Khasiat Cuka Apel untuk Kesehatan Ibu Hamil

Khasiat Cuka Apel untuk Kesehatan Ibu Hamil

Cuka Apel atau cuka sari apel merupakan bahan bumbu, makanan, atau obat alami yang populer dan dipercaya untuk mengatasi banyak masalah kesehatan, baik dikonsumsi maupun dijadikan sebagai obat luar. Mengingat cuka apel memiliki rasa asam yang sangat kuat, apakah cuka apel aman bagi ibu hamil? 

Cuka apel sendiri terbuat dari ekstrak buah apel yang difermentasi. Beberapa jenis cuka apel mengandung bakteri menguntungkan (Probiotik) jika dipanaskan pada suhu tertentu, proses ini dapat dikatakan juga sebagai dipasteurisasi. Sementara sebagian besar cuka apel memiliki khasiat yang baik tanpa harus dipanaskan.

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk menghindari makanan yang sifatnya mentah atau tidak dimasak terlebih dahulu untuk mencegah adanya bakteri dan jamur yang dapat mengganggu perkembangan janin. Disisi lain, khasiat cuka apel baik untuk ibu hamil.

Sehingga perlu diperhatikan cara yang tepat mengkonsumsi cuka apel bagi ibu hamil agar tetap aman. Yang terpenting adalah berkonsultasi langsung dengan dokter sebelum mengkonsumsi makanan yang tidak dipasteurisasi terutama cuka apel.

Berikut Beberapa Khasiat Cuka Apel untuk Kesehatan Ibu Hamil

  • Solusi Mengatasi Mulas yang Parah

  • Khasiat cuka apel

    Cuka apel dapat menjadi solusi bagi ibu hamil untuk mengatasi rasa mulas. Cara ini dianjurkan apabila setelah minum obat mulas khusus ibu hamil masih merasa sakit dibagian perut. Caranya campurkan 1-2 sendok makan cuka apel dalam segelas air putih. Anda dapat meminumnya 1 atau 2 kali dalam sehari.

  • Dapat Membantu dan Mencegah Keputihan dan Infeksi Saluran Kemih

  • Cuka apel memang memiliki banyak khasiat dan menjadi salah satu obat yang dianjurkan untuk penderita infeksi saluran kemih dan mencegah keputihan, dimana keduanya menjadi masalah yang sering dialami oleh ibu hamil. Cara mengkonsumsinya pun mudah, anda cukup menyiapkan 1 atau 2 sendok makan cuka apel lalu larutkan ke dalam segelas air putih, minum maksimal 2 kali sehari.

  • Menghilangkan Rasa Mual

  • Khasiat cuka apel

    Rasa mual sangat lumrah dirasakan oleh ibu hamil, hal ini tentu agak mengganggu aktivitas. Solusi dari masalah ini adalah ibu hamil dapat mengkonsumsi cuka apel untuk menghilangkan rasa mual yang dirasakan. Asam dalam cuka apel juga dapat mengatasi masalah gangguan pencernaan.

    Ibu hamil perlu memperhatikan jenis cuka sari apel yang digunakan terutama yang tidak dipasteurisasi karena dikhawatirkan mengandung bakteri toxoplasma dan salmonella atau bakteri lainnya yang tidak baik bagi kesehatan janin. 

  • Mengatasi Masalah Jerawat pada Ibu Hamil

  • Hormon juga menjadi salah satu masalah ibu hamil yang sangat umum terjadi salah satunya adalah timbulnya jerawat. Apalagi ibu hamil juga harus membatasi diri untuk menggunakan produk-produk skin care yang mengandung bahan-bahan kimia yang kurang baik untuk kesehatan janin.

    Khasiat cuka apel memang sudah dipercaya dapat menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang membandel. Ibu hamil dapat mengandalkan cuka apel sebagai solusi untuk mencegah dan menghilangkan jerawat. Caranya campurkan perbandingan 1:3 antara cuka apel dengan air. Oleskan pada area kulit yang berjerawat dengan kapas.

  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh

  • Khasiat cuka apel

    Cuka apel dapat meningkatkan kemampuan untuk mencerna lemak dan gula. Untuk meningkatkan metabolisme caranya campurkan 1-2 sendok makan cuka apel dalam segelas air minum, maksimal 2 kali dalam sehari.


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published