Begini Caranya Menjaga Kualitas Madu Alami Agar Segarnya Awet!

Begini Caranya Menjaga Kualitas Madu Alami Agar Segarnya Awet!

Biasanya, madu alami hanya sedikit digunakan dalam rutinitas memasak sehari-hari. Meski begitu, keberadaan madu sangat dibutuhkan untuk meningkatkan cita rasa makanan. Karena itu, tidak jarang para ibu rumah tangga akan menyimpan madu sebagai stok di dapur.

Karena jarang digunakan, madu alami seringkali tersimpan cukup lama. Sayangnya, jika disimpan secara tidak tepat, madu menjadi cepat tengik.

Kamu biasanya mengonsumsi madu? Tapi belum tahu cara menyimpannya yang benar? Nah, berikut ini lima tips menyimpan madu yang benar agar lebih awet dan kualitasnya terjaga. Simak ulasannya baik-baik, ya!

  • Pilihlah wadah yang tepat
  • Pertama simpanlah HC Wild Forest Honey dalam wadah yang tepat, pilih toples kaca dibanding toples plastik. Pasalnya, toples kaca akan membuat umur simpan madu alami jadi lebih lama. Selain itu, wadah kaca juga akan menjaga rasa dan warna madu.

    Sebelum menyimpannya dalam toples kaca, sebaiknya sterilkan lebih dahulu untuk memastikan wadah bebas dari bakteri yang bisa merusak kualitas madu. Kemudian, keringkan stoples lalu masukkan madu dan tutup rapat.

  • Jauhkan dari paparan sinar matahari
  • Sama seperti cara menyimpan bumbu rempah lainnya. Menyimpan madu juga harus dijauhkan dari paparan sinar matahari agar kesegarannya tetap terjaga. Tempatkan di tempat yang kering, kamu bisa menempatkannya di dalam rak lemari supaya terlindung dari sinar matahari langsung.

  • Jaga suhu penyimpanan
  • Sangat penting untuk menjaga suhu ideal madu. Hindari suhu yang ekstrim saat menyimpan madu, seperti mendinginkan dalam kulkas atau memaparkan pada panas.

    Kamu termasuk salah satu orang yang suka menyimpan madu di dalam kulkas? Mulai sekarang hentikan kebiasaan ini, ya. Sebab, suhu dingin justru membuat madu alami mudah mengkristal dan rasanya berubah. Menyimpannya pada suhu ruangan sebenarnya sudah cukup untuk menjaga kualitas madu.

    Sumber foto: Google

  • Gunakan wadah kedap udara
  • Sebelum disimpan, pastikan toples kaca madu sudah tertutup rapat. Ini untuk mencegah kelembaban dan masuknya bakteri yang dapat merusak kualitas madu alami. Jika tidak tertutup rapat, maka rasa, warna, dan kualitas madu secara keseluruhan bisa berubah.

    Wadah yang kedap udara dan tertutup rapat akan memastikan rasa madu tetap nikmat seperti saat awal kamu membelinya. Hal ini juga akan membantu waktu simpan madu jadi lebih lama.

  • Jangan gunakan sendok berulang kali
  • Aturan kebersihan satu ini memang biasanya sering dilanggar. Mulai sekarang ingatlah untuk tidak mencelupkan sendok basah atau kotor ke dalam wadah madu. Karena kelembaban adalah musuh utama madu, sebab bisa memicu pembusukan lebih cepat.

    Jadi, gunakan sendok kering untuk menjaga kebersihan HC Wild Forest Honey. Tidak hanya itu, usahakan konsumsi madu kurang dari enam bulan setelah dibuka untuk menikmati kesegaran dan rasanya yang terjaga.

    Ikuti lima tips di atas agar manisnya madu bisa dinikmati lebih lama. Catat, kamu perlu berhati-hati dalam menjaga dan menyimpan madu agar kualitasnya tidak berubah.

    Ingin Rekomendasi madu yang 100% alami, tanpa pengawet, pewarna, atau pemanis tambahan? HC Wild Forest Honey adalah jawabannya. Madu alami hutan ini juga lebih higienis karena diproses dengan metode dripping technique, dimana sarang tidak diperas melainkan disaring dan ditiriskan sehingga larva, kotoran, lebah, dan lainnya tidak tercampur dalam madu.

    Jadi, kalau kamu ingin madu alami yang berkualitas, langsung saja ke Healthy Choice!

     


    Baca juga: Kenali Ciri Madu Asli dan Cara Membedakannya Sebelum Konsumsi

    Baca juga: Mengintip Manfaat Madu Hitam, Benarkah Lebih Sehat dari Madu Biasa?


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published