Bisa Jadi Pengganti Daging, Daftar Makanan Sehat ini Kaya Protein

Bisa Jadi Pengganti Daging, Daftar Makanan Sehat ini Kaya Protein

Meskipun tidak makan daging, siapa bilang kaum vegan dan vegetarian tak bisa mendapatkan protein? Perlu diketahui bahwa ada beberapa makanan pengganti daging yang tak kalah enak. Makanan tersebut terbuat dari sumber nabati. Tentu saja hal ini menjadi kabar baik bagi anda yang sedang menjalani program diet.


Diet vegan dan vegetarian sendiri berhubungan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan kolesterol, penurunan tekanan darah, hingga index massa tubuh. Namun, yang perlu dicatat adalah asupan makanan pun harus seimbang dengan nutrisi yang lengkap, dan salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan adalah protein. Oleh karenanya, tanpa daging anda bisa mendapatkan protein dari berbagai makanan sehat lainnya.


Makanan yang Mengandung Protein Pengganti Daging


makanan sehat

Sumber foto: Google


Daging memang menjadi pilihan sumber protein yang lezat, meski demikian kaum vegan dan vegetarian tetap bisa memperoleh asupan protein dari makanan lainnya. Bahkan tak kalah enak dan bergizi. 


  1. Kacang Hijau

Kacang hijau organik sering kali diolah menjadi berbagai menu atau kudapan sehat. Setiap 160 gram kacang hijau organik matang mengandung hampir 9 gram protein. Selain itu, jenis kacang tersebut kaya akan nutrisi seperti serat, tiamin, folat, vitamin (vitamin A, C, K), dan mineral (mangan, magnesium, fosfor, seng, zat besi) Kandungan protein pada kacang hijau organik yang baik untuk kesehatan, bisa menjadi pengganti daging, terlebih dikonsumsi saat diet.


  1. Lentil

Rekomendasi makanan pengganti daging yang kaya protein berikutnya adalah lentil. Dikutip dari Healthline, terdapat sebanyak 198 gram lentil mengandung 18 gram protein. Dengan jumlah yang sama, kandungan serat pada lentil dapat memenuhi setengah kebutuhan serat harian. Jenis serat pada lentil terbukti memberi makan bakteri baik bagi usus besar sehingga pencernaan lebih sehat.


  1. Seitan

Seitan sendiri terbuat dari gluten gandum, yakni gandum yang diolah dengan dihilangkan kandungan patinya. Hasilnya berupa makanan padat protein dengan tekstur mirip ayam dan rasa ringan. Seitan banyak digunakan untuk produk daging tiruan. Setiap 4 ons seitan mengandung 28 gram protein. Selain itu, seitan juga mengandung riboflavin, niacin, dan vitamin B6.


Meskipun mengandung banyak gizi, seitan tidak dianjurkan untuk pengidap celiac atau penyakit autoimun. Pasalnya asupan gluten dapat memicu penyakit kambuh.


  1. Tahu

Tahu atau olahan kedelai juga bisa menjadi pengganti daging, dan mengandung protein yang tinggi.  Selain itu, tahu memiliki kandungan asam amino esensial yang penting untuk tubuh. Dikutip dari Medical News Today, terdapat 250 gram tahu mengandung 20 gram protein.


Rasanya yang netral bisa menjadi olahan berbagai menu masakan. Bahkan, beberapa orang menggunakan tahu sebagai pengganti telur atau mencampurkan ke dalam masakan berkuah.


  1. Tempe

Selain tahu, ada juga tempe makanan kaya protein pengganti daging. Sama halnya tahu, tempe merupakan makanan olahan kedelai yang masih utuh dan memulai proses fermentasi. Sebanyak 166 gram tempe mengandung 33,7 gram protein. Selain protein, tempe juga memberikan asupan kalsium, magnesium, vitamin B6, dan zat besi.


Jadi, sudah tahu kan kalau makanan yang mengandung protein juga bisa didapatkan tanpa harus mengonsumsi daging. Daftar makanan sehat tersebut bahkan bisa anda dapatkan dengan mudah. Nah, jika anda membutuhkan produk makanan sehat kaya protein seperti Kacang organik atau gandum utuh, anda bisa berbelanja di Healthy choice. Klik di sini untuk mendapatkan berbagai makanan dan camilan sehat favorit anda.

 

Baca juga: Sering Diolah Menjadi Makanan Sehat, Ini Manfaat Tepung Beras untuk Kecantikan

Baca juga: Pilihan Makanan Sehat untuk Mencegah Anemia pada Ibu Hamil


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published