Cek Daftar Makanan Sehat agar Terhindar dari Penyakit

Cek Daftar Makanan Sehat agar Terhindar dari Penyakit

Gaya hidup yang serba instan tidak hanya mempengaruhi aktivitas manusia saja, tetapi juga pola makan yang jauh dari makanan sehat yang dibutuhkan tubuh. Makanan cepat saji yang mengenyangkan menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmatnya. Tak hanya mudah dikonsumsi, makanan cepat saji memiliki rasa yang sangat nikmat.

Namun makanan cepat saji tidak memiliki kecukupan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh, justru mendatangkan banyak penyakit yang dapat membahayakan kondisi tubuh. Untuk itu, anda perlu menyeimbangkannya dengan mengkonsumsi jenis makanan yang sehat bagi tubuh.

Mengkonsumsi makanan sehat menjadi salah satu kebutuhan bagi tubuh agar terhindari dari berbagai macam penyakit dan juga dapat dilihat dari cara mengatur pola makan sehat bagi tubuh sehingga dapat membuat badan terasa lebih segar.

Tak dapat dipungkiri bahwa asupan kita menjadi hal yang mempengaruhi kesehatan tubuh. Hal inilah yang menyebabkan manusia sangat membutuhkan berbagai jenis makanan sehat yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan. Sehingga tubuh akan terasa lebih sehat dan pertumbuhan dapat berjalan dengan lebih maksimal. 

Hal terpenting dalam memenuhi asupan tubuh adalah seluruh makanan yang dikonsumsi tidak boleh sembarangan, memiliki nilai gizi yang baik dan seimbang perlu dibersihkan serta. Makanan sehat yang seimbang terdiri dari makanan yang mengandung karbohidrat, vitamin, protein dan lemak. 

Beberapa Jenis Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Tubuh

  • Sayur-mayur

  • makanan sehat
    Sumber foto: Canva

    Salah satu kebutuhan nutrisi tubuh adalah sayur-sayuran yang memiliki berbagai macam gizi yang baik bagi kesehatan. Sayuran hijau merupakan jenis makanan sehat yang menempati peringkat pertama untuk mencukupi nutrisi yang lengkap.

    Sayuran hijau yang baik dikonsumsi bagi kesehatan tubuh diantaranya Brokoli, Bayam, Kangkung, kale, sayuran berdaun hijau, dan lain sebagainya. Selain menyehatkan, berbagai macam sayuran ini dapat diolah untuk menjadi santapan yang nikmat.

  • Buah-buahan Segar

  • Rasanya manis dari buah-buahan menjadi salah satu cemilan terbaik yang perlu dikonsumsi oleh manusia. Di dalam buah mengandung banyak vitamin sehat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Sehingga anda akan terhindar dari masalah sakit perut seperti kembung, diare, sembelit, dan lain sebagainya.

  • Protein

  • makanan sehat
    Sumber foto: Canva

    Selain sayur dan buah, anda juga perlu melengkapi protein yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Seperti daging, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan makanan lautnya. Selain makanan anda juga perlu mengkonsumsi cairan seperti air putih dan susu.

  • Asupan Vitamin

  • makanan sehat
    Sumber foto: Canva

    Setelah mencukupi asupan makanan dengan berbagai macam nutrisi, anda juga harus melengkapi vitamin yang cukup. Karena vitamin juga dapat membantu anda untuk melawan berbagai macam penyakit dan anda juga merasa lebih segar.

     

    Baca juga: Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat Secara Sederhana

    Baca juga: Trik Mengolah Makanan Bebas Gluten dengan Tepat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published