Rekomendasi Camilan Sehat yang Baik Dikonsumsi saat Asam Lambung Naik

camilan sehat

Siapapun bisa mengalami penyakit asam lambung, tak terkecuali anak-anak. Kondisi ini terjadi saat asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan sensasi panas di dada. Penderita asam lambung tak disarankan makan dalam jumlah besar untuk menghindari gejalanya dan menerapkan pola hidup sehat.

Makan camilan dalam porsi kecil disarankan untuk mencegah penyakit ini. Selain itu, pastikan tidak sembarangan memilih camilan, pilih snack sehat agar kondisi kesehatan lekas membaik.

Camilan Sehat bagi Penderita Asam Lambung

camilan sehat

Sumber foto: Google

Salah satu hal yang bisa dilakukan penderita asam lambung adalah dengan mengonsumsi camilan. Tapi, jangan sembarangan memilih camilan, ya! Konsumsi camilan sehat untuk mengurangi gejala dan mengatasinya.

Nah, berikut ini beberapa menu makan sehat yang bisa dijadikan camilan saat asam lambung naik.

  • Buah-buahan
  • Siapa bilang kalau penderita asam lambung tidak boleh makan buah? Buah merupakan camilan yang sehat dan aman dikonsumsi bagi pengidap asam lambung. Namun, hindarilah buah-buahan sitrus yang mempunyai rasa asam.

    Semangka, melon, dan pisang menjadi beberapa alternatif buah yang bisa dikonsumsi pemilik asam lambung. Ketiga jenis ini rendah asam sehingga tidak menyebabkan asam lambung naik. Buah pisang juga tinggi serat yang dapat membantu memperkuat sistem pencernaan.

  • Sayuran Hijau
  • Sayuran hijau seperti brokoli dan kale juga harus masuk ke dalam menu makan sehat kamu. Kamu bisa menjadikannya sebagai salad sayur atau mengukusnya.

    Kandungan alkali pada sayuran hijau bagus untuk saluran pencernaan. Selain itu, sayuran hijau mengandung lemak dan rendah gula yang bermanfaat untuk menurunkan gejala asam lambung.

  • Yoghurt
  • Ternyata, yoghurt dapat mengurangi gejala asam lambung yang naik. Kandungan probiotik di dalamnya juga bisa membantu meningkatkan imun tubuh sehingga kesehatan tubuh lebih optimal.

    Pilih jenis yoghurt plain tanpa tambahan gula atau perasa agar manfaatnya lebih maksimal.

  • Oatmeal
  • Makanan yang akrab di kalangan pelaku pola hidup sehat ini cocok dijadikan camilan sehat saat asam lambung naik. Kandungan seratnya diklaim efektif untuk mencegah naiknya asam lambung.

    Kamu bisa mencampurnya dengan buah, tapi pastikan tidak menambahkan buah dengan rasa asam seperti bluberi, stroberi, atau kranberi.

  • Kacang Almond
  • Kandungan alkali di dalamnya yang cukup tinggi membuat kacang almond baik untuk mengurangi gejala asam lambung. Selain alkali, kacang jenis ini juga mengandung serat cukup tinggi untuk mengurangi gejala asam lambung.

  • Jahe
  • Untuk meringankan gejala asam lambung, kamu bisa mengonsumsi jahe merah. Jahe bersifat anti inflamasi untuk meredakan gangguan pencernaan yang kamu alami. Kamu bisa menambahkannya ke dalam makanan atau dalam bentuk minuman.

    Itulah beberapa camilan yang sehat untuk dikonsumsi saat asam lambung naik. Selain camilan, kamu juga harus memperhatikan gaya hidup dengan terus menerapkan tips sehat dengan rutin berolahraga dan makan teratur.

    Jika sudah mengonsumsi camilan dan makanan sehat namun kondisi asam lambung kamu semakin memburuk, sebaiknya segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat, ya.

    Ingin mulai mengonsumsi makanan sehat? Yuk ke website Healthy Choice, di sini tersedia aneka bahan makanan serta camilan sehat yang berkualitas. Termasuk beras merah organik yang bisa kamu jadikan alternatif makanan pokok sehari-hari untuk menggantikan nasi putih. Ingin tahu lebih banyak bahan makanan apa saja yang tersedia di Healthy Choice? Langsung ke websitenya, yuk!

     

    Baca juga: Rekomendasi Camilan Sehat untuk Menurunkan Berat Badan Pasca Lebaran

    Baca juga: Alasan Beras Organik yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Lambung


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published