Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat untuk Anak yang Mengidap Diabetes

pola hidup sehat

Salah satu masalah kesehatan anak yang patut diwaspadai orangtua adalah obesitas. Sebab, masalah kesehatan ini bisa menjadi pemicu berbagai macam penyakit lain. Mulai dari darah tinggi, kolesterol, hingga diabetes.

Seperti diketahui, gula darah dalam tubuh berasal dari makanan yang kita konsumsi. Sehingga, saat makanan dicerna, gula tersebut masuk ke dalam aliran darah. Jika kadar gula darah naik, maka bisa mengakibatkan diabetes. Itulah alasannya mengapa pola hidup sehat sangat penting diterapkan.

Umumnya, anak-anak mengidap diabetes tipe dua yang gejalanya cenderung sulit diketahui secara langsung. Pasalnya, gejala jenis diabetes ini biasanya muncul bertahap sehingga sering dianggap hal yang wajar.

Selain rutin mengecek kadar gula darah, hal utama yang perlu dilakukan orangtua adalah menjaga pola makan anak. Sebab, anak dengan diabetes harus memperhatikan asupan karbohidrat karena tinggi gula. Selain itu, apalagi ya yang harus diperhatikan?

Tips Terapkan Pola Hidup Sehat untuk Anak dengan Diabetes

pola hidup sehat

Sumber foto: Google

Menurut Dokter Spesialis Gizi, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, pola hidup sehat anak dengan diabetes dikenal dengan istilah 4J. Apa itu?

  • Jumlah
  • Sebenarnya, pemilik diabetes tidak memiliki rekomendasi yang pasti tentang makanan yang boleh dikonsumsi atau harus dihindari. Hampir semua jenis makanan boleh dimakan, namun jumlahnya harus dibatasi sesuai rekomendasi dokter.

  • Jenis
  • Pilih menu makan sehat yang tepat, terutama jenis karbohidratnya. Sebab, diabetes umumnya merupakan gangguan metabolisme karbohidrat di tubuh. Sehingga, orangtua harus memilih karbohidrat yang rendah gula namun tinggi serat. Misalnya, umbi-umbian yang mengandung gizi dan serat lebih tinggi dibandingkan nasi putih.

  • Jadwal
  • Pola makan anak dengan diabetes harus teratur. Hindari konsumsi karbohidrat secara berlebihan dalam satu kali makan. Karena, lonjakan gula darah akan terjadi akibat tubuh tidak mampu mengkompensasi karbohidrat yang masuk.

  • Cara Masak
  • Hindari mengolah makanan yang dapat merusak nutrisi atau menambah kalori. Seperti menggoreng dengan suhu yang sangat tinggi.

    Tips Diet Sehat untuk Anak Diabetes

    Anak-anak dengan diabetes memang lebih sulit diatasi. Sebab, mereka belum mampu menjaga kesehatan dirinya sendiri. Anak-anak seringkali kesulitan dalam menjaga pola diet sehat untuk diabetes karena faktor lingkungan. Karena itu, peran orang tua sangat dibutuhkan agar kesehatan anak tetap terjaga.

    Seperti orang dewasa, anak yang mengidap diabetes juga perlu menjalani diet sehat. Nah, berikut ini tips diet anak pemilik diabetes yang bisa ditiru agar ia tetap sehat:

    Perhatikan Asupan Gizinya

    Salah satu hal penting saat menerapkan diet sehat untuk anak diabetes yaitu memperhatikan asupan gizinya. Pastikan ia mendapat asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhannya. Anak-anak harus makan tiga kali sehari dan selingi dengan camilan sehat.

    Batasi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

    Umumnya anak-anak sangat suka makanan dan minuman manis. Tidak perlu melarangnya, tapi aturlah agar asupannya tidak terlalu banyak. Batasi konsumsinya sekaligus perhatikan respons tubuh ketika mengonsumsi makanan manis.

    Ajari anak untuk lebih banyak minum air putih daripada air soda. Salah satu cara agar anak-anak suka minum air putih adalah dengan mencampurkan buah-buahan ke dalamnya.

    Hindari Fast Food

    Ajarkan pada anak untuk membatasi konsumsi makanan cepat saji. Akan lebih baik kalau menyiapkan menu makan sehat sendiri untuknya. Beberapa makanan yang direkomendasikan adalah ikan, daging, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kentang. Makanan yang diolah sendiri tentu lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya, sehingga pola diet anak lebih terjaga.

    Makanan yang Sebaiknya Dihindari

    Ada beberapa makanan yang sebaiknya dibatasi atau dihindari konsumsinya oleh anak diabetes. Sebab, orang dengan diabetes lebih berisiko terkena penyakit jantung. Karena itu, sebaiknya hindari makanan berlemak dengan kandungan lemak jenuh. Hindari juga makanan yang tinggi garam karena bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi.

    Itu dia beberapa informasi tentang pola hidup sehat untuk anak dengan diabetes. Sekarang kamu bisa dapatkan berbagai bahan makanan yang bagus untuk menu diet sehat anak diabetes di sini.

     

    Baca juga: Tips Mengatur Pola Makan Sehat dengan Menu Beras Merah

    Baca juga: Sudah Pernah Coba? 5 Tips Pola Hidup Sehat untuk Menjaga Sistem Ekskresi


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published