Punya Segudang Manfaat Kesehatan, Ini Super Food yang Kamu Coba

Punya Segudang Manfaat Kesehatan, Ini Super Food yang Kamu Coba

Untuk kamu yang menjalani pola hidup sehat, superfood mungkin menjadi menu wajib setiap hari. Sederhananya, super food adalah makanan yang mengandung nutrisi lengkap. Makanan ini juga dapat membantu mendukung kinerja sistem kekebalan tubuh, menghentikan peradangan, meningkatkan energi, hingga menurunkan resiko kanker.

Karena itulah, ada baiknya untuk mulai membiasakan konsumsi superfood secara rutin. Mengganti konsumsi beras putih dengan beras merah, quinoa, atau lentils yang termasuk superfood juga menjadi ide yang bagus.

Lalu makanan apa saja yang termasuk superfood?

  • Anggur
  • Anggur termasuk salah satu buah yang mengandung vitamin K dan tembaga cukup tinggi. Kedua jenis nutrisi ini berfungsi penting terhadap produksi energi dan pembekuan darah. Selain itu, anggur juga kaya akan antioksidan, vitamin C, dan beta karoten.

    Anggur juga dikenal karena kandungan senyawa resveratrol dan polifenol yang penting dalam proses metabolisme tubuh serta dapat membantu menurunkan resiko kanker. Kemampuan ini juga didukung dengan keberadaan senyawa metabolit sekunder dalam buah anggur yang berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

  • Buah ceri
  • Buah lainnya yang termasuk superfood adalah ceri. Buah satu ini dikenal bagus untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan otak.

    Manfaat ceri juga berkaitan erat dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Ceri kaya akan vitamin C, vitamin B, vitamin K, magnesium, dan kalsium. Selain itu, buah berwarna merah ini juga mengandung senyawa aktif yang bersifat anti radang dan antioksidan.

  • Lentils
  • Lentils merupakan bahan makanan yang sering dijadikan menu diet. Selain protein meat-free, lentils juga mengandung serat yang dapat mengurangi kadar lemak dan kolesterol.

    Bahkan, kacang satu ini pernah menjadi makanan pokok di Amerika Serikat saat Perang Dunia II karena kaya protein. Ada beberapa jenis lentils yang umum dijumpai di pasar, seperti lentils merah, cokelat, dan hijau.

    Di balik ukurannya yang mungil, BRM Red Lentils Bean menawarkan nutrisi yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Dalam 100 gram lentil mengandung sekitar 116 kalori, dan beberapa jenis antioksidan seperti lektin, polifenol, fitosterol, isoflavone, dan saponin.

    Sumber foto: Google

  • Beras merah
  • Sebagai orang Indonesia, nasi tentu menjadi menu wajib sehari-hari. Nah, beras merah bisa menjadi pilihan yang lebih sehat dibanding nasi putih. Beras merah adalah biji-bijian utuh yang hanya melewati sekali proses pengelupasan kulit, sehingga nutrisi di dalamnya tidak banyak terbuang.

    Beras merah juga mengandung mangan, kalsium, zinc, vitamin B, dan tinggi serat. Karena kandungan nutrisinya yang beragam, beras merah baik dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak.

  • Flaxseed
  • Selain lentils dan beras merah, flaxseed alias biji rami juga termasuk superfood. Flaxseed mengandung lignan, antioksidan, protein, dan asam lemak tak jenuh ganda seperti omega-3 atau asam alfa linoleat (ALA). Mengonsumsinya secara rutin dipercaya dapat menurunkan risiko berbagai gangguan kesehatan.

  • Cokelat hitam
  • Coklat yang banyak tersedia di pasaran biasanya hanya mengandung 10% kakao dan sudah dicampur gula atau susu. Sedangkan coklat hitam, kandungan kakao di dalamnya lebih banyak, yaitu sekitar 35-85%. Oleh karena itulah, coklat hitam memiliki rasa yang lebih pahit dibanding coklat biasa.

    Coklat hitam mengandung theobromine (senyawa anti radang yang hanya ada dalam tanaman kakao), kafein, vitamin A, B, E, dan K. Selain itu, coklat hitam juga memiliki antioksidan seperti flavonoid, polifenol, dan katekin.

    Jadi, super food mana nih yang mau kamu cicipi lebih dulu? Kamu mau mengganti konsumsi nasi dengan lentils karena sedang diet? Atau penasaran dengan cita rasanya? Langsung saja dapatkan BRM Red Lentils Bean di Healthy Choice!

     

    Baca juga: Tak Hanya Sebagai Super Food, Ini Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Ibu Hamil

    Baca juga: Tips Mengolah Minyak Zaitun untuk MPASI, Bunda Wajib Tahu


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published