Lebih Sehat dan Alami, Begini Cara Memutihkan Wajah dengan Beras Organik

beras organik

Selain sebagai makanan pokok, beras organik juga bermanfaat untuk kecantikan. Ini karena kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi serta baik untuk kulit. 

Sejak zaman dulu manfaat beras sudah dikenal dan digunakan untuk kulit, terutama di wilayah Asia, seperti Korea, China, Jepang dan India. Kini, berbagai produk perawatan kulit wajah juga banyak yang menjadikannya sebagai bahan aktif. Hal ini karena tingginya kandungan vitamin B, E, zinc, dan antioksidan di dalam beras yang baik untuk kulit.

Beberapa studi juga menyebutkan bahwa ekstrak beras mempunyai efek anti-aging, yang mampu mengatasi flek hitam, mengurangi kerutan, hingga memperbaiki kerusakan kulit.

Cara Memutihkan Wajah dengan Beras

beras organik

Sumber foto: Google

Selain menjadi menu makanan sehat, beras organik juga dapat membantu kulit wajah terlihat lebih cerah, bersih, dan putih. Berikut cara menggunakan beras untuk memutihkan wajah:

  1. Gunakan Air Rendaman Beras untuk Mencuci Wajah

Rutin mencuci wajah dengan air beras bisa memutihkan, menenangkan, dan memperbaiki kulit yang rusak.

Caranya, rendam beras dengan air bersih selama 30 menit, kemudian saring. Setelah itu, kamu bisa mendinginkan air rendaman beras tersebut di kulkas. Sebelum menggunakannya, campurkan air rendaman itu dengan air bersih.

  1. Cuci Wajah dengan Air Tajin

Tajin alias air rebusan beras juga bisa digunakan sebagai toner alami untuk wajah. Air tajin mengandung berbagai nutrisi, vitamin, mineral, dan antioksidan yang membantu mencegah serta mengatasi kerutan hingga memudarkan flek hitam akibat penuaan.

Bukan itu saja, air rebusan beras ini juga bisa mengatasi kulit kering dan menjaga kulit tetap lembab.

Cara menggunakan air tajin untuk memutihkan dan membersihkan kulit wajah juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mencuci beras dan ambil airnya. Setelah direbus sekitar 10 menit, diamkan air rebusan beras tersebut hingga dingin. Lalu, gunakan pada wajah sebagai toner.

  1. Scrub dari Tepung Beras

Cara selanjutnya yakni dengan menjadikan tepung beras sebagai scrub wajah. Tepung beras merupakan salah satu bahan alami yang dapat membersihkan dan mengangkat sel kulit mati serta menghaluskan tekstur kulit.

Caranya, campurkan 2-3 sendok teh tepung beras, 3 sendok makan minyak zaitun, dan ½ cangkir susu. Kemudian, oleskan pada wajah dan diamkan sekitar 20 menit. Setelah itu, gosok perlahan dan basuh dengan air hangat. Gunakan scrub ini 2-3 kali dalam seminggu agar hasilnya optimal.

  1. Gunakan Toner Wajah dari Air Beras dan Lemon

Bahan pangan yang biasa ada dalam menu makanan sehat ini juga bisa dijadikan sebagai toner alami lho. Caranya dengan mencampur air beras dengan lemon, kedua bahan ini disebut ampuh untuk memutihkan wajah. Caranya:

  • Rendam ½ cangkir air beras dengan air hangat selama semalam.
  • Saring air beras, tambahkan 3 sendok makan sari lemon.
  • Dinginkan ke dalam kulkas.
  • Toner wajah siap digunakan.

Kamu bisa mengaplikasikannya dengan kapas. Basahi kapas dengan toner tersebut lalu usapkan ke seluruh permukaan wajah dan diamkan 30 menit, kemudian basuh dengan air.

  1. Masker dari Tepung Beras, Oats, Susu, dan Madu

Masker wajah ini bermanfaat untuk membersihkan pori-pori, memudarkan noda atau flek hitam. Madu dan oats juga mampu mengatasi jerawat. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Campur 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok teh oats, 1 sendok teh susu, dan 1 sendok teh madu.
  • Aduk sampai merata, kemudian oleskan ke wajah dan diamkan sekitar 10-15 menit.
  • Cuci wajah hingga bersih.

Gunakan masker ini 2-3 kali seminggu agar hasil yang didapatkan lebih optimal.

Ternyata beras bukan hanya menjadi bahan pangan saja, tapi juga bisa digunakan sebagai perawatan wajah. Tertarik memutihkan wajah dengan beras organik? Kamu bisa membelinya di Healthy Choice ya.

 

Baca juga: Ketahui Dampak pada Tubuh Jika Rajin Konsumsi Beras Organik

Baca juga: Alasan Beras Organik yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Lambung


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published