Bisa Obati Sariawan Secara Alami, Ini Khasiat Tersembunyi Cuka Apel

cuka apel

Kalau sedang sariawan, makan pun rasanya jadi tidak berselera karena terasa perih di dalam mulut. Sariawan merupakan infeksi yang diakibatkan oleh jamur candida. Selain di mulut, kondisi ini juga dapat terjadi pada bagian tubuh lain. Jika sedang sariawan, bagaimana cara kamu mengobatinya?

Jangan buru-buru beli obat, ada tips sehat untuk mengobati sariawan dengan cuka apel. Perlu kamu ketahui, cuka apel bersifat anti-jamur yang mampu melawan candida, penyebab sariawan.

Yup! Bahan yang biasa dijadikan sebagai dressing salad pada menu makan sehat ini juga bisa mengobati sariawan. Mengobati sariawan dengan cuka sari apel juga mudah, kamu hanya perlu mengoleskannya pada area yang terinfeksi.

Apakah Cuka Apel Benar-benar Ampuh untuk Mengobati Sariawan?

cuka apel
Sumber foto: Google

Secara ilmiah, sari apel terbukti memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Cuka jenis ini juga efektif untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah mencapai tahap keropeng, sariawan bisa sembuh dengan lebih cepat.

Sifat antiseptik pada cuka sari apel juga berkhasiat untuk menekan risiko infeksi sekunder akibat sariawan.

Untuk membuktikannya, kamu bisa mencoba menggunakan cuka apel untuk mengobati sariawan dengan beberapa metode berikut ini.

  • Cuka Apel yang Diencerkan
    • Campurkan cuka sari apel dengan air.
    • Rendamlah kapas dalam larutan cuka apel dan oleskan pada sariawan satu hingga dua kali sehari hingga sembuh.
    • Jangan gunakan cuka apel murni pada kulit, sebab bisa membakar atau menyebabkan iritasi area yang parah dan mengakibatkan jaringan parut.
  • Cuka Apel dan Madu
    • Campurkan cuka apel yang telah diencerkan dengan madu hingga berbentuk pasta.
    • Kemudian oleskan campuran tersebut ke area sariawan satu sampai dua kali sehari selama 5-10 menit.
    • Oleskan dengan kain atau kapas secara lembut. Madu bisa menempel di korek, karena itulah sebaiknya tarik sebelum waktunya agar tidak terlalu sakit saat dilepaskan.

  • Cuka Apel dan Tea Tree Oil
  • Tea tree oil terbukti memiliki sifat antivirus dan mampu mengurangi peradangan. Tips sehat mengobati sariawan dengan cuka sari apel dan tea tree oil yaitu:

    • Encerkan lima tetes tea tree oil.
    • Campurkan cuka sari apel dengan minyak yang sudah diencerkan
    • Gunakan larutan tersebut untuk mengobati sariawan. Caranya, oleskan satu hingga dua kali sehari dengan kapas, dan biarkan di area sariawan selama lima menit.
    • Ulangi cara pengobatan ini hingga sariawan benar-benar sembuh.

    Jangan sampai tea tree oil tertelan, karena bisa menjadi racun. Perlu diingat, tea tree oil dapat menyebabkan iritasi kulit, sehingga mungkin tidak cocok untuk semua orang.

    Meski bersifat basa, cuka yang terbuat dari ekstrak buah apel ini memiliki sifat asam. Karena itu, sebaiknya jangan gunakan cuka apel murni pada kulit atau sariawan, terutama apabila luka terbuka atau pada area sensitif. Ini bisa mengakibatkan perih, iritasi, hingga luka bakar serius.

    Sariawan sebenarnya mudah diobati pada orang-orang yang sehat. Namun, jika gejalanya bertambah buruk dan sulit diobati dengan pengobatan alami, segera konsultasikan dengan dokter.

    Agar terhindar dari masalah ini, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan mulut ya. Jangan lupa terapkan pola hidup sehat agar kesehatan tubuh selalu terjaga.

    Ingin beli cuka apel untuk obat sariawan maupun dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga kesehatan tubuh? Langsung saja ke website Healthy Choice yang menyediakan aneka bahan makanan sehat, klik di sini.

     

    Baca juga: Khasiat Minyak Zaitun untuk Wanita, Tak Hanya untuk Kecantikan Tapi juga Kesehatan

    Baca juga: Tips Mengolah Minyak Zaitun untuk MPASI, Bunda Wajib Tahu


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published