Ternyata Ini Kandungan Beras Merah yang Bikin Cantik Luar Dalam

beras merah

Beras merah saat ini sudah populer, terutama bagi mereka yang menerapkan pola hidup sehat. Pasalnya, banyak kandungan beras merah yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya untuk menurunkan berat badan, jadi sangat cocok untuk kamu yang sedang diet.

Banyak yang bilang beras merah lebih menyehatkan ketimbang beras putih. Sebab, beras merah belum sepenuhnya melewati proses penggilingan. Dengan begitu, kandungan kalorinya lebih banyak dan kaya serat serta vitamin.

Bukan hanya bagi kesehatan, mengkonsumsinya ternyata juga baik untuk kecantikan. Penasaran kandungan apa saja dalam beras merah yang bisa membantu merawat tubuh dari dalam maupun luar? Yuk, simak rangkumannya di bawah ini!

  • Sumber Zat Besi untuk Menangkal Radikal Bebas
  • Zat besi atau mangan tidak hanya menghasilkan energi bagi tubuh tapi juga antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas yang terbentuk setelah diproduksinya energi. Selain itu, kandungan zinc serta mineral di dalamnya mampu mempercepat penyembuhan luka. Seperti zat besi atau mangan, zinc juga mengandung antioksidan.

  • Vitamin B6 untuk Pembentukan Sel Darah Merah
  • Hanya dengan mengonsumsi satu porsi nasi merah, sudah bisa memenuhi 23% vitamin B6 yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin B6 diperlukan untuk menjaga keseimbangan perkembangan serotonin. Yaitu sel darah merah yang berfungsi dalam pembentukan sel DNA.

  • Mengandung Monacolin K untuk Menurunkan Kolesterol
  • Sebuah penelitian pada tahun 1970, menunjukkan efek beras merah yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini karena adanya komponen aktif monacolin K. ini seperti lovastatin yang ada pada resep obat penurun kolesterol. Jadi, mengkonsumsinya juga bisa membantu menurunkan kolesterol.

    beras merah

    Sumber foto: Google

  • Magnesium yang Baik untuk Kesehatan Tulang
  • Sudah tahu belum kalau nasi merah merupakan sumber magnesium yang bagus untuk kesehatan tulang? Yups! Magnesium sangat diperlukan untuk menjaga tulang tetap sehat. Kekurangan magnesium bisa mengakibatkan osteoporosis. Sudah dibuktikan bahwa konsumsi beras merah secara rutin dan teratur dapat membantu meredakan masalah persendian.

  • Kaya Antioksidan untuk Menjaga Kecantikan Kulit
  • Kandungan beras merah berupa antioksidan ternyata bisa membantu menjaga kecantikan kulit. Beras merah menjadi pilihan yang tepat kalau kamu ingin mendapatkan manfaat tersebut. Kamu mendapatkan manfaatnya konsumsi nasi merah secara rutin. Selain itu, bisa juga menjadikannya sebagai scrub untuk mengeksfoliasi kulit.

  • Vitamin B untuk Membuat Kulit Lebih Halus dan Lembut
  • Beras merah mengandung vitamin B yang bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah. Hal ini juga berkaitan dengan kesehatan kulit loh, karena bisa membuat kulit terasa lebih halus dan lembut. 

    Untuk mendapatkan manfaatnya pun sangat mudah. Cuci bersih beras merah, kemudian masak untuk membuat tajin. Ambil airnya dan oleskan ke atas kulit, tunggu beberapa menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

    Itulah beberapa manfaat beras merah yang sangat baik bagi tubuh. kamu ingin membuktikan sendiri khasiat berbagai kandungan beras merah di atas, tapi bingung mau belinya dimana? Langsung saja cek produknya disini ya!

     

    Baca juga: Manfaat Beras Hitam untuk Menurunkan Berat Badan dan Kesehatan Tubuh

    Baca juga: Kegunaan VCO (Virgin Coconut Oil) Jaga Stamina Tubuh


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published