Tak Terduga, 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Bumil

Tak Terduga, 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Bumil

Selama masa hamil, kebanyakan dari perempuan akan berusaha memilih apa sealami mungkin. Mulai dari makanan hingga produk perawatan, sebisa mungkin semuanya natural. Salah satunya, minyak kelapa sebagai pilihan produk alami yang memiliki berbagai kegunaan.


Virgin coconut oil atau minyak kelapa merupakan salah satu bahan masakan yang populer. Dalam hal kecantikan minyak kelapa juga memiliki banyak manfaat untuk merawat tubuh dari ujung kepala sampai ujung kaki.


Namun, apakah minyak kelapa aman digunakan bagi ibu hamil? Ya, minyak kelapa aman digunakan selama kehamilan, baik untuk dikonsumsi maupun diaplikasikan di luar tubuh. bahkan ini bisa menjadi substansi yang lebih baik untuk banyak hal. Nah, berikut ini beberapa manfaat minyak kelapa untuk bumil.


1.Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Asam laurat dan asam kaprilat merupakan dua senyawa yang menjadikan minyak kelapa sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Senyawa tersebut membuat minyak kelapa memiliki manfaat antivirus, antibakteri, dan antijamur. 


Karenanya, minyak kelapa sangat efektif untuk mencegah flu, pilek, melawan infeksi jamur (Candida), dan memerangi infeksi bakteri. Semua keunggulan ini membuat minyak kelapa sangat berguna bagi perempuan hamil yang menghindari konsumsi obat yang dijual bebas. Kamu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.


2.Mencegah Hipertensi

Khasiat lainnya dari minyak kelapa adalah menjaga tekanan darah dalam level yang tepat guna menghindari komplikasi selama kehamilan. Konsumsi minyak kelapa murni dapat mencegah penonaktifkan oksida nitrat. Oksida nitrat sangat penting untuk mengendalikan aliran darah dan tonus pembuluh darah.


Dengan demikian, mengonsumsi minyak kelapa selama kehamilan membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko hipertensi kehamilan. Selain itu, dapat mengurangi risiko komplikasi kehamilan akibat hipertensi.


Sumber foto: Google


3. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Terkadang kehamilan meningkatkan risiko beberapa masalah gigi, mulai dari radang gusi hingga kerusakan gigi. Berkumur dengan minyak kelapa adalah praktik Ayurveda kuno untuk membantu menjaga kebersihan mulut. Cara ini umumnya dilakukan pada pagi hari sebelum sarapan dengan perut kosong selama kurang lebih 20 menit. Setelah menyelesaikan prosedur, bilas mulut dengan air asin atau sikat gigi. Berkumur dengan virgin coconut oil memberikan beberapa manfaat seperti mengatasi bau napas, pembentukan plak, mencegah gigi berlubang.


4. Mengobati Wasir

Wasir merupakan keluhan yang sering dialami perempuan selama masa kehamilan dan masa nifas. Wasir melibatkan varises bengkak di bagian dalam atau luar anus dan rektum. 


Menurut penelitian yang diterbitkan Iranian Journal of Obstetrics, Gynecology and Infertility satu studi skala kecil yang melibatkan perempuan hamil mengungkapkan bahwa minyak kelapa dapat meredakan ketidaknyamanan dari wasir, seperti nyeri dan gatal.


5. Mencegah Timbulnya Stretch mark

Seiring pertumbuhan bayi, kulit juga ikut mengalami peregangan yang menyebabkan terbentuknya stretch mark di perut, paha, bokong, lengan, dan lainnya. Untungnya virgin coconut oil dapat menjaga kulit tetap lembab dan membantu mencegah stretch mark.


Pada intinya minyak kelapa aman untuk dikonsumsi dan digunakan secara topikal selama masa kehamilan. Namun, agar lebih aman ada sebaiknya menghubungi dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut. 


Jika kamu membutuhkan produk VCO kunjungi Healthy choice atau klik di sini. Tersedia berbagai produk makanan organik dan sehat yang bisa kamu andalkan untuk mendukung kesehatan selama masa kehamilan.

 

Baca juga: Minyak Kelapa VS Minyak Zaitun, Mana yang Bagus untuk Kesehatan?

Baca juga: Mengenal Perbedaan Minyak Kelapa dan VCO. Benarkah Berbeda?


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published