Bisa Bikin Panjang Umur, Kenali Kandungan Sehat di Beras Hitam

beras hitam

Sudah pernah dengar tentang beras hitam? Beras ini biasanya juga dikenal ‘forbidden rice’ atau ‘emperor rice’. Beras hitam kini semakin populer karena tingginya kandungan antioksidan dan nutrisi di dalamnya yang luar biasa.

Kandungan Nutrisi di Dalam Beras Hitam

Nasi hitam terlihat unik karena warnanya yang hitam keunguan. Warna tersebut berasal dari kandungan antosianin, yang merupakan jenis antioksidan.

Menurut Food Data Central U.S. Department of Agriculture, dibanding jenis beras lainnya, beras hitam adalah salah satu yang mengandung protein paling tinggi. Setiap 100 gram beras hitam mengandung 9 gram protein, sementara dalam beras merah hanya 7 gram. Beras hitam juga menjadi sumber zat besi, yaitu mineral penting yang berperan sebagai pembawa oksigen dalam tubuh.

Dalam 45 gram beras hitam mentah terkandung beberapa nutrisi, seperti:

  • 160 kalori
  • 1,5 gram lemak
  • 4 gram protein
  • 34 gram karbohidrat
  • 1 gram serat
  • 6% zat besi dari kebutuhan harian

Beras jenis ini juga tinggi antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Senyawa ini sangat penting karena radikal bebas kerap dikaitkan sebagai penyebab dari beberapa penyakit kronis, seperti Alzheimer hingga kanker.

Daftar Manfaat Beras Hitam

beras hitam

Sumber foto: Google

Meski kurang populer jika dibandingkan dengan varietas beras lainnya, penelitian membuktikan bahwa secara keseluruhan, beras hitam menyimpan kapasitas dan aktivitas antioksidan paling tinggi.

Selain antosianin, beras ini juga memiliki lebih dari 23 senyawa tumbuhan dengan sifat antioksidan, termasuk karotenoid dan flavonoid. Selain menjaga kesehatan, beras hitam juga memiliki manfaat untuk diet, di antaranya yaitu:

  • Membantu Menurunkan Berat Badan
  • Kandungan protein dan serat di dalam beras hitam dapat membantu menurunkan kelebihan berat badan. Selain itu, serat juga membantu menekan nafsu makan dan membuat rasa kenyang lebih lama.

    Menurut hasil penelitian, mengonsumsi nasi dari campuran beras hitam dan merah sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Khususnya bagi pelaku diet rendah kalori.

  • Bebas Gluten
  • Gluten merupakan jenis protein yang biasa ditemukan dalam biji-bijian sereal seperti gandum dan barley. Karena itu, beras hitam bisa menjadi pilihan terbaik bagi para penderita alergi gluten atau celiac.

    Perlu diketahui, orang yang sensitif dengan gluten dapat merasakan efek samping seperti nyeri perut dan kembung.

  • Mengontrol Gula Darah
  • Manfaat lainnya dari beras hitam yaitu mampu mengontrol kadar gula dalam darah agar tidak melonjak. Mencampurnya dengan beras merah diketahui dapat menekan kadar gula darah, khususnya bagi pengidap diabetes tipe 2.

  • Membantu Menjaga Kesehatan Hati
  • Hati adalah salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia yang berperan untuk mengubah nutrisi dari asupan makanan menjadi energi. Hati juga berfungsi untuk membantu detoksifikasi tubuh. Beras hitam mampu menghilangkan zat beracun berkat fitonutrien di dalamnya yang efektif mengurangi stres oksidatif. 

  • Melancarkan Pencernaan
  • Kandungan serat yang tinggi di dalam beras hitam mampu menambah “massa” ke dalam feses. Serat juga dapat membantu mengatasi, mencegah atau menyembuhkan berbagai masalah pencernaan. Serat bisa meningkatkan pergerakan usus dan mengatasi sembelit. 

    Menurut sejumlah penelitian, mengonsumsi makanan tinggi serat dari varietas gandum dan padi terbukti dapat melindungi dari risiko gangguan pencernaan, salah satunya Irritable Bowel Syndrome (IBS).

    Itu dia berbagai informasi terkait kandungan nutrisi di dalam beras hitam hingga berbagai manfaatnya bagi kesehatan. Jika tertarik membelinya, Anda bisa membeli Healthy Choice Beras Special Blend (Whole Grain) yang merupakan campuran beras hitam, merah dan coklat organik.

     

    Baca juga: Jangan Salah Pilih! Ini Bedanya Beras Ketan Hitam dan Beras Hitam

    Baca juga: Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published