Benar Gak Sih Madu Alami Bisa Cegah Asam Lambung? Cek Faktanya

Benar Gak Sih Madu Alami Bisa Cegah Asam Lambung? Cek Faktanya

Pernah mengalami gejala asam lambung naik ke kerongkongan setelah makan? Ini bisa menjadi gejala kamu sedang mengalami refluks asam lambung alias asam lambung. Penyakit yang umum dialami banyak orang ini menyebabkan rasa tidak nyaman.

Tidak sedikit pula orang yang memilih pengobatan alami untuk meringankan gejala asam lambung karena merasa resep dokter tidak memberikan hasil signifikan. Salah satu bahan alami yang kerap kali menjadi pilihan adalah HC Wild Forest Honey.

Dalam pengobatan Ayurveda, madu merupakan bahan alami yang khasiatnya sudah dipercaya selama ribuan tahun. Berbagai penyakit pun bisa diatasi oleh madu, dan tidak sedikit penelitian yang mendukungnya. Termasuk kemampuannya untuk menenangkan tenggorokan dan mengurangi gejala asam lambung.

Dilansir dari Healthline, madu merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk meredakan masalah pencernaan, seperti tukak lambung dan diare. Sementara itu, madu juga bekerja untuk membantu meredakan gejala asam lambung. Menurut artikel yang dipublish dalam Journal of Medical Research, berikut manfaat utama dari madu untuk pencernaan:

Madu merupakan sumber antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel yang melapisi saluran pencernaan. Dengan mengonsumsi madu, berbagai kerusakan di dalam saluran pencernaan dapat dicegah dengan menghalau radikal bebas.

Madu dapat meredakan peradangan di kerongkongan.

Berkat teksturnya, madu bisa melapisi selaput lendir di kerongkongan dengan lebih baik. Hal ini akan membantu menjaganya lebih sehat dan terlindungi.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait efektivitas madu untuk mengobati refluks asam lambung.

Cara Menggunakan Madu untuk Mengatasi Asam Lambung

Dalam tinjauan klinis yang diterbitkan British Medical Journal, peneliti meyakini bahwa tekstur kental dari madu dapat membantu menjaga asam tidak naik. Salah seorang peneliti melihat adanya perubahan gejala setelah pemberian satu sendok teh madu.

Sumber foto: Google

Jadi untuk mengurangi asam lambung, kamu hanya perlu mengonsumsi satu sendok teh HC Wild Forest Honey, atau menyeduhnya dengan segelas air hangat. Makan yogurt atau minum segelas susu juga bisa memberikan efek menenangkan seperti madu.

Resiko Mengonsumsi Madu

Meski kaya manfaat, sayangnya tidak semua orang bisa mengonsumsi madu. Sebab, ada sebagian orang yang kadar gula darahnya terpengaruh akibat konsumsi madu. Bagi pengidap diabetes, gula darah rendah, atau sedang mengonsumsi resep obat tertentu yang memengaruhi gula darah, sebaiknya tanyakan lebih dahulu pada dokter sebelum mencoba pengobatan alami ini.

Selain itu, diskusikan juga dengan dokter jika ingin minum madu selama masa kehamilan dan menyusui. Pasalnya, madu tidak boleh diberikan pada anak di bawah usia 12 bulan, karena berisiko botulisme.

Pemilik alergi madu juga tidak boleh mencoba pengobatan alami ini. Jika mengalami efek samping yang tidak biasa, sebaiknya segera hentikan penggunaan madu dan segera lakukan perawatan medis.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Meski penelitian terkait penyakit asam lambung dan madu masih terbatas, namun masih banyak orang yang percaya bahwa bahan alami ini aman dan ampuh untuk mengobatinya. Kamu ingin mencoba madu untuk mengatasi gejala refluks asam lambung? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Dosis yang dianjurkan yaitu sekitar satu sendok teh per hari.
  • Pengidap diabetes sebaiknya menghindari madu karena dapat memengaruhi kadar gula darah.
  • Kebanyakan orang mengonsumsi madu tanpa mengalami efek samping, sehingga bahan ini tergolong aman dikonsumsi.

Itulah sedikit informasi yang perlu kamu ketahui tentang kaitan madu dengan penyakit asam lambung. Kamu ingin mencobanya? Sebaiknya pilihlah madu alami yang minim proses pengolahan dan tanpa bahan tambahan apapun karena nutrisi dan khasiat di dalamnya masih terjaga.

Salah satu pilihan madu alami terbaik adalah HC Wild Forest Honey yang bisa kamu dapatkan sekarang di Healthy Choice.


Baca juga: Begini Caranya Menjaga Kualitas Madu Alami Agar Segarnya Awet!

Baca juga: Kenali Ciri Madu Asli dan Cara Membedakannya Sebelum Konsumsi


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published