5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Bisa Diolah dari Bahan Organik

makanan sehat

Apa yang ada dalam benakmu saat mendengar “makanan organik”? Makanan sehat untuk ibu hamil tentu harga nya mahal

Bicara soal makanan organik, memang tidak lepas dari pola hidup sehat. Menurut data, di Indonesia terjadi peningkatan produksi dan konsumsi produk makanan organik. Bukan hanya di generasi usia 50-an, tapi di kalangan milenial juga mengalami peningkatan konsumsi pangan organik.

Produk makanan organik pun berbagai macam, mulai dari beras, sayuran, buah, telur, ayam hingga susu. Selain itu, ada juga yogurt, kopi, madu dan vanilla organik.

Apalagi bagi ibu hamil yang dituntut untuk selalu memperhatikan apapun yang dikonsumsinya. Karena, asupan makanan tersebut tidak hanya bermanfaat untuk dirinya, namun juga janin dalam kandungan. Oleh karena itu, penting bagi calon ibu untuk mengetahui apa saja makanan sehat untuk ibu hamil. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftar makanan sehat yang baik untuk ibu hamil.

  • Nasi Merah atau Gandum
  • Jangan lupa untuk memberi asupan karbohidrat ke dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi gandum atau beras merah. Seperti kita ketahui, gandum adalah sumber makanan sehat  kaya kandungan serat, vitamin E dan selenium yang sangat baik untuk membantu perkembangan janin. Kalau belum terbiasa mengonsumsi gandum, bisa kok menggantinya dengan nasi merah.

  • Ubi
  • Makanan selanjutnya yaitu ubi. Ubi mengandung serat tinggi yang bergizi. Selain itu, terdapat juga kandungan potasium, vitamin B6, vitamin C, zat besi dan beta karoten. Diketahui, berbagai nutrisi tersebut bagus untuk perkembangan tulang, mata dan kulit bayi. Bahkan, mampu memenuhi kebutuhan zat besi pada tubuh.

    makanan sehat

    Sumber foto: Google

  • Jus Jeruk
  • Kamu bisa minum segelas jus jeruk setiap hari pada pagi hari untuk menjaga kesehatan. Jus jeruk mengandung vitamin C, folat dan kalium. Nutrisi dalam jus jeruk tersebut bisa mencegah cacar lahir pada awal kehamilan.

    Kalium yang ada di dalamnya juga penting untuk menjaga metabolisme dan fungsi otot. Bukan hanya itu, jus jeruk juga membantu tubuh dalam menyerap zat besi, serta menjaga kesehatan dan kekuatan gigi dan tulang.

  • Ikan Salmon
  • Makanan untuk ibu hamil selanjutnya adalah ikan salmon. Sudah bukan rahasia umum lagi kalau ikan salmon adalah sumber makanan penuh gizi. Asam lemak omega-3 dan protein di dalam ikan salmon sangat baik bagi wanita yang tengah mengandung. Omega-3 di dalamnya membantu perkembangan otak bayi dan meningkatkan keterampilan motorik. Selain itu, nutrisi dalam ikan salmon juga membantu mengurangi risiko gangguan neurologis anak di kemudian hari.

  • Kacang-kacangan
  • Selama kehamilan, kamu mengalami gangguan pencernaan seperti susah BAB atau wasir? Nah untuk mengatasinya, perbanyaklah mengkonsumsi kacang-kacangan. Selain kaya serat, makanan satu ini juga mengandung zat besi, kalsium, folat dan zinc.

    Itulah kelima makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kalau kamu bingung mau beli di mana, langsung dapat dilihat daftar produk kami yang menyediakan aneka sumber makanan sehat. Hanya dengan menunggu di rumah, tanpa perlu repot-repot, produk yang dipesan akan sampai di depan pintu rumah kamu.

     

    Baca juga: Tips Memenuhi Kebutuhan Gizi yang Seimbang

    Baca juga: Tips Menyiapkan Sarapan Sehat untuk Keluarga


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published