Terdengar Sepele, Ini Manfaat Memasak Makanan Sehat Sendiri di Rumah

Terdengar Sepele, Ini Manfaat Memasak Makanan Sehat Sendiri di Rumah

Memasak sendiri di rumah ternyata banyak manfaat bagi kesehatan. Jika selama ini kamu sering mengonsumsi makanan dari luar, cobalah untuk mulai memasak sendiri di rumah , selain dianggap bisa menghemat biaya, rupanya banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan.


Manfaat Memasak untuk Kesehatan

Kegiatan memasak makanan sendiri di rumah untuk keluarga bisa memberi pencapaian yang luar biasa. Selain itu, memasak memberikan kebaikan bagi kesehatan fisik dan mental bagi diri sendiri dan orang lain. Berikut beberapa manfaat memasak sendiri di rumah.


1.Lebih Menyehatkan

Dapat dipastikan makanan yang dimasak di dapur sendiri akan jauh lebih sehat daripada makanan olahan yang ditemukan di supermarket. Demikian juga, kamu bisa memastikan masakan sendiri rendah kalori dan lebih bergizi daripada makanan yang disajikan di restoran dan gerai makanan cepat saji.

Kamu sepenuhnya dapat menentukan resep yang dipilih untuk diikuti dan mengatur porsinya. Sebagai contoh kamu ingin mengolah kacang hijau organik menjadi kudapan sehat. Atau membuat oats  dari gandum utuh, itu semua bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan pada akhirnya kamu bisa menerapkan pola makan yang lebih sehat.


Sumber foto: Google



2.Menghilangkan Stres

Memasak merupakan kegiatan yang dapat membantu menghilangkan ketegangan atau stres. Saat memasak kamu perlu menyiapkan bahan makanan dan tangan akan kotor dibuatnya. Meski sederhana, kegiatan ini dapat membantu mengatasi kelelahan mental dari rutinitas sehari-hari.

Saat makanan selesai dibuat dan disajikan, kamu akan merasa jauh lebih tenang dan rileks. Agar mendapatkan manfaat lebih maksimal, nikmati sajian masakan bersama keluarga atau teman.


3.Lebih Bahagia

Menurut penelitian manfaat memasak benar-benar dapat menjadi aktivitas terapeutik. Sekalipun hanya membuat kue atau masakan yang sederhana, hal ini terbukti meningkatkan pola pikir seseorang.

Alasannya sederhana, aktivitas memasak akan merangsang berbagai indra. Misalnya tekstur tepung, aroma buah, hingga suara kocokan telur, semuanya membantu kamu mendapatkan lebih banyak endorfin, hormon yang membuat orang merasa senang.


4.Mengatasi Depresi

Manfaat dari memasak begitu kuat, tak heran sering kali digunakan di banyak klinik kesehatan mental sebagai bagian dari perawatan untuk berbagai masalah mental seperti kecemasan, depresi, dan kecanduan.

Saat memasak, seseorang benar-benar dapat memfokuskan pikiran pada sesuatu yang lebih positif. Seluruh proses ini membantu membatasi pikiran negatif.

Sumber foto: Google


5.Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat memasak lainnya adalah bisa membuat kamu lebih percaya diri. Misalnya, ketika kamu melapisi kue dan menghiasnya persis seperti yang diinginkan, pada akhirnya kamu akan merasakan pencapaian yang kuat. Sampai kamu akhirnya memotong kue untuk dibagikan dengan keluarga atau teman, kamu bisa berbangga diri telah membuatnya.

Melalui pencapaian sederhana ini dapat meningkatkan harga diri dan membangun kepercayaan diri untuk mencoba hal-hal baru dalam hidup.


Nah, itulah beberapa manfaat memasak yang bisa kamu dapatkan, selain dapat menerapkan pola makan sehat, memasak sendiri menjadi alternatif untuk meningkatkan kesehatan mental.


Jika kamu berniat untuk memasak makanan sehat, kamu bisa kunjungi Healthy Choice atau klik di sini untuk berbelanja berbagai bahan makanan sehat, dengan begitu kegiatan memasak kamu akan lebih menyehatkan dan menyenangkan.

 

Baca juga: Rekomendasi Makanan Sehat yang Bisa Bantu Kecilkan Miom 

Baca juga: 7 Makanan Sehat untuk Booster ASI, Lebih Sehat dan Lancar Menyusui


Older Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published