan dalam semua produk yang mengandung gandum atau barley, seperti oatmeal dan umumnya terdapat dalam roti. Efek samping dari mengkonsumsi makanan mengandung gluten adalah adanya kemungkinan kembung atau nyeri perut. Meskipun beras hitam memiliki kandungan serat yang tinggi, namun beras hitam bebas gluten.

5. Dapat mencegah dan mengendalikan gejala diabetes

Beras hitam akan sangat berguna dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengatur pola makan sehat. Dimana beras hitam membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna sehingga anda akan lebih cepat kenyang. Efeknya adalah akan membantu perlindungan pada sistem pencernaan sekaligus mempertahankan gula darah agar tetap konsisten.

6. Memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral

Kandungan bermanfaat yang dimiliki beras hitam adalah mengandung vitamin dan mineral yang tinggi, dimana terdiri dari vitamin E, B1, B2, B3, dan B6. Selain itu terdapat mineral zinc dan fosfor yang sangat baik dan banyak khasiatnya untuk tubuh

7. Kaya akan kandungan antioksidan

beras hitam

Beras hitam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yaitu senyawa yang mampu mencegah kemungkinan penyakit jantung, serta melindungi tubuh terhadap segala macam peradangan yang menjadi penyebab dari banyaknya penyakit yang umum saat ini mulai dari asma, arthritis, hingga penyakit kanker.


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published