Inilah Fakta Gula Aren Lebih Sehat dari Gula Pasir! Cari Tahu Yuk

gula aren

Hampir semua makanan maupun minuman butuh gula untuk menambahkan rasa manis. Biasanya, kita menggunakan gula aren atau gula pasir. Meskipun fungsinya sama, tetapi kandungan dan rasa kedua gula tersebut sedikit berbeda.

Gula pasir atau gula putih terbuat dari kristalisasi tebu dengan kandungan kalori cukup tinggi. Sedangkan gula cokelat atau aren biasanya dibuat dari nira yang lebih rendah kalori. 

Selain itu, gula yang terbuat dari sari pohon aren ini juga mengandung vitamin C, B1, asam folat hingga zat besi yang baik bagi tubuh. Oleh sebab itu, mengkonsumsinya secara teratur dan rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

Lalu, apa saja manfaat gula aren bagi kesehatan? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

  • Meredakan Stress
  • Rutinitas sehari-hari terkadang membuat suasana terasa tegang, tidak tenang dan menimbulkan stress. Jika tidak segera diatasi, kondisi ini bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental, seperti depresi. Salah satu alternatif untuk mengatasinya adalah dengan menyeduh minuman yang ditambahkan gula nira.

    Pasalnya, pemanis dapat merangsang hormon bahagia dalam tubuh. Bukan hanya itu, nutrisi dalam gula nira ini juga efektif untuk meredakan ketegangan otak. Sehingga, dengan menambahkannya pada favoritmu dapat membantu melepaskan ketegangan yang kerap menjadi pemicu stress.

  • Mengatasi Darah Rendah
  • Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah biasanya merasakan gejala pusing, lesu, dan mata berkunang-kunang. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa mengakibatkan penyakit berbahaya lainnya. 

    Nah, salah satu cara mengatasi tekanan darah rendah yaitu dengan mengonsumsi makanan maupun minuman yang ditambahkan gula nira. Saat mengkonsumsinya, glikogen pada hati akan ditransfer ke hipotalamus. Hal ini pun mempengaruhi otak dan ritme denyut jantung. Jadi, tekanan darah akan meningkat.

    gula aren

    Sumber foto: Google

  • Meredakan Nyeri Haid
  • Hampir semua wanita pernah mengalami nyeri menjelang haid. Kondisi tersebut disebabkan oleh kontraksi otot pada rahim yang dikarenakan hormon prostaglandin. Rasa nyeri ini terasa semakin meningkat ketika mendekati masa menstruasi.

    Nah, kalau kamu sering mengalami nyeri haid, sekarang coba deh rajin-rajin konsumsi gula aren. Sebab, kandungan flavonoid dalam gula nira ini cukup efektif untuk meredakan nyeri saat menstruasi.

  • Menurunkan Berat Badan
  • Kelebihan berat badan alias obesitas adalah kondisi yang banyak dialami orang. Salah satu cara mencegahnya yaitu dengan mengkonsumsi gula aren. Karena, kandungan potasium di dalamnya dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, gula aren juga mengandung bioaktif yang bisa mencegah gangguan metabolisme.

    Sekarang, kamu sudah tahu kan apa saja kelebihan gula aren ini? Karena sudah tahu apa saja manfaatnya, yuk sedikit-sedikit mulai ubah kebiasaan konsumsi gula pasir ke gula aren. 

    Hmm, takut harganya mahal? Jangan khawatir, kamu bisa membelinya dengan harga bersaing. Coba deh cek-cek produknya disini. Bukan cuma harga, kualitasnya juga terjamin. Selain itu, cara mendapatkanya pun mudah karena bisa dibeli secara online. Sip kan?

     

    Baca juga: Benarkah Cuka Apel Dapat Mengurangi Nafsu Makan Secara Sehat

    Baca juga: Pola Hidup Sehat untuk Penderita Alergi


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published