Tips Mengolah Minyak Zaitun untuk MPASI, Bunda Wajib Tahu

minyak zaitun

Manfaat minyak zaitun yang baik untuk kesehatan sudah dikenal sejak lama. Kandungan nutrisi di dalamnya, membuat minyak alami satu ini jadi pilihan ideal sebagai bahan resep menu makan sehat bagi bayi atau MPASI (Makanan Pendamping ASI).

Minyak yang terbuat dari ekstrak buah zaitun ini mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang bayi. Beberapa kandungan di dalamnya yaitu lemak sehat, vitamin E, dan antioksidan.

Namun, kandungan nutrisi tersebut bisa rusak karena pengolahan yang tidak tepat. Karena itu sebelum menambahkannya ke dalam makanan bayi, penting bagi kamu untuk mengetahui cara mengolahnya dengan benar.

Ingin tahu bagaimana cara memasak MPASI dengan minyak zaitun yang benar? Simak ulasannya berikut ini yuk!

Tips Mengolah Minyak Zaitun untuk MPASI

Cara pengolahan minyak zaitun juga harus diperhatikan agar nutrisi di dalamnya tetap terjaga. Lalu, bagaimana cara menambahkan minyak zaitun ke dalam resep menu MPASI?

  • Pilih Extra Virgin Olive Oil yang Berkualitas
  • Saat membeli, pastikan pilih extra virgin olive oil. Minyak jenis ini berasal dari pemerasan pertama buah zaitun dan tidak melewati proses pengolahan kimia. Kualitas dan keasliannya tersebut akan memberikan manfaat kesehatan terbaik bagi si kecil.

  • Hindari Proses Pemasakan yang Terlalu Panas
  • Baik minyak zaitun maupun minyak kelapa untuk MPASI, hindarilah proses pemasakan yang terlalu panas. Apalagi, titik asap minyak zaitun cukup rendah, sehingga jika pengolahannya terlalu panas, nutrisi di dalamnya justru hilang. Sebaiknya, gunakan proses pemasakan yang menggunakan panas sedang atau rendah.

  • Tambahkan ke Dalam MPASI yang matang
  • Tips sehat untuk MPASI bayi lainnya yaitu dengan menambahkan extra virgin olive oil ke dalam makanan bayi yang sudah matang. Selain itu, kamu juga bisa menambahkannya ke dalam puree sayuran, bubur nasi, atau menu makan sehat lainnya.

    Pastikan porsi yang ditambahkan sudah sesuai dan tidak terlalu banyak. Kamu bisa memulainya dengan menambahkan sedikit minyak zaitun dan kemudian sesuaikan dengan selera anak.

    minyak zaitun

    Sumber foto: Google

  • Gunakan sebagai Saus atau Dressing
  • Minyak jenis ini juga bisa kamu gunakan sebagai saus alias dressing pada makanan bayi yang sudah matang. Campur dengan bahan-bahan lain seperti yoghurt, jus lemon, atau bumbu alami lainnya agar cita rasa makanan bayi lebih lezat.

    Ingat, saat mengolah atau menyajikan makanan bayi, selalu perhatikan kebersihan dan keamanannya. Ini karena sistem kekebalan tubuh bayi masih lemah dan mudah terserang bakteri maupun virus.

  • Simpan dengan Baik
  • Penting untuk menyimpannya dengan benar, agar minyak tersebut tidak rusak dan tetap segar. Simpanlah di dalam wadah kedap udara dan hindari paparan sinar matahari langsung. Simpan di tempat yang sejuk dan gelap, misalnya lemari dapur. Sebelum menggunakannya, pastikan keamanannya dengan mengecek tanggal kadaluarsa.

    Itu di acara pengolahan minyak zaitun pada resep MPASI. Selain minyak zaitun, ada juga pilihan lainnya untuk pola hidup sehat, yaitu minyak kelapa. Namun sebelum menambahkan kedua jenis minyak ini ke dalam menu makan sehat bayi, sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan dokter atau spesialis gizi, terutama apabila dalam keluarga memiliki riwayat alergi makanan.

    Sekarang kamu bisa belanja minyak zaitun, minyak kelapa, dan bahan makanan sehat lainnya dengan mudah tanpa keluar rumah. Praktis sekali, bukan? Jadi tunggu apalagi, yuk kunjungi website Healthy Choice sekarang juga!

     

    Baca juga: Benarkah Minyak Zaitun Bisa Cegah Stroke? Ini Penjelasan Lengkapnya

    Baca juga: Tak Hanya Sebagai Super Food, Ini Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Ibu Hamil 


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published