Rekomendasi Makanan Sehat yang Aman Dikonsumsi Pengidap Dispepsia

Rekomendasi Makanan Sehat yang Aman Dikonsumsi Pengidap Dispepsia

Apa itu sindrom dispepsia? Sindrom tersebut adalah kondisi dimana terjadi pada siapa saja dengan timbulnya gejala yang tidak nyaman pada bagian perut atas atau sekitar lambung. Sindrom dispepsia juga dikenal dengan penyakit maag. Meski tidak berbahaya bagi kesehatan, namun jika tidak diatasi dapat meningkatkan risiko masalah pencernaan.


Apa Saja Gejala Dispepsia?

Umumnya, dispepsia akan muncul dan dirasakan oleh pengidap saat atau setelah makan. Hal ini bisa terjadi saat Anda belum mengonsumsi apa pun, maka lambung akan memproduksi asam yang cukup tinggi. Asam yang meningkat dapat menyebabkan iritasi. hingga kerongkongan yang terasa panas.


Oleh karenanya, pengidap dispepsia disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang asam, mengandung lemak tinggi, dan terlalu pedas. Maka dari itu, sebaiknya kenali makanan yang boleh dikonsumsi atau tidak ketika Anda memiliki sindrom dispepsia. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi oleh pengidap dispepsia.


Jahe Merah

Saat sindrom dispepsia muncul, ada baiknya segera konsumsi jahe merah. Pasalnya jahe merah salah satu tanaman rimpang yang dapat menurunkan risiko dispepsia atau penyakit maag. Jahe merah mengandung antiinflamasi yang dapat mengatasi masalah pencernaan dan asam lambung. Oleh karena itu, selalu sediakan jahe merah di rumah.


Biskuit

Dibandingkan roti, pengidap sindrom dispepsia lebih aman untuk mengonsumsi biskuit.  Pasalnya, roti mengandung ragi yang dapat meningkatkan jumlah gas dan zat asam pada lambung yang memicu maag kambuh. Oleh karena itu, sebaiknya pilih biskuit sebagai camilan sehat.


Oatmeal

Makanan sehat yang perlu dikonsumsi pengidap dispepsia adalah oatmeal. Pasalnya, oatmeal mengandung serat tinggi dan mampu menyerap asam lambung pada tubuh sehingga dapat menurunkan risiko asam lambung. Anda bisa memanfaatkan oatmeal sebagai menu sarapan sehat atau makanan selingan saat beraktivitas.


Buah Pisang

Pisang merupakan buah yang aman untuk dikonsumsi pengidap dispepsia. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung kalium yang dapat menetralkan asam lambung. Selain itu, pisang juga dapat mengembalikan elektrolit dan keseimbangan pH tubuh setelah pengidap maag mengalami mual ataupun muntah. Namun perlu diingat, Anda harus mengonsumsi pisang yang sudah matang.


Itu dia beberapa rekomendasi makanan sehat yang aman dikonsumsi pengidap dispepsia. Selain dapat meredakan maag atau mencegah asam lambung naik, berbagai makanan sehat tersebut mudah didapatkan.


Salah satunya jahe merah, yang terkenal ampuh untuk mengatasi dispepsia. Anda bisa mendapatkannya di Healthy Choice, atau bisa langsung klik di sini untuk berbelanja berbagai bahan makanan organik yang sehat dan teruji.

 

Baca juga: Kaum Hawa Harus Coba! Ini Makanan Sehat yang Baik untuk Kesehatan Payudara

Baca juga: Sering Diolah Menjadi Makanan Sehat, Ini Manfaat Tepung Beras untuk Kecantikan


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published