Cegah Asma Kambuh, Lakukan Prinsip Pola Hidup Sehat Ini Setiap Hari

pola hidup sehat

Selain menggunakan obat, penderita asma juga disarankan menjalani pola hidup sehat untuk mencegah gejala sering kambuh. Memang terdengar klise, tapi hal sederhana ini terbukti bisa memberi pengaruh positif untuk kesehatan. Bingung bagaimana memulainya? Simak dulu yuk ulasan di bawah ini!

Pola Hidup Sehat Bagi Penderita Asma

Melakukan pola hidup sehat tanpa strategi yang tepat, mungkin akan membuatmu cepat menyerah. Agar tidak salah langkah, berikut ini tips menjalani pola hidup sehat untuk pengidap asma. Simak baik-baik ya!

Hindari Kebiasaan Merokok

Merokok bisa menyebabkan saluran pernapasan iritasi dan meradang sehingga memicu gejala asma. Itulah mengapa orang yang masih aktif merokok lebih rentan mengalami serangan asma secara tiba-tiba.

Selain mencegah gejala asma kembali kambuh, berhenti merokok juga bisa melindungi paru-paru dari berbagai risiko penyakit.

Tidak mudah memang untuk menghentikan kebiasaan ini. Tapi dengan niat dan tekad yang kuat, berhenti merokok bukan hal yang mustahil bukan?

Rutin Berolahraga

Punya asma bukan berarti tidak boleh berolahraga. Dengan persiapan yang cukup, kamu bisa berolahraga tanpa perlu khawatir asma kambuh.

Pilih jenis olahraga yang tidak memberi tekanan berlebih pada paru-paru. Salah satu jenis olahraga yang sering dianjurkan dokter untuk penderita asma adalah berenang. Selain itu, jalan kaki, bersepeda, yoga, dan pilates juga bisa menjadi pilihan lainnya.

Atur Pola Makan

pola hidup sehat

Sumber foto: Google

Asma bisa lebih mudah kambuh kalau kamu punya riwayat asam lambung tinggi seperti maag atau GERD. Penyakit asam lambung ini biasanya dipicu oleh pola makan tidak teratur, terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, dan langsung makan dalam porsi terlalu banyak.

Karena itulah makan teratur harus dijalankan oleh pengidap asma. Lalu, bagaimana dengan menu makanannya? Sebenarnya, tidak ada jenis diet maupun makanan khusus bagi penderita asma.

Namun, para ahli menganjurkan orang dengan penyakit ini untuk mengonsumsi banyak buah, sayuran, dan rempah seperti jahe serta kunyit.

Asupan lemak sehat juga dibutuhkan oleh penderita asma, selain minyak zaitun, ikan berlemak seperti sarden, salmon, dan tuna juga bagus.

Makanan sehat ini tinggi akan antioksidan dan berbagai vitamin serta mineral yang mampu mencegah peradangan di saluran pernapasan.

Kelola Stres

Deadline pekerjaan terasa mencekik? Hati-hati, stres bisa menyebabkan kekambuhan asma secara tiba-tiba. Stres biasanya juga membuatmu kurang tidur, yang akhirnya menyebabkan tubuh lebih mudah sakit. Karena itu, hal sederhana untuk menghindari stres yang bisa kamu lakukan adalah dengan cukup tidur.

Jadi untuk kamu yang memiliki asma, usahakan cukup waktu tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam. Tidur sendiri adalah kebutuhan primer untuk menjaga tubuh maupun pikiran tetap sehat.

Pilihan lainnya untuk mengatasi asma akibat stres yakni dengan bermeditasi. Caranya, carilah tempat yang sepi dan nyaman untuk duduk santai. Kamu bisa duduk sambil bersandar atau bersila dengan kedua tangan di atas lutut.

Kemudian, pejamkan mata dan lemas kan bahu agar lebih rileks. Ambil nafas lalu hembuskan perlahan. Ulangi beberapa kali sampai semua stres yang kamu rasakan ikut terlepas saat menghembuskan napas.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kekambuhan asma. Sebagai bagian dari pola hidup sehat, sekarang kamu bisa mendapatkan berbagai bahan pangan di Healthy Choice. Selain itu, Healthy Choice juga tersedia snack sehat yang praktis dan aman dikonsumsi kapan pun.

 

Baca juga: Cegah Gagal Jantung Sedini Mungkin, Ini Pola Hidup Sehat yang Tepat

Baca juga: 5 Kegiatan Pola Hidup Sehat yang Wajib Dilakukan Di Usia Kepala Tiga


Posting Lama Posting Baru

Tinggalkan komentar

Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan