Pulihkan Tenaga Setelah Olahraga, Ini Manfaat Buah Pisang sebagai Makanan Sehat

makanan sehat

Pisang merupakan buah yang sering kali dikaitkan dengan efek rasa kenyang. Karena itulah, buah satu ini kerap dijadikan sebagai menu sarapan sehat bagi pelaku diet. Tapi, pisang bukan hanya bikin kenyang saja, lho. Ternyata, buah berwarna kuning satu ini juga kaya akan berbagai nutrisi penting yang bermanfaat untuk memulihkan tubuh setelah olahraga.

Menurut Eat This, gula atau karbohidrat akan dibakar oleh tubuh sebagai sumber energi saat berolahraga. Gula ini berasal dari makanan yang kamu konsumsi saat sebelum olahraga, dan glikogen akan dipecah untuk memberi asupan energi pada otot yang bekerja.

Oleh karena itu, Amy Goodson, RD, CSSD, LD, spesialis bersertifikat dewan dalam dietetika olahraga, mengatakan bahwa pisang adalah karbohidrat sederhana yang bisa dicerna secara cepat serta sempurna sebagai camilan pasca olahraga.

Kata Goodson, setelah berolahraga, glikogen harus diisi ulang. Sekitar 90% karbohidrat yang dikonsumsi setelah olahraga, akan digunakan untuk mengisi simpanan glikogen. Itulah mengapa karbohidrat sederhana dianjurkan dalam waktu dua jam pasca olahraga.

Karbohidrat sendiri bisa ditemukan pada buah dan sayuran. Tapi, terdapat juga dalam produk olahan, seperti permen. Inilah sebabnya beberapa atlet, seperti pemain sepak bola sering terlihat makan buah pisang saat jeda pertandingan.

Cara Terbaik Makan Buah Pisang Setelah Olahraga

makanan sehat

Sumber foto: Google

Menurut Goodson, salah satu menu yang kerap masuk dalam daftar menu pola hidup sehat ini bukan hanya mengandung karbohidrat. Tapi juga memiliki kandungan antioksidan, amina, dan flavonoid yang dapat membantu mengurangi peradangan setelah olahraga.

Antioksidan dapat melawan atau menetralkan radikal bebas, yang kemudian membantu mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh kerusakan sel.

Hal ini juga didukung oleh sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2018 dalam jurnal Plos One, yang membuktikan bahwa karbohidrat dalam buah pisang juga dapat mengurangi peradangan. Ini berdasarkan penelitian terhadap seseorang yang telah bersepeda sejauh 74 kilometer.

Oleh karenanya, untuk mendapatkan hasil maksimal, maka kamu bisa mengkombinasikan pisang dengan sumber protein lainnya. Kamu bisa mengolahnya menjadi smoothie atau mencampurnya dengan bubuk protein dan jadikan sebagai menu sarapan sehat harianmu.

Kapan Waktu Terbaik Makan Pisang untuk Pemulihan Setelah Olahraga?

Menurut Goodson, ada ‘dua jendela waktu’ dalam aturan makan pisang setelah olahraga. Pertama, dua jam pasca berolahraga. Dalam kurun waktu tersebut tubuh disebut lebih optimal dalam mengolah karbohidrat dan protein yang masuk ke tubuh.

Kedua, yaitu sekitar 45 menit pasca olahraga. Waktu ini diklaim jadi yang paling tepat untuk makan pisang sebab tubuh masih ‘giat’ bekerja dalam mengolah nutrisi yang masuk dan metabolisme masih berjalan baik.

Meski begitu, secara umum pisang hanya mempunyai dua komponen utama yang diperlukan untuk memulihkan tubuh setelah olahraga, yaitu karbohidrat dan kalium. Sedangkan minuman olahraga, mempunyai empat hal, yakni cairan, natrium, kalium, dan karbohidrat.

Sementara rata-rata orang yang berolahraga kehilangan sekitar tiga kali jumlah natrium daripada kalium dalam keringat. Oleh karenanya, supaya mendapatkan hasil yang optimal, kombinasikan dengan sumber mineral tanpa lemak dan protein, yang biasanya memiliki kandungan natrium.

Itu dia tips hidup sehat dengan mengonsumsi pisang setelah berolahraga. Ingin tahu dimana mendapatkan bahan makanan sehat untuk menunjang pola hidup kamu? Langsung saja kunjungi website Healthy Choice! Di sini banyak pilihan bahan pangan sehat yang tentu sudah terjamin kualitasnya.

 

Baca juga: Makanan Sehat yang Dibutuhkan untuk Kulit Glowingmu agar Selalu Segar dan Lembut

Baca juga: Makanan Sehat Ini Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur 


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published