Tips Atur Makan Sehat dengan Memenuhi Kebutuhan Gizi yang Seimbang

makan sehat

Menjaga pola makan yang baik akan mempengaruhi kesehatan tubuh agar tidak terhindar dari berbagai macam penyakit. Hal yang tak kalah penting dalam menjaga kesehatan adalah memilih makanan sehat sesuai budget. Contohnya kamu dapat mengkonsumsi tahu dan tempe yang memiliki kandungan protein yang baik bagi tubuh.

Memperhatikan pola makan yang sehat tidak harus mahal dan dapat dimulai dengan cara yang mudah. Untuk memenuhi kebutuhan gizi dengan baik, kamu perlu memperhatikan kandungan yang ada pada setiap makanan yang akan dikonsumsi. 

Kondisi tubuh agar tetap terjaga menjadi sehat perlu diseimbangkan dengan asupan makanan penuh gizi, namun sebaliknya jika kamu kurang memperhatikan nutrisi pada makanan yang dikonsumsi maka akan membuat tubuh menjadi lemah dan rawan terserang penyakit.

Berikut Cara Mengatur Pola Makan Sehat untuk Penuhi Kebutuhan Gizi Seimbang bagi Tubuh

  • Minum Air Putih secara Rutin

  • makan sehat
    Sumber foto: Canva

    Mencukupi kandungan cairan dalam tubuh penting untuk dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh, karena berguna untuk menyebarkan zat gizi ke seluruh bagian tubuh. Minumlah minimal 8 gelas sehari agar tubuh tidak terdehidrasi.

  • Memilih Sumber Karbohidrat dengan Tepat

  • Setiap jenis karbohidrat memiliki kandungan serat dan gula yang berbeda-beda. Beras hitam, coklat, dan beras merah merupakan jenis karbohidrat yang lebih baik dibanding dengan beras putih biasa, karena memiliki kandungan serat yang rendah gula.

    Mengkonsumsi nasi hitam, merah, ataupun coklat akan lebih baik untuk penderita diabetes. Selain itu baik juga bagi yang sedang menjalankan diet, kandungan seratnya mampu membuat seseorang merasa kenyang lebih lama dan dapat mencegah makan secara berlebih.

    Beras hitam memiliki kandungan antioksidan, vitamin E, kalium, protein yang lebih banyak dari jenis beras lainnya. Warna hitam pekat memberikan tanda bahwa beras ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

  • Mengkonsumsi Lauk Pauk Berprotein Tinggi

  • makan sehat
    Sumber foto: Canva

    Protein penting untuk pertumbuhan dan memperbaiki sel tubuh yang rusak, baik pembentukan tulang maupun tumbuh kembang anak. Sehingga mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi penting untuk memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang.

  • Membiasakan Sarapan sebelum Memulai Aktivitas

  • Sarapan merupakan hal penting untuk menutrisi otak dalam menjalankan aktivitas, tak terkecuali untuk yang sedang diet. Sarapan justru mencegah kelebihan berat badan, karena jika tidak sarapan akan membuat seseorang makan siang secara berlebih atau dalam porsi yang banyak.

  • Membiasakan Membaca Label Kandungan Gizi

  • Untuk mengetahui kandungan gizi yang akan dikonsumsi, sebaiknya kamu mengetahui apa saja kandungan baik dan buruk pada makanan, terutama untuk makanan instan. Bacalah secara teliti label kandungan gizi, selain itu kamu juga tidak lupa untuk pastikan bahwa masa kadaluarsa masih lama, karena tidak jarang ditemukan beberapa produk makanan sudah melewati masa kadaluarsa.

  • Mencukupi Kebutuhan Nutrisi dengan Buah dan Sayur

  • Mengkonsumsi sayur dan buah secara rutin akan baik untuk tubuh, karena dalam kedua jenis makanan ini banyak kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral untuk mencegah penuaan dini.

  • Rutin Menjalankan Olahraga

  • Untuk menjaga berat badan dan tumpukan lemak pada tubuh, kamu harus mencukupi kebutuhan gizi dengan rutin berolahraga. Cukup 30 menit setiap 3 sampai 5 kali dalam seminggu. Melakukan workout ringan di rumah juga dapat menjadi solusi bagi kamu yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk keluar rumah.

  • Membatasi Konsumsi Makanan Berlemak

  • makan sehat
    Sumber foto: Canva

    Produk mengandung gluten, fast food, dan makanan berbahan pengawet perlu dibatasi karena kandungan gizi yang kurang baik. Seluruh makanan yang mengandung banyak kalori, rendah protein, lemak dapat memicu penyakit serius seperti tekanan darah tinggi, stroke, dan jantung.

     

    Baca juga: Tips Penuhi Kebutuhan Nutrisi Bervariatif

    Baca juga: Hindari Beberapa Kesalahan Diet yang Tidak Sehat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published