Bahaya Pencemaran Udara! Ini Cara Melindungi Diri dari Berbagai Penyakit dengan Pola Hidup Sehat

Bahaya Pencemaran Udara! Ini Cara Melindungi Diri dari Berbagai Penyakit dengan Pola Hidup Sehat

Menjaga kebersihan adalah salah satu cara untuk mewujudkan pola hidup sehat. Selain itu, pola hidup sehat juga harus dibarengi dengan rutin mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Guna menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit. 


Meski demikian, pencemaran udara masih menjadi masalah serius yang patut diperhatikan. Pasalnya, hal ini terjadi diseluruh wilayah kota-kota besar salah satunya di Ibu Kota Jakarta. Tentu saja hal ini dapat mempengaruhi kesehatan, terlebih jika kamu tidak menjaga pola hidup sehat dengan baik.


Pencemaran udara adalah kondisi ketika udara terpapar oleh zat-zat berbahaya, seperti karbon monoksida, sulfur, dioksida, nitrogen dioksida. Umumnya zat berbahaya tersebut berasal dari asap kendaraan bermotor, asap rokok, dan asap pembakaran sampah maupun polusi dari pabrik.


Jika udara yang tercemar terus dihirup, maka akan berisiko terjadinya gangguan saluran pernapasan. Salah satunya adalah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Tak hanya itu saja, pencemaran udara juga bisa menyebabkan berbagai penyakit lainnya pada pernapasan seperti kanker paru-paru. 


Bagaimana Cara Melindungi Diri dari Penyakit Akibat Pencemaran Udara?

Masalah pencemaran udara memang tidak bisa diatasi dengan mudah dan cepat. Meski demikian, jika anda tinggal atau beraktivitas di tempat yang tingkat polusi udaranya tinggi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan guna melindungi diri dari dampak pencemaran udara. 


1. Hindari Aktivitas Olahraga di Tengah Udara yang Kotor

Saat beraktivitas fisik, tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen sehingga udara yang dihirup akan lebih banyak. Sehingga, jika dilakukan di area dengan kualitas udara yang tercemar oleh polusi, olahraga justru bisa menyebabkan gangguan pernapasan. 


Alih-alih ingin menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, berolahraga di ruangan terbuka dengan tingkat pencemaran udara yang tinggi justru dapat menimbulkan penyakit. Jadi, jika kualitas udara di lingkungan anda buruk, sebaiknya berolahraga di dalam ruangan dengan ventilasi yang baik untuk mengurangi paparan zat berbahaya dari udara.


2. Letakan Tanaman atau Air purifier di Dalam Ruangan

Untuk menjaga kualitas udara agar tetap bersih dan sehat, anda bisa memelihara tanaman hijau di dalam maupun diluar rumah. Pasalnya, tanaman hijau dapat menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen sehingga udara di dalam dan sekitar rumah menjadi lebih bersih.


Namun, perlu diperhatikan jika anda meletakan tanaman di dalam rumah atau ruangan yang tidak ada sirkulasi udara, sebaiknya pindahkan tanaman ke luar rumah pada malam hari. Alasannya adalah karena pada malam hari tanaman justru menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.


Selain dengan tanaman, anda juga bisa menggunakan air purifier untuk menjaga dan memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan. Air purifier dapat bekerja dengan cara menyedot udara yang kotor dari ruangan dan menyaringnya kemudian mengalirkannya kembali ke ruangan dengan kondisi yang lebih bersih.

pola hidup sehat

Sumber foto: Google


3. Terapkan Pola Hidup Sehat

Seperti yang sudah dijelaskan di paragraf atas bahwa cara melindungi diri dari berbagai penyakit akibat pencemaran udara adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Beberapa cara bisa anda lakukan, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat, beristirahat cukup, dan rajin mencuci tangan setelah beraktivitas.


Dengan menerapkan pola hidup sehat tersebut, sistem kekebalan tubuh akan lebih kuat sehingga anda tidak mudah sakit akibat paparan polusi udara dan kuman penyakit.


4. Hindari Sumber Asap yang Berbahaya

Penyebab polusi udara adalah paparan berbagai asap berbahaya seperti asap pembakaran sampah, rokok dan asap kendaraan bermotor yang memicu timbulnya gangguan kesehatan. 


Agar kesehatan tubuh tetap terjaga, sebaiknya hindari sumber asap-asap tersebut, seperti tidak merokok atau menjauhi orang yang sedang merokok serta tidak melakukan pembakaran sampah dan pastikan selalu memakai masker ketika beraktivitas diluar untuk meminimalisir tubuh menghirup terlalu banyak udara yang tercemar oleh zat-zat yang terkandung dalam asap tersebut.


5. Sediakan Obat-obatan dan Menu Makan Sehat

Untuk menjaga kekebalan tubuh dibutuhkan makanan bergizi setiap hari. Oleh karena itu, pastikan selalu mengonsumsi menu makan sehat yang diperoleh dari sayur-sayuran, buah-buahan dan biji-bijian.


Selain itu, anda juga bisa sediakan obat-obatan seperti obat batuk dan obat panas dalam. Namun, jika anda ingin lebih sehat dan alami, anda bisa mengandalkan jahe merah sebagai obat herbal untuk menjaga daya tahan tubuh dan sekaligus memberikan stamina. Jahe merah dikenal akan kandungan sehatnya yang mampu menangkal radikal bebas dari polusi udara.


Nah, itulah beberapa cara dalam melindungi diri dari berbagai penyakit akibat paparan polusi udara yang tidak sehat. Pastikan selalu menjaga kebersihan saat di rumah maupun diluar. Selain itu, selalu konsumsi makanan sehat setiap hari. Jika anda ingin lebih praktis dalam memenuhi kebutuhan gizi, anda bisa mengunjungi Healthy Choice. Klik di sini untuk belanja makanan dan camilan sehat.

 

Baca juga: Selain Pola Hidup Sehat, Ini Cara Mengobati Asam Urat dengan Cuka Apel

Baca juga: Mengandung Gizi Sehat, Ini Jenis Tepung yang Baik untuk Pola Hidup Sehat


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published