Rahasia Bikin Nasi Pulen Setara Restoran Jepang, Mudah Banget

beras mentik

Seperti di Indonesia, beras juga menjadi makanan pokok bagi orang Jepang. Aneka kuline khas Jepang seperti bento, onigiri, sushi, hingga sake juga terbuat dari beras.

Bicara soal beras, nasi Jepang terkenal memiliki rasa yang pulen sehingga banyak disukai orang, khususnya di Asia. Tidak heran, restoran dan kedai makanan khas Jepang pun semakin menjamur di banyak negara, termasuk di Indonesia.

Eits, tak perlu jauh-jauh ke Jepang karena di Indonesia pun ada beras lokal yang pulen dan nikmat. Penasaran? Yup, beras mentik wangi susu yang adalah jawabannya. Beras khas Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ini memiliki bentuk mirip beras ketan.

Selain rasanya yang enak, beras menthik wangi susu ternyata juga dapat membantu menurunkan gula darah, terutama pada pasien diabetes mellitus.  Ini karena beras menthik ditanam secara organik tanpa menggunakan pestisida atau pupuk kimia. Dengan begitu, kandungan nutrisi dan mineral dalam beras tetap terjaga.

Selain jenis beras, nasi yang pulen juga bisa didapatkan dari cara memasaknya. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

  1. Pilihlah Beras yang Berkualitas

Pemilihan jenis beras adalah kunci utamanya. Tak perlu menggunakan beras Jepang atau Korea yang harganya relatif mahal dan sulit didapat, beras lokal seperti HC Beras Menthik Wangi Susu bisa jadi pilihan.

Beras lokal satu ini bisa dijadikan alternatif karena memiliki tekstur nasi yang lembut dan pulen, persis seperti nasi Jepang. Butirannya mirip beras ketan tapi lebih bulat dan pendek. Nasi dari beras menthik juga lengket, sehingga cocok dijadikan sushi.

Selain beras menthik, kamu juga bisa menggunakan beras ketan sebagai pilihan lain untuk membuat sushi di rumah.

  1. Metode Pengolahan

Selain jenis beras, untuk membuat nasi yang pulen dan nikmat ala restoran Jepang, kamu juga harus memerhatikan proses dan cara pembuatannya. Salah satunya, rendamlah beras dengan air hangat lebih dahulu sebelum dimasak.

Caranya, cuci beras sampai bersih kemudian rendam dengan air hangat selama 15-30 menit. Cara ini dilakukan agar tekstur beras jadi lebih lembut.

Nah, supaya nasi lebih pulen, kamu juga bisa menambahkan tepung maizena. Cukup tambahkan satu sendok makan tepung maizena yang telah dilarutkan ke dalam beras yang telah diisi air, lalu masak seperti seperti biasa hingga matang.

Sumber foto: Google


  1. Gunakan Alat Menanak Nasi yang Tepat

Cara selanjutnya agar nasi di rumah jadi lebih pulen yaitu pemilihan alat menanaknya harus tepat. Masyarakat Jepang biasanya menggunakan pot tembikar atau pot yang terbuat dari tanah liat alias Donabe untuk memasak nasi.

Donabe biasa digunakan untuk memasak maupun memanaskan hidangan yang lebih enak jika disantap hangat-hangat, seperti nabeyaki udon atau shabu-shabu. Selain itu, pot tembikar ini juga digunakan untuk menanak nasi.

Lalu, apakah kamu harus memiliki Donabe agar nasi di rumah pulen dan nikmat seperti di restoran Jepang? Tidak kok. Kamu bisa menggunakan rice cooker di rumah, asal jangan lupa ikuti tips lainnya di atas ya.

Itu dia cara menanak nasi yang pulen dan enak ala Jepang di rumah. Sekarang kamu jadi lebih tahu kan kalau ada beras menthik wangi yang teksturnya mirip beras Jepang.

Penasaran dengan beras khas Magelang ini? Tidak perlu pergi jauh ke Jawa Tengah, kamu bisa mendapatkan HC Beras Mentik Wangi Susu di Healthy Choice. Jadi, sempatkan dulu mampir di sini ya!

 

Baca juga: 7 Keunggulan Beras Hitam yang Wajib Diketahui

Baca juga: Jangan Salah Pilih! Ini Bedanya Beras Ketan Hitam dan Beras Hitam


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published