Tips Jalankan Pola Hidup Sehat dengan Penuhi Kebutuhan Nutrisi

pola hidup sehat

Manusia membutuhkan nutrisi yang terkandung dalam jenis-jenis makanan sehat, hal ini akan membuatmu terhindari dari berbagai macam penyakit. Tubuh juga akan merasa jauh lebih ringan, untuk itu memenuhi kebutuhan nutrisi penting bagi kesehatan.

Pastikan menu yang dikonsumsi bukan hanya lezat tetapi juga memiliki nilai gizi yang lengkap, khususnya bagi yang sedang menjalankan diet. Meskipun dituntut untuk mengurangi porsi makan, kamu juga harus melengkapi asupan dengan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan budget dalam memilih makanan bernutrisi, hindari memaksakan diri untuk menjalankan gaya hidup sehat yang tidak sesuai dengan kemampuanmu. Akan lebih mudah memenuhi kebutuhan nutrisi kamu dengan mengetahui makanan yang disesuaikan dengan budget.

Cara ini akan mempermudah kamu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi serta menghemat waktu dan pengeluaran. Selain menjaga pola makan yang baik, kamu juga perlu menjaga massa otot dan kebugaran tubuh dengan berolahraga secara rutin.

Beberapa Trik untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Penting bagi Tubuh

  • Konsumsi Makanan yang Padat Gizi

  • pola hidup sehat
    Sumber foto: Canva.com

    Makanan bergizi dan bervariasi menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik bagi tubuh. Hal ini juga akan mencegah kamu merasa bosan dengan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

    Pilihlah jenis makanan bergizi dengan memperhatikan rasa dan tekstur, perhatikan juga kadar kalori dan kandungan serat didalamnya. Padukan makanan dengan bentuk, tekstur, dan warna untuk membuat makanan terlihat lezat dan menarik.

  • Memperhatikan Usia Sesuai dengan Kandungan Nutrisi

  • Setiap usia memiliki kebutuhan gizi yang berbeda-beda, untuk itu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi perlu disesuaikan dengan usia. Baik anak-anak, remaja, dewasa dan usia diatas 50 tahun membutuhkan banyak asupan kalsium.

    Untuk anak-anak dan ibu hamil akan sangat baik mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi. Kandungan ini dapat diperoleh dari daging rendah lemak. Ibu hamil juga membutuhkan kandungan asam folat. Sedangkan untuk usia diatas 50 tahun membutuhkan asupan vitamin D.

  • Memperhatikan Porsi Makan yang Tepat 

  • pola hidup sehat
    Sumber foto: Canva.com

    Jika porsi makan tidak diperhatikan maka kamu akan mungkin mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak. Penting bagi kamu untuk mengamati informasi sajian yang tertera dalam kemasan bahan masakan, kamu juga perlu melihat dan mengikuti instruksi batas penggunaan bahan masakan yang tepat.

  • Menggunakan Berbagai Jenis makanan dari Beragam Kelompok

  • Menu makanan yang sehat dan seimbang meliputi sayur mayur dan buah-buahan segar. Selain itu, kebutuhan nutrisi juga diperoleh dari produk olahan susu rendah lemak, dan protein rendah lemak seperti yang terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian.

    Tubuh juga membutuhkan nutrisi yang mengandung gandum utuh, namun beberapa diantaranya ada yang mengkonsumsi makanan free gluten atau produk mengandung gandum dan terigu yang biasanya terdapat dalam roti, kue, pasta dan sebagainya.

  • Menghindari Makanan yang Berlemak Tinggi

  • pola hidup sehat
    Sumber foto: Canva.com

    Kamu perlu menghindari makanan dengan kandungan lemak yang tinggi, sodium, gula dan kalori secara penuh sebisa mungkin. Namun lemak sehat dapat menjadi menu pilihan yang baik demi menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

     

    Baca juga: Makanan sehat yang baik untuk pengidap penyakit diabetes

    Baca juga: Trik Mengolah Makanan Bebas Gluten dengan Tepat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published