Diet saat Bulan Puasa? Ini Rekomendasi Makanan Sehat untuk Jaga Berat Badan

makanan sehat

Apakah anda sedang menjalankan program diet di bulan puasa saat ini? Jika demikian, maka anda sebaiknya harus memperhatikan menu makanan sehat berikut ini. Bulan puasa merupakan momen spesial untuk umat muslim di seluruh dunia. Sebab pada bulan tersebut mereka harus menjalankan ibadah puasa dengan menahan lapar serta haus selama sebulan penuh. 


Selain mendapatkan pahala, puasa diyakini memberikan banyak manfaat menyehatkan. Bahkan tak jarang banyak orang memanfaatkan momen puasa untuk menjalankan program diet. Hal ini tentu saja sangat baik, mengingat anda bisa mengurangi porsi makan sembari menjalankan puasa. Namun apakah itu saja sudah cukup? Tentu saja tidak. Jika anda ingin mencapai berat badan ideal selama puasa, tentunya harus dibarengi dengan menyantap makanan yang rendah kalori, tinggi serat hingga kaya akan protein dan vitamin.


Oleh karena itu, anda harus betul-betul memperhatikan asupan selama puasa. Nah, sebagai rekomendasi berikut ini daftar makanan sehat untuk menjaga berat badan selama puasa.


  1. Teh dan Buah Kurma

Sesaat setelah waktu berbuka puasa tiba, segera anda minum teh hangat lalu menyantap tiga buah kurma untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang selama berpuasa. Perlu anda ketahui bahwa kurma merupakan buah yang kaya manfaat dan mengandung nutrisi yang baik untuk diet seperti potasium, magnesium, zat besi, vitamin B6 hingga fiber yang dapat memperlancar pencernaan.


Bahkan dalam sebuah penelitian yang dikutip dari British journal of Nutrition, melibatkan 21 orang mengonsumsi 7 buah kurma per hari selama 21 hari. Hasilnya mereka mengalami peningkatan frekuensi buang air besar (BAB) yang signifikan dibandingkan ketika mereka tidak memakan kurma. Oleh karena itu pastikan anda menyetok buah kurma sebagai menu makanan sehat untuk diet selama puasa.


  1. Beras Merah

Beras merah identik sebagai salah satu menu buka puasa untuk diet yang wajib ada dalam piring. Nasi merah dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi sehingga baik untuk diet. Tak hanya itu saja, menurut penelitian beras merah juga memiliki kandungan protein, serat, dan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan beras putih.


Faktanya dikutip dari Asian-Australasian Journal of Animal Sciences penelitian menunjukkan bahwa beras merah secara signifikan lebih berpotensi untuk melawan radikal bebas dan mengandung antioksidan flavonoid yang lebih tinggi daripada beras coklat.


Dalam hal ini, kandungan flavonoid dalam nasi merah dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, menjaga kadar radikal bebas, dan mengurangi risiko kondisi kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

 

makanan sehat

Sumber foto: Google


  1. Salad Buah

Tahukah anda bahwa mereka yang sering mengonsumsi lebih banyak buah setiap harinya dapat menghindarkan diri dari obesitas maupun kelebihan berat badan. Salad buah bisa jadi menu makanan sehat untuk berbuka puasa dan sekaligus mendukung diet anda. Namun pastikan kandungan buahnya lebih banyak dibandingkan saus atau dressingnya.


  1. Sandwich Gandum

Masih dalam rangka menemukan makanan sehat berbuka untuk diet. Cobalah mengganti nasi yang biasa kamu konsumsi dengan roti gandum. Gandum sama dengan beras, yaitu sama-sama dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik.


Kamu bisa menikmati roti gandum dalam bentuk sandwich. Layaknya sandwich biasa, kamu bisa menggunakan tambahan telur dan daging ham atau daging asap sebagai bahan isian sekaligus sumber protein. Tak lupa juga untuk menambahkan potongan sayur wortel, timun, selada dan tomat agar terasa lebih segar dan sedap. 


  1. Oatmeal Daging

Salah satu kunci sukses dalam memilih menu diet saat puasa adalah dengan mengganti karbohidrat dari nasi dengan sumber lainnya. Misalnya oatmeal, makanan berasal dari tumbuhan serealia yang cukup mengenyangkan. Umumnya makanan tersebut dicampur dengan buah-buahan. Tapi untuk menu berbuka puasa atau sahur, anda bisa menyajikan oatmeal dengan kombinasi daging.


Oatmeal daging adalah pilihan menu sehat yang tepat untuk menemani program diet di kala puasa. Anda bisa menggunakan campuran oatmeal dengan daging panggang atau rebus untuk menghindari minyak yang berlebihan.

Tidak lupa lengkapi juga dengan telur dadar yang dimasak bersama bayam merah, dan kacang merah yang direbus. Menu makanan sehat ini tentu saja bisa menambah selera makan anda dan sekaligus memberikan rasa kenyang maksimal.


Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencoba menu makanan sehat di atas? Selain memperhatikan asupan gizi, anda juga wajib menerapkan pola hidup sehat selama menjalankan puasa dan diet dengan beristirahat cukup, memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan pastikan untuk selalu berolahraga meskipun dalam waktu singkat dan ringan.


Sebagai pendukung program diet, anda juga bisa mencoba menu makanan sehat lainnya di sini. Berbagai camilan sehat dan menu makanan organik dari Healthy Choice bisa anda nikmati. Tentunya akan lebih praktis dan terjangkau. Selamat mencoba.

 

Baca juga: Panduan Pola Hidup Sehat dengan Diet Bebas Gula, Yuk Terapkan Sekarang

Baca juga: 5 Pola Hidup Diet Sehat di Tahun 2023, Yuk Bijak Pilih Camilan dan Wajib Sarapan


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published