Pentingnya Pola Hidup Sehat Bagi Kamu yang Lagi Sibuk Kuliah

Pentingnya Pola Hidup Sehat Bagi Kamu yang Lagi Sibuk Kuliah

Kesehatan adalah hal utama yang harus menjadi perhatian. Dengan tubuh yang sehat kita bisa lebih optimal dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Tapi sayangnya kita cenderung menyepelekan dan tidak peduli pada kesehatan.

Apalagi untuk anak kos atau mahasiswa, menerapkan pola hidup sehat rasanya pasti sulit sekali. Tumpukan tugas dan kegiatan di kampus seringkali membuat para mahasiswa kurang sadar akan pentingnya hidup sehat. Untuk menghindari risiko berbagai penyakit, mulai sekarang yuk terapkan cara hidup sehat berikut ini!

Rutin Olahraga

pola hidup sehat

Sumber foto: Google

Untuk memiliki tubuh yang bugar dan sehat, sangat penting untuk rutin berolahraga. Aktivitas satu ini bisa kamu lakukan 2-3 kali dalam seminggu. Kamu juga bisa mengisi libur akhir pekan dengan olahraga di pagi hari. Tidak harus pergi ke tempat gym, jalan santai atau jogging di sekitar tempat tinggal saja sudah cukup kok.

Konsumsi Makanan Bergizi

Mahasiswa biasanya sering makan makanan tidak sehat seperti junk food. Tidak jarang mereka juga hanya makan dua kali atau bahkan satu kali sehari karena keterbatasan waktu, uang, atau tugas yang harus segera diselesaikan. Tidak ada orang tua yang mengingatkan juga menjadi alasan lain mengapa mahasiswa sering melewatkan waktu makan.

Pola hidup seperti ini harus segera kamu ubah karena dapat mengakibatkan penyakit yang justru mengganggu proses perkuliahan karena kekurangan gizi.

Oleh karenanya kamu harus tahu dan mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Jangan lupa untuk selalu konsumsi sayur dan buah-buahan agar nutrisi tetap terjaga. Pilihlah camilan sehat untuk menemani aktivitasmu di kampus. Satu lagi yang harus dicatat, kurangi konsumsi junk food, ya.

Istirahat Cukup

Padatnya aktivitas yang menguras energi, membuat mahasiswa sering mengorbankan waktu istirahat demi menyelesaikan tugas tepat waktu. Hati-hati karena hal ini bisa menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit dan menurunkan kinerja otak.

Pola tidur sangat penting untuk menjaga kinerja tubuh tetap berjalan optimal dan sehat. Kamu harus bisa mengatur pola tidur setidaknya 7-9 jam sehari. Dengan cukup istirahat akan membantu meningkatkan daya ingat, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengontrol kadar gula darah, dan menjaga kesehatan jantung. Yuk, segera kurangi begadang!

Jaga Kebersihan Kamar

Siapa nih yang malas membersihkan kamar? Mahasiswa biasanya suka sembarangan menaruh barang, malas membuang sampah, dan sering membiarkan piring kotor menumpuk.

Kamar tidur yang jarang dibersihkan akan menimbun debu, kuman, hingga jamur. Karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan kamar agar terhindar dari penyakit dan nyaman untuk istirahat.

Nah, beberapa cara hidup sehat bagi mahasiswa tersebut sebenarnya adalah hal-hal sederhana yang bukan hanya harus dilakukan di kamar kos. Ingat, kesehatan sangat mahal harganya dan merupakan investasi jangka panjang yang harus kita perhatikan.

Pola hidup sehat sebenarnya tidak sulit diterapkan kok, asal ada niat dan harus konsisten. Kalau belum bisa menerapkannya 100%, mulai saja pelan-pelan.

Kamu bisa menyisipkan satu menu makanan sehat setiap harinya. Seperti membuat salad sayur untuk makan siang, atau menjadikan smoothie dan buah segar sebagai menu sarapan.

Mahasiswa seperti kamu pasti ingin semua yang serba praktis, termasuk belanja untuk menjalankan pola hidup sehat. Nah, sekarang kamu bisa belanja bahan makanan sehat di Healthy Choice. Bukan cuma bahan pangan saja, di sini juga ada aneka camilan sehat yang praktis dibawa ke kampus.

 

Baca juga: Pola Hidup Sehat Untuk Turunkan Berat Badan, Ini Bedanya Diet Ketogenik dan Diet Ketofastosis

Baca juga: 4 Kiat Pola Hidup Sehat untuk Investasi Kesehatan Masa Tua


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published