9 Makanan Diet Sehat untuk Merencanakan Kehamilan, Enak dan Mudah Diolah

9 Makanan Diet Sehat untuk Merencanakan Kehamilan, Enak dan Mudah Diolah

Pola hidup sehat terbukti memberikan berbagai manfaat baik bagi tubuh, termasuk diet. Diet sehat yang tepat ternyata dapat membantu memperbaiki kesuburan, mendukung rencana kehamilan sehat, dan mencegah keguguran berulang.

Lalu, Apa Sih Diet Kesuburan Itu?

Diet kesuburan alami merupakan pola makan yang mendukung dalam memperbaiki reproduksi. Ini termasuk makanan diet sehat yang tinggi nutrisi khusus. Nutrisi di dalam makanan tersebut diperlukan untuk kesehatan sel telur, sperma, darah, fungsi hormonal, reproduksi, perkembangan janin, dan lainnya.

Diet sehat untuk merencanakan kehamilan ini dirancang untuk membantu menyeimbangkan masalah kesuburan di dalam tubuh, meningkatkan asupan nutrisi, serta mendukung perkembangan bayi.

Menu Makan Sehat untuk Diet Kesuburan

diet sehat

Sumber foto: Google

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan untuk membantu merencanakan kehamilan sehat:

  • Susu Murni
  • Konsumsilah susu murni dan olahannya, seperti yoghurt setidaknya dua porsi sehari. Walter Willett, MD, profesor nutrisi dan epidemiologi di Harvard School of Public Health mengatakan bahwa mengonsumsi produk susu lemak tinggi dapat menurunkan masalah kehamilan. Kamu juga bisa mengonsumsi susu nabati, seperti susu almond.

  • Karbohidrat Kompleks
  • Konsumsilah karbohidrat kompleks dan batasi makanan olahan. Karbohidrat yang tinggi serat, seperti sayuran, buah, kacang, dan biji-bijian dicerna secara perlahan dan mempunyai efek bertahap pada insulin dan gula darah.

  • Lemak Tak Jenuh
  • Hindari semua jenis lemak trans dan mulailah beralih ke lemak tak jenuh yang sehat. Lemak trans, terutama yang terkandung dalam makanan panggang dan makanan ringan yang dijual di pasaran, produk hewani, margarin, dan kentang goreng dapat meningkatkan resistensi insulin. Kadar insulin yang berlebihan dapat mengakibatkan gangguan metabolik yang berpengaruh terhadap ovulasi.

  • Sayur dan Buah Organik
  • Produk konvensional yang memiliki kandungan pestisida dan herbisida berbahaya terbukti memiliki dampak negatif terhadap kesuburan wanita maupun pria. Penelitian juga menunjukkan sayur dan buah mengandung nilai gizi yang lebih tinggi.

  • Ikan Air Dingin
  • Ikan memberi asupan asam lemak omega-3 yang penting untuk pola hidup sehat maupun diet kesuburan. Asam lemak tersebut membantu mengurangi peradangan, mendorong produksi hormon, dan mengatur siklus haid. Ikan juga menjadi sumber protein hingga vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Daging Organik
  • Daging adalah sumber asam lemak esensial, dan menjadi sumber protein. Karena itulah kamu bisa menjadikannya sebagai menu makan sehat di rumah.

  • Biji-bijian Utuh
  • Biji-bijian utuh kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral, yang mampu mendukung kekebalan tubuh. Serat diperlukan tubuh untuk menyingkirkan kelebihan hormon dan mengontrol gula darah. Itulah mengapa kamu sebaiknya mulai memperbanyak konsumsi roti atau pasta gandum, quinoa, dan beras merah.

  • Serat
  • Serat dapat membantu mengontrol gula darah dan mengurangi masalah kesuburan, seperti masalah imunologi, PCOS, dan menyeimbangkan hormon yang sehat. Contoh makanan yang tinggi serat yaitu sayuran berdaun gelap, buah, dan kacang-kacangan.

    Dari daftar di atas, mana nih yang selalu ada dalam menu makan sehat kamu di rumah?

    Itulah beberapa kandungan dalam makanan diet sehat yang dipercaya bagus untuk merencanakan kehamilan. Bahan makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi penting tersebut bisa kamu dapatkan di Healthy Choice. Di sini tersedia aneka jenis kacang dan biji-bijian organik yang dapat mendukung pola hidup sehat.

    Selain asupan makanan bernutrisi, jangan lupa selingi juga dengan olahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat dan bugar, ya.

     

    Baca juga: Rekomendasi Menu Diet Sehat dari Olahan Gula Aren

    Baca juga: Pola Hidup Sehat Untuk Turunkan Berat Badan, Ini Bedanya Diet Ketogenik dan Diet Ketofastosis


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published