Tips Hapus Makeup dengan Minyak Kelapa, Lebih Mudah!

Tips Hapus Makeup dengan Minyak Kelapa, Lebih Mudah!

Virgin coconut oil atau yang sering disebut minyak kelapa dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit, salah satunya berguna untuk menghapus makeup. Minyak kelapa dapat efektif mengangkat makeup, bahkan yang tahan air sekalipun, tanpa perlu menggosok kulit terlalu keras. 


Kandungan asam lemak pada minyak kelapa dapat membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga tidak membuat kulit kering setelah penggunaannya.


Jika kamu tertarik menggunakannya sebagai penghapus makeup, penting untuk diingat bahwa minyak kelapa dapat menyebabkan pori-pori tersumbat terutama jika tidak dicuci bersih, terlebih bagi jenis kulit berminyak atau berjerawat.


Oleh karena itu, kamu harus melakukan cara menggunakan minyak kelapa dengan baik dan benar. Nah, beberapa hal dibawah ini sebaiknya kamu perhatikan sebelum menggunakan minyak kelapa sebagai penghapus makeup.


1.Pertimbangkan Jenis Kulitmu

Dilansir dari Byrdie, menurut seorang ahli bedah plastik holistik dan penulis, yaitu Anthony Youn, MD, tidak semua jenis kulit cocok dengan minyak kelapa. Maka dari itu, mengenalkan secara bertahap dapat membantu mencegah timbulnya jerawat. 


Meski demikian, Dr. Youn tetap mengakui bahwa minyak kelapa merupakan pilihan yang baik untuk kulit sensitif.


Langkah awal sebelum menggunakan VCO sebagai penghapus makeup, adalah dengan mempertimbangkan jenis kulit karena setiap jenis kulit memiliki kebutuhan yang berbeda.


2.Pilih Minyak Kelapa Terbaik

Langkah berikutnya adalah penting untuk memilih minyak kelapa terbaik saat menghapus makeup. Karena kualitas minyak kelapa berhubungan langsung dengan manfaat yang diberikannya untuk kulit. Dr. Youn menyarankan untuk menggunakan minyak kelapa berkualitas tinggi, seperti yang dimurnikan dan diperas dingin, cenderung lebih murni dan memiliki sedikit kemungkinan terkontaminasi atau tercemar oleh bahan kimia atau zat-zat lain yang tidak diinginkan.


Virgin coconut oil  yang rendah kualitasnya dapat menyebabkan timbulnya masalah kulit seperti jerawat atau iritasi. Selain itu, minyak kelapa berkualitas rendah bisa mengandung lebih banyak zat tambahan atau pengawet yang tidak diinginkan.


Oleh karena itu, memilih minyak kelapa berkualitas tinggi bisa membantu proses penghapusan makeup, tak hanya efektif tapi juga baik untuk kesehatan kulit.


Sumber foto: Google


3.Lakukan Tes Kecil Terlebih Dahulu

Sangat dianjurkan untuk melakukan tes kecil pada kulit terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan minyak kelapa untuk menghapus makeup secara menyeluruh. Hal ini untuk memastikan apakah ada reaksi alergi atau iritasi yang terjadi.


Untuk melakukan tes kecil, Dr. Libby menyarankan untuk mengoleskan sedikit minyak kelapa ke area kecil di belakang telinga atau di bagian dalam lengan. Lalu, biarkan minyak kelapa dan jangan bilas. Oles minyak kelapa selama satu atau dua kali sehari selama seminggu, dan jika tidak ada tanda-tanda iritasi pada akhir minggu, kemungkinan besar aman untuk diaplikasikan pada kulit wajah.


Cara Menggunakan VCO untuk Menghapus Makeup

Setelah memastikan kulit aman lewat tes kecil, selanjutnya ketahui cara yang benar menggunakan minyak kelapa untuk menghapus makeup. Berikut beberapa langkah yang disarankan oleh Dr. Tiffany Libby.


1.Ambil minyak kelapa dengan hemat, cukup seukuran koin kecil dan cairkan di tangan sampai cair.

2.Usapkan minyak kelapa secara lembut ke kulit kering, khususnya di area makeup tebal seperti di sekitar mata.

3.Biarkan minyak kelapa melunakan makeup selama beberapa saat.

4.Setelah cukup lunak, bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan menepuk-nepuk.

5.Untuk menghindari penyumbatan pori-pori, lakukan pembersihan ganda setelah menggunakan minyak dengan pembersih wajah yang lembut.


Lakukan Langkah-langkah Perawatan Kulit Lainnya

Meski minyak kelapa efektif menghapus makeup, akan tetapi tidak bisa dianggap sebagai satu-satunya produk perawatan kulit yang diperlukan. VCO  tidak dapat memberikan kelembapan yang cukup  bagi kulit.


Nah, itulah tips menghapus makeup dengan minyak kelapa atau virgin coconut oil. Pada intinya, minyak kelapa bisa digunakan sebagai rangkaian menghapus makeup, namun tidak semua jenis kulit dapat beradaptasi dengan minyak kelapa.


Tak hanya untuk kecantikan, saat ini sudah banyak produk virgin coconut oil untuk kebutuhan kesehatan  yang beredar, salah satunya di Healthy choice. Klik di sini jika anda membutuhkan virgin coconut oil atau minyak kelapa alami.

 

Baca juga: 5 Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO) : Menutrisi Tubuh dari Luar-Dalam

Baca juga: Resep DIY Masker Rambut dengan Menggunakan Virgin Coconut Oil (VCO)


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published