Jadi Nggak Perlu Ke Salon, Ini Cara Meluruskan Rambut dengan Masker Alami

tepung beras

Sudah tahu belum kalau kamu juga bisa membuat masker rambut alami untuk rambut lurus di rumah? Bahan-bahannya pun mudah didapatkan loh. Bahkan, bahan dapur seperti tepung beras dan telur pun bisa dijadikan masker rambut. Lalu, bagaimana cara membuatnya?


1. Santan dan Lemon

Masker alami agar rambut lurus yang pertama ini terbuat dari santan dan lemon. Bahan yang harus disiapkan adalah 1/4 cangkir santan dan satu sendok air lemon. Aduk hingga merata dan diamkan semalam.

Setelah itu, aplikasikan campuran ini ke akar hingga ujung rambut. Diamkan sekitar 30 menit lalu keramas hingga bersih.

Campuran kedua bahan ini memberi dorongan vitamin C pada kulit kepala. Masker ini akan membuat rambutmu lebih halus dan lembut. 

 

2. Pisang dan Pepaya

Siapkan satu buah pisang matang dan sepotong pepaya. Haluskan keduanya, lalu oleskan ke rambut dan biarkan selama 45 menit atau hingga masker kering. Setelah itu bersihkan dengan sampo.

Masker yang bisa digunakan seminggu sekali ini disebut-sebut mampu melembutkan rambut dan membuatnya lebih berkilau.

 

3. Tepung Beras dan Telur

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan adalah sebutir telur, 5 sendok tepung beras, secangkir fullers earth, dan 1/4 cangkir susu. Campur semua bahan tersebut hingga berbentuk adonan.

Kemudian, aplikasikan ke seluruh bagian rambut dan diamkan sekitar 1 jam. Semua bahan-bahan yang terkandung di dalam masker ini bisa memperbaiki rambut rusak dan meluruskannya.

minyak zaitun

Sumber foto: Google

4. Telur dan Minyak Zaitun

Siapkan 2 butir telur dan 3 sendok makan minyak zaitun. Campurkan keduanya dan aduk sampai rata. Setelah itu, aplikasikan ke rambut dan diamkan 1 jam. Telur kaya akan protein yang dapat membantu menyehatkan dan menghaluskan rambut. Sedangkan minyak zaitun berperan sebagai kondisioner rambut. Menggunakan kedua bahan ini akan membuat rambutmu lebih lembut dan lurus.


5. Susu dan Madu

Selain tepung beras dan telur, bahan makanan lainnya yang bisa digunakan untuk masker rambut adalah susu dan madu. Persiapkan secangkir susu dan dua sendok madu. Campur keduanya sampai merata. Setelah itu, oleskan ke rambut dan diamkan sekitar 2 jam. 

Kandungan protein dalam susu membantu menjaga kesehatan dan kekuatan rambut. Sementara madu berfungsi sebagai emolien yang menjaga kelembapan rambut dan mengatasi rambut kusut.


6. Hot Oil

Campurkan masing-masing satu sendok minyak jarak (castor oil) dan minyak kelapa. Setelah tercampur, panaskan hingga minyak terasa hangat. Kemudian, oleskan ke kulit kepala dan batang rambut secara merata.

Setelah mengoleskannya, pijat kulit kepala sekitar 15 menit dan biarkan sekitar 30 menit.

Minyak jarak diyakini dapat mengendalikan rambut keriting dengan membuatnya terasa lebih lembut dan terhidrasi. Selain membuat rambut lurus, cara ini juga bisa membuatnya tampak lebih berkilau.


7. Gel Lidah Buaya

Masker rambut satu ini pasti sudah sangat populer dan banyak orang yang tahu. Kamu hanya perlu menyediakan 1/4 cangkir minyak kelapa atau minyak zaitun, dan 1/4 cangkir lidah buaya.

Sebelum dicampurkan, hangatkan lebih dahulu minyak yang akan digunakan. Lalu campurkan gel lidah buaya dan aduklah sampai merata. Oleskan langsung ke rambut dan diamkan sekitar 40 menit, setelah itu keramas dengan sampo hingga bersih.

Lidah buaya mengandung enzim yang dapat menjaga kehalusan rambut dan mendorong pertumbuhannya. Senyawa dalam lidah buaya mampu menembus bayang rambut dan menghaluskan serta menghidrasinya.


Itulah beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat masker alami agar rambut lurus. Nah, kamu bisa mendapatkan tepung beras untuk masker rambut alami di Healthy Choice. Belanja jadi lebih mudah hanya dengan sekali klik di sini.

 

Baca juga: Benarkah Minyak Zaitun Berkhasiat Meredakan Sembelit? Cek Faktanya

Baca juga: Benarkah Minyak Zaitun Ampuh Obati Jerawat? Ini Faktanya


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published