Tak Perlu ke Dokter, Ini Cara Mengobati Cantengan tanpa Operasi dengan Cuka Apel dan Cara Lainnya

cuka apel

Memiliki kuku cantengan memang tidak menyenangkan, terlebih jika disertai dengan infeksi. Namun, terkadang banyak orang yang mengatasinya sendiri dengan cara mencabut atau memotong kuku, dan pada akhirnya bukannya sembuh justru memperparah kondisi cantengan. Namun, meski demikian anda bisa menangani cantengan di rumah tanpa harus ke dokter, akan tetapi ada beberapa hal yang wajib diperhatikan Salah satunya kondisi cantengan tersebut..


Jika cantengan tidak disertai infeksi maka dapat diatasi di rumah untuk mencegah agar tidak semakin parah, selain itu, menjaga kebersihan dengan mencuci kaki menggunakan sabun juga penting dilakukan, dan yang tak kalah penting adalah rutin memotong kuku 


Cara Mengobati Kuku Cantengan di Rumah

Umumnya kuku cantengan terjadi ketika ujung kuku tumbuh ke dalam kulit, dan sering kali terjadi pada area jempol kaki, namun juga bisa timbul di semua kuku kaki. Biasanya kondisi ini ditandai dengan bengkak, kemerahan dan rasa sakit pada kulit di sekitar kuku yang mengalami cantengan.


Lantas, bagaimana cara mengobati cantengan tanpa infeksi? Berikut ini beberapa cara mengatasi cantengan yang bisa anda lakukan di rumah.


1.Merendam Kaki dalam Air Sabun Hangat

Cara mengobati cantengan bisa dilakukan dengan merendam kaki ke dalam air hangat dengan sabun. Anda juga bisa menambahkan garam Epsom ke dalam air sabun untuk meredakan rasa sakit. Cara ini bisa Anda lakukan sebanyak tiga kali sehari selama 15-20 menit.


2.Merendam Kaki dengan Cuka Apel

Cuka apel diyakini memiliki sıfat antiradang, antinyeri, dan antiseptik. Oleh karena itu, bahan vapur yang satu ini banyak digunakan sebagai cara mengobati kuku cantengan. Untuk mengobati cantengan dengan cuka apel, Anda bisa mencampurkan cuka apel dengan air hangat. Lalu rendam kaki Anda ke dalam larutan tersebut selama 20 menit dan keringkan dengan handuk.

cuka apel

Sumber foto: Cuka apel

3.Menggunakan Pelindung Jari kaki

Penggunaan pelindung jari kaki bertujuan untuk mencegah kuku kita tumbuh ke dalam kulit. Biasanya produk ini tersedia dalam bentuk seperti cincin yang hanya menutupi area yang terkena cantengan atau pelindung yang menutupi seluruh jari kaki.


4.Menggunakan Penyangga Kaki

Penyangga kaki juga bisa dimanfaatkan untuk membantu pengobatan saat kaki cantengan. Hal ini dilakukan agar kuku tidak tumbuh ke dalam kulit. Penyangga kaki biasanya terbuat dari bahan komposit yang tipis dan lengket, serta rekatkan pada bagian atas kaki. 


5.Mengoleskan Salep Antibiotik

Selain menggunakan cara-cara di atas, Anda juga bisa mengobati cantengan dengan salep antibiotik yang bisa Anda dapatkan di apotek maupun toko obat. Antibiotik mampu mengurangi risiko infeksi dan mempercepat proses penyembuhan cantengan.


Kuku cantengan umumnya disebabkan tumbuhnya kuku tidak pada tempatnya, sehingga terjadi infeksi dan luka hingga peradangan. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga kebersihan kuku agar tidak terjadi infeksi. Cuka apel salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati cantengan, selain itu cuka apel juga bisa menjadi bahan makanan sehat setiap hari. Jika Anda membutuhkan produk makanan sehat kunjungi Healthy Choice, atau klik di sini untuk membeli beragam makanan dan camilan sehat.

 

Baca juga: Selain Pola Hidup Sehat, Ini Cara Mengobati Asam Urat dengan Cuka Apel

Baca juga: Benarkah Cuka Apel Dapat Mengatasi Kutil di Kulit? Cek Faktanya


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published