5 Trik Memasak Beras Merah agar Pulen dan Enak

5 Trik Memasak Beras Merah agar Pulen dan Enak

Beras merah merupakan jenis beras yang umumnya akan dibutuhkan khususnya yang sedang menjalankan diet atau menjaga pola makan sehat. Akan tetapi, beras jenis ini memiliki rasa yang kurang enak jika dibanding dengan beras putih biasa. Dimana rasanya terasa hambar dan memiliki tekstur yang agak kasar.

Rasa khas dari beras merah cukup mengganggu masakan yang menjadi pendamping makanan, dimana terasa kurang sedap rasanya. Padahal banyak vitamin dan nutrisi penting yang terkandung dalam beras merah. Beras ini juga dapat menurunkan berat badan bagi anda yang sedang menjalankan diet.

Untuk itu anda perlu mencari cara yang tepat untuk memasak beras merah agar lebih pulen dengan rasa yang tetap enak. Agar pola makan sehat tetap anda dapatkan dengan rasa yang enak dan tanpa mengubah rasa yang ada di dalam nasi merah. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk anda.

Langkah-langkah Memasak Beras Merah yang Pulen
1. Cuci bersih beras merah di air yang mengalir

beras merah
Sumber foto: Canva

Cucilah beras merah anda di bawah air mengalir yang bersih. Proses ini akan sangat berguna untuk membersihkan beras secara maksimal. Karena air mengalir dapat membantu mengeluarkan kotoran yang masih menempel, seperti sisa padi serta sisa-sisa kotoran lainnya yang tidak terlihat.

Cara mencucinya pun cukup mudah, setelah mencucinya di bawah air mengalir, pastikan anda juga membersihkannya secara dibilas. Untuk membilas beras merah cukup dilakukan sebanyak 2 atau 3 kali saja, supaya kadar vitamin yang ada pada beras merah tidak berkurang.

2. Sebaiknya merendam beras terlebih dahulu

beras merah
Sumber foto: Canva

Langkah selanjutnya untuk memasak beras merah agar pulen dan enak adalah dengan cara merendam beras terlebih dahulu. Langkah ini sangat berguna untuk membentuk tekstur yang enak dan tidak keras pada beras merah yang memang cenderung memiliki tekstur yang lebih kasar.

Untuk proses merendam beras ini juga dapat anda lakukan dengan cara yang mudah, yaitu rendam dengan air yang bersih selama kurang lebih 30 menit, supaya mendapatkan tekstur yang lebih lunak dan takaran air yang digunakan dapat menggunakan 3 gelas air. 

3. Sangrai beras merah sebelum dimasak

Langkah memasak beras merah selanjutnya adalah dengan cara sangrai atau memanggang beras terlebih dahulu sebelum memasaknya. Cara ini akan membuat aroma yang dikeluarkan nanti akan menjadi sangat kuat. 

Cara yang satu ini dapat anda lewatkan, jika anda kurang menyukai aroma pada beras merah. Untuk melakukan proses ini adalah siapkan teflon atau wajan lalu panaskan wajan terlebih dahulu. Kemudian sangrai atau tumis beras dengan api sedang dengan menggunakan minyak zaitun yang aman untuk anda yang sedang menjaga berat badan.

4. Mencampurkan beras merah dengan beras putih

Nah cara yang satu ini mungkin sudah sangat sering ditemukan bagi sebagian besar bagi yang terbiasa menyantap beras merah, khususnya mereka yang tidak begitu menyukai rasa khas dari nasi merah. Cara ini juga sangat ampuh untuk tetap menikmati beras merah namun ingin tetap merasakan rasa nasi putih.

5. Perhatikan takaran air yang digunakan untuk memasak

beras merah

Sumber foto: Canva

Langkah terakhir dalam memasak beras merah adalah dengan cara memperhatikan penggunaan air yang akan digunakan untuk memasaknya. Air yang digunakan harus lebih banyak dari memasak beras putih, karena penggunaan air akan sangat mempengaruhi tekstur nasi merah.  

 

Baca juga: Trik Jitu Membuat Snack Sehat untuk Anak

Baca juga: Khasiat Dibalik Manisnya Gula Aren untuk Kesehatan


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published