Gula Aren, Rasa Manis Penuh Khasiat

Gula Aren, Rasa Manis Penuh Khasiat

Gula aren merupakan salah satu jenis pemanis yang digunakan untuk campuran bahan makanan dan minuman. Saat ini gula aren juga menjadi bahan yang identik dengan kopi kekinian. Dimana percampuran rasa pahit dari kopi dengan rasa manis dari gula aren menjadi sebuah minuman yang sangat nikmat.

Gula aren sendiri ini berasal dari pohon aren, dimana seluruh prosesnya yang dilalui dilakukan secara alami tanpa adanya bahan kimia apapun sehingga memiliki banyak khasiat. Sebagai bahan pemanis dalam bahan makanan, gula aren dirasa memiliki lebih banyak khasiat dibanding dengan gula putih atau gula pasir. 

Selain itu, gula aren juga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk memberikan rasa manis khususnya untuk penderita diabetes, karena gula aren dianggap lebih aman yang mengandung kalori lebih sedikit dan zat besi lebih tinggi dibanding dengan gula pasir. Untuk informasi lebih lanjut simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Beberapa Khasiat Gula Aren untuk Tubuh

1. Dapat dijadikan sebagai penghangat tubuh

Gula aren

Gula aren memiliki berbagai macam khasiat yang sangat baik untuk kondisi badan kita. Salah satunya adalah ketika anda merasa kedinginan karena cuaca yang tidak menentu, anda dapat menggunakan gula aren sebagai penambah pemanis dalam minuman. Contohnya anda dapat membuat wedang jahe dengan mencampur jahe dan gula aren.

2. Solusi bagi anda yang mengalami sariawan

Gula merah juga dapat dijadikan sebagai solusi untuk anda yang sedang mengalami sariawan. Dimana di dalam gula aren terkandung niacin dan mineral alami yang berfungsi untuk mengobati sariawan dalam mulut anda.

3. Membantu melancarkan sistem pencernaan 

Jika anda memiliki masalah dengan pencernaan, anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi gula aren dalam bahan makanan atau minuman. Dimana masalah pencernaan dapat terselesaikan dengan jenis gula yang satu ini. Selain itu dapat dijadikan sebagai solusi untuk menjaga berat badan agar tetap stabil.

4. Mengurangi kram akibat menstruasi

Gula aren

Nyeri haid tentu sangat mengganggu dalam menjalankan keseharian, tak jarang mood menjadi ikut rusak dan tidak bertenaga untuk menjalankan rutinitas. Namun anda tidak perlu khawatir karena ada gula aren, dapat menenangkan kontraksi pada otot rahim saat menstruasi.

5. Dapat mengatasi penyakit anemia

Seseorang yang mengalami Anemia sangat penting untuk konsumsi zat besi yang tinggi, penyebab tubuh jadi mudah lelah dan pusing adalah karena zat besi pada tubuh tidak tercukupi yang mengakibatkan tubuh tidak mampu menyalurkan oksigen keseluruh tubuh. 

Disisi lain gula aren memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan sangat baik untuk anda yang menderita penyakit anemia. Sehingga anda dapat mengkonsumsi gula aren sebagai salah satu cara mengatasi penyakit anemia. Namun perlu diketahui bahwa mengkonsumsi gula aren harus digunakan sesuai takaran.

6. Dijadikan sebagai penambah energi tubuh

Gula aren juga dapat menjadi salah satu cara untuk menambah energi dikala anda merasa lemas. Caranya pun cukup mudah, campurkan gula aren dalam larutan minuman anda.

7. Mencegah penyakit obesitas

Gula aren

Kandungan yang terdapat dalam gula aren dinilai lebih baik daripada mengkonsumsi gula pasir. Dimana gula aren memiliki kalori yang rendah sehingga sangat aman dan dapat mencegah obesitas selama dalam takaran yang tepat. Dengan mengonsumsi gula ini secara rutin dan sesuai takaran, akan mampu mencegah anda dari obesitas.

8. Melancarkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang terganggu atau tersumbat dapat menyebabkan penyakit hipertensi, stroke, hingga penyakit jantung. Gula aren memiliki khasiat untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, dimana gula ini akan membantu mencegah penyakit tersebut dengan cara konsumsi secara rutin dan secukupnya.

 


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published