Mengetahui Bagaimana Mengolah Chia Seeds dengan Tepat

Chia seed

Apakah kamu tahu bahwa chia seeds memiliki banyak manfaat? Bentuknya yang kecil membuat makanan satu ini sering dianggap sebelah mata, padahal chia seeds atau biji chia memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh.

1 ons chia seeds sama dengan 11 gram serat, 4 gram protein, hingga 9 gram lemak baik yang didominasi omega 3. Seluruh kandungan tersebut dipercaya dapat menurunkan berat badan dan mampu melancarkan pencernaan.

Chia seeds sendiri merupakan makanan asal meksiko yang umumnya ditemukan dalam minuman sebagai hidangan penutup. Selain itu, kamu juga dapat berkreasi dengan chia seeds dalam berbagai macam makanan seperti ulasan di bawah ini.

Berikut Beberapa Olahan Chia Seeds sebagai Menu Referensi Sehatmu

  • Campuran dalam Smoothie Buah

  • Chia seeds

    Sumber foto: Canva

    Biji chia mengandung serat larut yang mudah menyerap air sehingga perut akan terasa kenyang. Salah satu olahan terbaik menggunakan chia seed adalah dengan mencampurnya kedalam smoothies.

    Buatlah smoothies dengan mencampur buah-buahan beku seperti pisang, stroberi, dan buah lainnya kemudian blender hingga halus. Lalu taburkan biji chia sebagai tekstur tambahan. Karena biji chia mudah menyerap air yang akan membuat smoothies lebih kental.

  • Tambahkan dalam Puding

  • Olahan selanjutnya adalah kamu dapat membuat puding dengan campuran chia seeds. Caranya adalah masak bubuk agar yang dicampur dengan susu rendah lemak, madu, dan chia seeds. Aduk hingga mengental, lalu dinginkan.

    Tambahkan buah-buahan segar seperti buah beri, pisang, mangga dan lain-lain diatas puding sebagai garnish. Camilan ini akan cocok sebagai snack sehat untuk keluarga, karena memiliki kandungan kalsium, serat dan protein yang tinggi. 

  • Masukan dalam Salad

  • Cara mengolah chia seed selanjutnya adalah kamu dapat mencampurkannya dengan salad buah ataupun sayur. Setelah mencampurkan beberapa potong buah atau sayur, taburkan chia seed diatas salad. Selain menambah tekstur, tampilan salad akan terlihat lebih menarik.

  • Tambahkan pada Insulated Water

  • Chia seeds yang memiliki kandungan protein dan tinggi serat, sehingga dapat mempertahankan rasa kenyang sekaligus memaksimalkan penyerapan nutrisi. Cukup mencampurkan biji chia dan irisan buah ke dalam air, lalu dinginkan dalam kulkas semalaman.

  • Campurkan dalam Adonan Kue

  • Jika kamu merasa aneh mencampurkan kue dengan chia seed maka tak perlu khawatir, karena  ukuran chia seed yang kecil tidak akan mengganggu rasa. Justru akan memberikan tekstur crunchy yang unik saat menggigit kue.

    Kue yang dikombinasikan dengan biji chia menjadi alternatif penambah asupan serat dan protein untuk keluarga. Caranya campurkan ke dalam adonan kue yang akan di oven. Chia seeds juga akan membuat tampilan kue terlihat menarik dan menggiurkan. 

  • Sebagai Campuran Dressing

  • Chia seed juga dapat dijadikan sebagai campuran dressing salad, contohnya Italian Dressing atau campuran Honey Mustard, dimana biji chia akan membuat tekstur dressing semakin kental. Untuk memberikan rasa yang lebih segar, kamu dapat menambahkan lemon dan minyak zaitun.

  • Tambahkan dalam Overnight Oat

  • Chia seeds

    Sumber foto: Canva

    Overnight oat bagus untuk memelihara kesehatan pencernaan karena dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus. Overnight oat dikenal sebagai sarapan sehat yang mudah dan memiliki kandungan yang baik bagi tubuh.

    Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu cukup mencampurkan oatmeal, yoghurt, susu rendah lemak, biji chia, lalu diamkan semalaman di kulkas untuk keesokan harinya dijadikan sebagai sarapan sehat.

     

    Baca juga: Tips Penuhi Kebutuhan Nutrisi Bervariatif

    Baca juga: Tips Menyiapkan Sarapan Sehat untuk Keluarga


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published