Cegah Gagal Jantung Sedini Mungkin, Ini Pola Hidup Sehat yang Tepat

pola hidup sehat

Gagal jantung menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi, tapi miris karena kehadirannya jarang disadari. Padahal cara mengurangi risiko terserang penyakit ini sebenarnya tidak terlalu sulit karena bisa dilakukan dengan menjalankan pola hidup sehat. Tapi, pola hidup sehat seperti apa yang harus dilakukan? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Mencegah Gagal Jantung dengan Pola Hidup Sehat

Penyakit ini terjadi saat jantung tidak bisa memompa darah ke seluruh tubuh secara maksimal. Untuk mencegah penyakit jantung satu ini, ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan. 

Menerapkan pola hidup sehat menjadi cara paling mudah untuk menghindari terserang penyakit gagal jantung. Berikut pola hidup sehat yang bisa diterapkan untuk mengurangi risiko gagal jantung.

pola hidup sehat

Sumber foto: Google

  • Rutin Mengontrol Kesehatan Jantung
  • Mengingat kehadiran penyakit ini seringkali tidak disadari, mengontrol kesehatan jantung secara rutin bisa menjadi salah satu langkah pencegahan. Dengan pemeriksaan rutin, gangguan pada jantung bisa ditangani oleh dokter sedini mungkin.

  • Tidak Merokok
  • Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Karena kebiasaan ini bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL), yang kemudian menumpuk pada pembuluh darah (aterosklerosis).

    Bukan itu saja, merokok juga membuat jantung berdetak lebih cepat, berisiko penggumpalan darah dan hipertensi. 

  • Jaga Berat Badan Ideal
  • Obesitas juga meningkatkan risiko gagal jantung. Saat kelebihan berat badan, biasanya akan diikuti dengan beberapa kondisi seperti kolesterol tinggi, diabetes dan hipertensi. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan gagal jantung.

    Nah, upaya yang bisa dilakukan untuk mencegahnya yaitu dengan menjaga berat badan tetap ideal. Selain itu, disarankan untuk menerapkan pola makan yang menyehatkan jantung maupun tubuh secara keseluruhan, seperti diet mediterania, diet nutrigenomik dan mengonsumsi makanan rendah garam.

  • Rutin Olahraga
  • Salah satu manfaat olahraga secara rutin yaitu mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dan mengontrol tekanan darah. Dengan begitu, risiko penyakit gagal jantung pun juga ikut berkurang.

    Untuk mencegah penyakit ini, sebaiknya lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Tidak perlu yang terlalu berat, olahraga dengan intensitas sedang sudah membantu menekan risiko penyakit ini.

  • Kelola Stres
  • Stres juga bisa meningkatkan risiko penyakit gagal jantung. Stres dapat memicu tekanan darah tinggi alias hipertensi, yang merupakan salah satu penyebab utama gagal jantung. Sebab itulah, penting untuk mengelola stres dengan baik. Meditasi, jalan-jalan ke alam bebas atau yoga bisa menjadi pilihan aktivitas untuk menekan stres.

  • Istirahat yang Cukup
  • Kurang tidur menjadi salah satu faktor meningkatnya risiko gangguan jantung. Karena itu, pastikan istirahat yang cukup setiap harinya untuk mencegah terserang penyakit gagal jantung.

    Bagi orang dewasa, durasi tidur yang dianjurkan adalah tujuh sampai delapan jam per hari. Jadi, mulai terapkan tips satu ini untuk menjaga kesehatan jantung.

  • Terapkan Pola Makan Sehat
  • Kebiasaan makan makanan yang tidak sehat juga meningkatkan risiko gagal jantung. Apalagi, kalau terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula dan garam.

    Sebagai gantinya, ubah pola makan jadi lebih sehat dengan memperbanyak makan sayur, buah, kacang-kacangan dan ikan. Makanan-makanan ini akan membantu mengontrol tekanan darah, kadar gula darah dan kolesterol.

    Apalagi kalau yang dikonsumsi adalah makanan organik, tentu manfaatnya semakin berlipat karena nutrisinya yang lebih tinggi. 

    Nah, untuk mendapatkan berbagai bahan pangan organik yang jelas kualitasnya dan menunjang pola hidup sehat Anda, langsung saja dapatkan di Healthy Choice ya.

     

    Baca juga: 5 Kegiatan Pola Hidup Sehat yang Wajib Dilakukan Di Usia Kepala Tiga

    Baca juga: 7 Kebiasaan Saat Makan Ini Bisa Menjaga Pola Hidup Sehat Anda


    Posting Lama Posting Baru

    Tinggalkan komentar

    Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan