7 Makanan Sehat yang Aman Dikonsumsi saat Sakit Gigi, Bisa Jadi Obat

7 Makanan Sehat yang Aman Dikonsumsi saat Sakit Gigi, Bisa Jadi Obat

Kamu sedang mengalami sakit gigi dan kesulitan mengunyah makanan? Nah, ada beberapa makanan sehat yang aman dan tidak memperparah gejala sakit gigi, seperti bubur kacang hijau organik, pasta gandum utuh, hingga telur. Selain itu, ada makanan apa saja?

Makanan yang Aman Dikonsumsi saat Sakit Gigi

Sakit gigi umumnya disebabkan oleh kerusakan enamel yang mengakibatkan tekanan pada saraf gigi. Sehingga, mulut dan gigi mengalami iritasi, radang, terasa nyeri, dan membuatmu sulit mengunyah makanan.

Kamu direkomendasikan makan makanan yang lunak, lembut, dan adem agar gejala sakit gigi tidak semakin parah. Berikut ini beberapa makanan yang disarankan saat sakit gigi:

  • Sup
  • Saat sakit gigi, kamu mungkin tidak memiliki nafsu makan karena gigi semakin terasa nyeri saat mengunyah makanan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan makan sup hangat.

    Campuran kaldu dan sayuran lembut akan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh saat kamu tidak nyaman untuk makan. Hindari sup panas karena justru bisa memperburuk rasa nyeri gigi.

  • Kentang Rebus
  • Inilah pilihan makanan yang paling tepat saat sakit gigi. Selain mudah dikunyah, kentang rebus memberikan asupan nutrisi dan karbohidrat harian.

    Kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai menu lezat seperti perkedel, kentang panggang atau rebus, dan mashed potatoes. Kentang bisa menjadi pilihan yang bagus saat kamu kesulitan makan.

  • Oatmeal
  • Salah satu makanan paling menyehatkan ini bisa dikonsumsi dalam segala kondisi. Oatmeal mengandung vitamin A, vitamin D, karbohidrat, kalsium, serat, mineral, dan nutrisi lainnya yang akan membantu pemulihan.

    Sumber foto: Google

    Oatmeal juga sangat lembut dan mudah dikunyah, sehingga sangat cocok dikonsumsi ketika kamu tidak nafsu makan. Makanlah oatmeal dalam keadaan hangat cenderung adem.

  • Pasta
  • Selain nasi, pasta merupakan makanan yang tinggi karbohidrat dan lembut dikunyah. Pasta yang terbuat dari gandum utuh mengandung lebih banyak gizi dan rendah lemak. Makanan ini cocok dikonsumsi saat sakit gigi karena semua jenis pasta memiliki tekstur cenderung lembut.

  • Smoothies
  • Saat sakit gigi, smoothies menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan karena bisa memberikan asupan nutrisi. Kamu bisa membuatnya dari berbagai campuran buah dan sayuran seperti alpukat, pisang, stroberi, brokoli, dll. Tambahkan bubuk protein atau yogurt untuk melengkapinya. Ingat, jangan konsumsi smoothies yang terlalu dingin atau terlalu manis ya.

  • Telur
  • Siapa sih yang tidak suka makan telur? Kalau kamu tidak punya alergi telur, silakan mengonsumsinya saat sakit gigi. Telur memiliki tekstur lembut yang aman untuk gigi maupun gusi yang tengah meradang.

    Telur juga tinggi akan mineral, omega 3, vitamin, dan protein untuk memenuhi kebutuhan energi serta pemulihan tubuh. Kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai menu yang mudah dibuat, seperti telur rebus, ceplok, telur dadar, maupun telur orak-arik.

  • Bubur
  • Ini dia pilihan terbaik saat sakit gigi! Teksturnya yang sangat lembut, rasanya enak, dan mengenyangkan, membuat bubur menjadi salah satu pilihan utama saat sakit gigi.

    Kamu bisa mengonsumsi bubur tiga kali sehari jika gejala sakit gigi cukup parah. Selain bubur ayam dan nasi, kamu juga bisa makan bubur buah, bubur kacang hijau organik, atau pure sayur.

    Itu dia beberapa rekomendasi makanan yang aman dikonsumsi saat sakit gigi. Agar proses penyembuhan lebih cepat, segera konsultasi ke dokter dan minum obat yang telah diresepkan. Selain itu, jangan lupa rajin sikat gigi!

    Beberapa bahan makanan sehat di atas, seperti gandum utuh dan kacang hijau organik bisa kamu dapatkan di Healthy Choice. Belanja jadi semakin mudah hanya dengan sekali klik di sini! Kamu juga bisa tetap makan makanan lezat dan sehat meski sedang sakit gigi. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

     

    Baca juga: Ini Alasan Gandum Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan Wanita

    Baca juga: Bolehkah Penderita Diabetes Mengkonsumsi Biskuit Dari Gandum?


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published