Diet Gluten Free Baik untuk Tubuh, Cek Kegunaannya Berikut ini!

diet gluten free

Gluten merupakan protein yang ditemukan dalam gandum, barley, rye, dan triticale (gabungan dari gandum dan rye).  Fungsi diet gluten free penting dilakukan untuk mengelola tanda dan gejala penyakit celiac.

Celiac merupakan penyakit terkait dengan sistem pencernaan dimana tubuh tidak dapat menerima produk makanan yang memiliki kandungan gluten, atau kondisi medis lain terkait dengan gluten.

Diet gluten free adalah keharusan mutlak bagi para penderita penyakit celiac atau intoleran terhadap gluten. Namun, seseorang yang tidak memiliki riwayat celiac juga tetap dapat menjalankan pola makan gluten untuk kesehatan.

Beberapa Fungsi Diet Gluten Free Baik untuk Kesehatan Tubuh

  • Menghindari Tubuh dari Penyakit Celiac

  • diet gluten free

    Sumber foto: Canva

    Gejala penyakit celiac dan intoleran terhadap gluten ditandai dengan kembung, diare, gas, dan kelelahan yang terjadi. Namun kebanyakan dari masyarakat kurang menyadari bahwa tanda tersebut merupakan reaksi tubuh terhadap makanan mengandung gluten, meskipun tidak selalu penyebab gejala tersebut adalah penyakit celiac.

    Sehingga jika kamu mengalami hal tersebut sebaiknya periksakan ke dokter, karena jika dibiarkan tubuh akan kekurangan nutrisi serta menurunkan berat badan secara drastis. Menjalankan diet gluten juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan kembali kehilangan berat badan serta meminimalisir kekurangan gizi. 

  • Baik untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

  • Fungsi diet gluten  bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Secara keseluruhan bahkan menghilangkan masalah kulit seperti kulit kering dan eksim, serta memberi nutrisi baik bagi tubuh.

    Selain itu dapat mengatasi masalah rambut rontok, dimana memulai diet gluten  dapat membantu kamu mengembalikan dan meningkatkan kepadatan rambut, serta memperbaiki tekstur rambut yang rusak.

  • Dapat Mengurangi Nyeri Sendi

  • diet gluten free

    Sumber foto: Canva

    Penyakit celiac dan intoleran gluten umumnya terkait dengan saluran pencernaan, tetapi kondisi ini juga dapat memiliki efek lebih luas. Karena penyakit celiac menyebabkan reaksi kekebalan yang tidak normal.

    Hal ini lantas meningkatkan risiko peradangan, sehingga menyebabkan mengapa nyeri sendi terutama di lutut, punggung, dan pergelangan tangan adalah gejala umum dari penyakit celiac. Diet gluten  dapat menjadi solusi untuk mencegah rasa nyeri pada sendi.

  • Meningkatkan Energi Tubuh

  • Bagi sebagian orang dengan sensitivitas gluten sering merasa kelelahan kronis. Hal ini karena konsumsi produk gluten dapat merusak usus, pada akhirnya dapat mengganggu penyerapan nutrisi termasuk zat besi.

    Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia atau kurang sel darah merah, sehingga mengakibatkan kelelahan yang membuat kondisi tubuh lemah dan kekurangan energi dalam menjalankan aktivitas.

  • Mampu Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Tulang

  • diet gluten free

    Sumber foto: Canva

    Penderita penyakit celiac yang tidak terdiagnosis seringkali menderita kekurangan kalsium, karena malabsorbsi nutrisi. Malabsorbsi kalsium terkait dengan meningkatnya risiko masalah tulang seperti osteopenia dan osteoporosis.

     

    Baca juga: Berbagai Jenis Makanan Sehat Baik Untuk Kesehatan

    Baca juga: Kegunaan Virgin Coconut Oil Jaga Stamina Tubuh


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published