Sederet Manfaat Makanan Sehat Superfood untuk Kecantikan dan Tumbuh Kembang Anak

makanan sehat

Superfood merupakan jenis makanan sehat yang sebagian besar berasal dari jenis nabati, meski beberapa produk susu dan ikan juga masuk dalam daftarnya. Banyak yang bilang kalau superfood adalah pilihan yang wajib masuk dalam menu makanan sehat karena kandungan nutrisinya lengkap.

Lalu, makanan apa saja yang masuk dalam daftar superfood? Cek selengkapnya di bawah ini yuk!

Superfood untuk Kecantikan

makanan sehat

Sumber foto: Google

Makanan super ini tinggi akan kandungan nutrisi yang bukan hanya baik untuk kesehatan, tapi juga kecantikan. Bukan rahasia lagi kalau pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi diperlukan agar tubuh tetap sehat, cantik, dan awet muda. Nah, ini dia beberapa superfood untuk kecantikan:

  • Telur
  • Sering dijadikan sebagai menu makanan diet sehat, telur adalah sumber protein. Selain itu ada pula kandungan kolin yang dapat melindungi otak dari kerusakan dan mengurangi risiko kanker payudara.

    Bahan makanan yang mudah didapatkan ini juga tinggi akan biotin dan vitamin B12 yang mampu menutrisi kulit agar tetap kencang, cerah, dan terhindar dari penuaan dini.

    Ada pula kandungan vitamin D, omega 3, dan lutein yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, serta mencegah berbagai penyakit.

  • Aneka Buah Beri
  • Buah beri seperti blueberry, strawberry, raspberry, dan blackberry dapat membantu memperbaiki sel hingga menurunkan kanker payudara karena mengandung anthocyans.

    Manfaat lainnya yaitu mencegah penuaan dini, menjaga wajah tampak awet muda, dan mengurangi keriput. Selain dikonsumsi langsung, kamu juga bisa menjadikannya sebagai smoothie untuk menu sarapan sehat di pagi hari.

  • Brokoli
  • Sayuran satu ini mengandung vitamin C dua kali lebih banyak dibandingkan buah jeruk yang bisa menjaga daya tahan tubuh dan menutrisi kulit.

    Brokoli juga mengandung antioksidan, selenium, dan kalsium yang mampu menjaga kesehatan mata, tulang, pembuluh darah, dan pencernaan.

    Superfood untuk Tumbuh Kembang Anak

    Saat masa pertumbuhan, kebutuhan gizi anak tentu wajib diperhatikan. Selain sumber energi, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh si kecil juga membantu perkembangan otaknya dan menjaga tubuh tetap sehat. Berikut ini superfood yang baik untuk tumbuh kembang anak:

  • Tomat
  • Tomat kaya akan vitamin A, C, K, dan antioksidan. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan likopen, jenis antioksidan yang mampu mencegah kanker.

    Kamu bisa memasak tomat sebagai menu makanan sehat karena proses pemasakan akan membantu mengeluarkan kandungan likopennya. Agar lebih bernutrisi, sebaiknya masak dengan minyak zaitun agar tubuh dapat menyerap likopen lebih optimal.

  • Kale
  • Kale juga masuk dalam daftar superfood lho. Sebenarnya, jenis sayuran gelap lainnya seperti bayam, sawi, dan kubis juga menyimpan manfaat yang sama. Sayuran hijau satu ini mengandung vitamin A, C, K, kalsium, serat, dan mineral lainnya.

  • Chia Seed
  • Chia seed merupakan sumber omega-3 nabati, biji-bijian kecil satu ini juga mengandung zat besi serta kalsium.

    Zat besi berperan sebagai pengantar oksigen, sementara kalsium dibutuhkan untuk membangun kekuatan tulang.

    Jadi kalau si kecil alergi telur atau susu, kamu bisa memenuhi kebutuhan kalsiumnya dari chia seed. Kamu juga bisa membuat puding chia sendiri untuk dinikmati sebagai makanan diet sehat atau camilan bersama si kecil.

  • Kacang dan Biji-bijian
  • Kacang tinggi akan protein tapi rendah lemak. Kamu bisa memberikan si kecil snack bar yang terbuat dari kacang-kacangan untuk camilan yang baik bagi pertumbuhannya karena mengandung serat tidak larut.

    Serat ini memiliki efek kenyang lebih lama sehingga anak tidak makan berlebihan yang bisa menyebabkan obesitas. Kacang dan biji-bijian juga mengandung vitamin, mineral, dan lemak sehat.

    Tambahkan sereal gandum, roti gandum, dan beras merah dalam menu makanan sehat anak, agar kesehatannya tetap terjaga.

    Itu dia beberapa jenis makanan sehat super yang baik untuk kecantikan dan tumbuh kembang anak. Nah, beberapa jenis superfood di atas, seperti chia seed, kacang dan biji-bijian bisa kamu dapatkan di sini.

     

    Baca juga: Mengenal Superfood! Ini Daftar Makanan Sehat yang Termasuk Superfood

    Baca juga: 7 Makanan Sehat untuk Booster ASI, Lebih Sehat dan Lancar Menyusui


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published