Mana Kesukaan Kamu? 5 Camilan Sehat Ini dapat Membantu Menjaga Kesehatan Usus

Camilan sehat

Memilih camilan sehat yang enak tidaklah sulit. Ada banyak pilihan menu sehat untuk camilan yang bermanfaat baik bagi tubuh, salah satunya yaitu menjaga kesehatan usus. Saat merasa lapar, camilan menjadi solusi untuk mengganjal perut sebelum tiba waktu makan. Camilan juga kerap menjadi teman saat menonton tv, berkumpul bersama teman, maupun menghabiskan waktu sendiri.

Mengonsumsi camilan sehat akan memberi dampak baik bagi tubuh dan pencernaan kamu. Kudapan yang tinggi serat dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Lantas, apa saja camilan sehat yang baik bagi kesehatan usus? Yuk simak lebih lanjut!


  • Mengonsumsi Yoghurt
  • Produk olahan susu satu ini terkenal mengandung bakteri baik untuk kesehatan usus. Probiotik yang terkandung dalam yoghurt membantu mencerna laktosa. Probiotik sendiri adalah jenis bakteri yang dapat ditemukan pada makanan maupun minuman yang difermentasi. Kalau kamu termasuk laktosa intoleran, maka masih boleh kok mengonsumsi minuman ini untuk menjaga kinerja usus tetap lancar.


  • Raspberry Bisa Menjadi Pilihan
  • Buah berukuran mungil satu ini kaya akan polifenol dan antioksidan yang baik untuk usus. Penelitian tahun 2018 dari Neural Regeneration Research, menunjukkan polifenol berfungsi sebagai probiotik yang bagus untuk pertumbuhan bakteri baik, serta menghambat perkembangan patogen.

    Lebih lanjut, Departemen Pertanian Amerika Serikat mengatakan, mengonsumsi delapan gram raspberry setiap hari mampu membantu mencukupi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.


    Camilan sehat

    Sumber foto: Google


  • Tidak Hanya Sehat, Pisang Ijo juga Sehat
  • Ini bukan es pisang ijo, lho ya! Tapi pisang yang berwarna hijau. Pisang satu ini diketahui paling baik untuk kesehatan usus sebab memiliki kandungan pati resisten.

    Menurut penelitian pada tahun 2019 dari Nutriens Journal, menunjukkan bahwa pati resisten adalah jenis serat yang menghasilkan bakteri baik saat mikroba di dalam tubuh kamu memakannya.


  • Almond, Cocok untuk Kamu yang Suka Kacang
  • Camilan sehat lainnya adalah almond. Pada tahun 2022, studi dari American Journal of Clinic Nutrition mengungkapkan bahwa mengonsumsi almond bisa meningkatkan jumlah asam lemak tak jenuh, kalium, dan serat. Serat merupakan bahan bakar utama bagi probiotik yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan usus.

     

  • Popcorn
  • Selain menjadi teman menonton film, popcorn juga baik untuk usus kamu, lho! Camilan satu ini ternyata mengandung banyak serat. Dalam satu porsi popcorn (sekitar 100 gram) mengandung 14,5 gram serat.

    Selain itu, menu sehat yang terbuat dari biji jagung ini juga rendah kalori. Asal ingat, jangan mengonsumsinya dengan menggunakan tambahan mentega atau gula ya.


    Itu dia lima camilan sehat yang dapat membantu menjaga kesehatan usus. Selain camilan, perhatikan pula konsumsi makanan sehari-hari, pastikan selalu makan menu sehat untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh. 

    Jangan lupa imbangi pula dengan olahraga untuk menjaga pola hidup sehat yang kamu jalani. Masih suka makan sembarangan? Tenang, belum terlambat kok untuk memulai hidup sehat.

    Mulai sekarang yuk ubah kebiasaan makan dengan memperbanyak makan sayur dan buah. Selain itu, ganti pula camilan kamu dengan kudapan sehat seperti di atas. Ingin camilan yang praktis tapi tetap menyehatkan? Langsung saja cek di website Healthy Choice.

    Di sini ada banyak camilan praktis yang terbuat dari bahan-bahan pilihan dan sehat bagi tubuh tentunya. Penasaran? Yuk cek snack sehat di Healthy Choice sekarang!

     

    Baca juga: 5 Pola Hidup Diet Sehat di Tahun 2023, Yuk Bijak Pilih Camilan dan Wajib Sarapan

    Baca juga: Menurut Ahli, Ini Daftar Camilan Sehat yang Baik Dikonsumsi Saat di Pesawat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published