Alasan Kacang Hijau Organik Sebaiknya Tidak Dimakan Orang yang Punya Kondisi Ini

kacang hijau organik

Bisa dibilang hampir semua orang tahu bahwa kacang hijau termasuk dalam salah satu bahan makanan sehat. Bahkan kacang hijau baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. 


Selain itu, kacang hijau organik juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Bagi Anda yang alergi susu sapi, susu dari kacang hijau atau kedelai bisa jadi alternatif konsumsi susu harian.


Bahaya Kacang Hijau Bagi Pengidap Asam Urat

kacang hijau organik

Sumber foto: Google


Meskipun sehat, nyatanya kacang hijau tidak bisa sembarangan dikonsumsi. Bahkan alih-alih sehat, kacang hijau ternyata memiliki efek buruk bagi seseorang yang memiliki kondisi tertentu. 


Salah satunya bagi anda pengidap asam urat. Alih-alih sehat, kacang hijau justru dapat memperburuk kondisi kesehatan. Meskipun kacang hijau organik adalah sumber protein nabati yang baik dan mengandung serat, vitamin, dan mineral.


Lantas, benarkah kacang hijau berbahaya bagi pengidap asam urat? Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa kacang hijau tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita asam urat diantaranya:


  1. Tinggi Kandungan Putin

Kacang hijau organik mengandung purin, yakni senyawa yang kemudian dapat diubah menjadi asam urat dalam tubuh. Jika seseorang sudah memiliki tingkat asam urat yang tinggi dalam darahnya, mengonsumsi makanan tinggi purin seperti kacang dapat meningkatkan produksi asam urat dan memperburuk kondisi tersebut.


  1. Risiko Krisis Asam Urat

Konsumsi kacang hijau yang mengandung tinggi purin dapat meningkatkan risiko terjadinya krisis asam urat. Kondisi tersebut menjadikan kristal asam urat menumpuk di sendi, dan menyebabkan peradangan akut dan nyeri hebat. Hal ini tidak nyaman dan merusak sendi.


  1. Penyakit Radang Sendi

Konsumsi makanan tinggi purin seperti kacang hijau juga dapat memperburuk gejala radang sendi dan meningkatkan risiko serangan radang sendi. Meski demikian, penting untuk diingat bahwa dampak kacang hijau pada asam urat dapat bervariasi antar individu.


Beberapa orang mungkin dapat mengonsumsi kacang hijau organik dengan sedikit atau tanpa masalah, namun yang lain bisa lebih sensitif terhadap makanan tinggi purin.


Nah, itulah penjelasan tentang alasan kacang hijau organik yang sebaiknya tidak dikonsumsi pengidap asam urat. Meski demikian, kacang hijau organik tetap aman dikonsumsi dan baik untuk kesehatan terutama bagi anda yang tidak memiliki riwayat asam urat.


Yuk, sajikan kacang hijau organik untuk kebutuhan menu sehat setiap hari. Kunjungi Healthy Choice, atau klik di sini untuk berbelanja. Dapatkan penawaran berbagai makanan organik yang sehat dan lengkap.

 

Baca juga: Top 5 Manfaat Kacang Hijau Organik untuk Ibu Hamil dan Pengidap Diabetes

Baca juga: Bisa Atasi Gejala PMS, Ini Manfaat Kacang Hijau Organik untuk Kesehatan


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published