Kenali Bahaya Kekurangan Cairan Saat Cuaca Panas, Ini Anjuran Dokter untuk Hidup Sehat

hidup sehat

Air adalah komponen terbesar dalam tubuh yang memiliki fungsi penting, mulai dari melarutkan racun, melindungi organ tubuh, mengeluarkan kotoran, mengatur suhu badan, memaksimalkan kinerja otak, hingga sebagai pelumas sendi. Menerapkan tips sehat untuk mencukupi kebutuhan air harian pun penting dilakukan, apalagi saat cuaca panas.

Pentingnya Minum Air Putih Ketika Cuaca Panas

Ketika cuaca panas, salah satu cara bagi tubuh untuk menormalkan suhu badan adalah dengan mengeluarkan keringat lewat pori-pori. Nah, karena keluarnya keringat ini cairan di dalam tubuh pun berkurang, sehingga muncul rasa haus sebagai tanda bahwa badan perlu asupan air.

Kalau cuaca panas dan kamu merasa haus tapi tidak segera minum, tubuhmu bisa mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Kondisi ini menyebabkan bibir dan tenggorokan kering, sulit konsentrasi, sakit kepala, lemas, bahkan pingsan.

Apa Bahayanya Kekurangan Cairan Saat Cuaca Panas?

Otak merupakan organ tubuh yang memiliki kandungan air paling tinggi. Jadi, tidak heran kalau kita akan sulit fokus atau konsentrasi saat tubuh kekurangan cairan, misalnya ketika haus dan kepanasan.

Selain otak, organ tubuh lainnya juga merasakan dampak kekurangan cairan, sehingga muncul beberapa gejala seperti mulut kering, mudah lelah, jarang buang air kecil, atau urine jadi lebih sedikit dan warnanya gelap. Berikut ini beberapa bahaya jika tubuh kekurangan cairan:

  • Sembelit
  • Saluran pencernaan membutuhkan cairan yang cukup untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi dengan baik. Karena itu, jika kurang minum air, proses pencernaan pun akan terganggu dan buang air besar jadi tidak lancar.

    Sulit buang air besar, atau sembelit merupakan keluhan yang sering muncul karena kurang minum air putih. Sebab, kekurangan cairan membuat feses lebih kering, sehingga sulit dikeluarkan.

  • Mulut Kering
  • Selain haus, bibir dan mulut kering dapat menjadi gejala bahwa tubuh mengalami kekurangan cairan. Kondisi tersebut dapat terjadi karena air dibutuhkan untuk membentuk air liur yang berfungsi untuk membasahi bagian dalam mulut. Jika asupan air kurang, produksi air liur ikut berkurang, sehingga mulut menjadi kering.

    Jika dibiarkan, keluhan mulut kering dapat menyebabkan bahaya yang lebih parah, seperti bau mulut, gigi berlubang, penyakit gusi, infeksi jamur di dalam mulut, hingga gangguan gizi karena sulit mengunyah makanan. Kalau sudah begitu, kandungan nutrisi dalam menu makan makan sehat yang kamu konsumsi pun tidak dapat terserap dengan maksimal.

    hidup sehat

    Sumber foto: Google

  • Kulit Kering dan Kusam
  • Saat tubuh mengalami dehidrasi, sebaik apapun skincare yang kamu gunakan, hasilnya tidak akan optimal.

    Jika cairan dalam tubuh kurang, kelembaban tubuh pun berkurang. Kondisi ini akan menyebabkan kulit kering, bersisik, gatal, dan kusam. Bukan itu saja, kerutan halus di wajah juga akan bermunculan.

  • Kerusakan Ginjal
  • Air juga berfungsi untuk melarutkan zat beracun dan sisa metabolisme dalam tubuh, sehingga dapat dikeluarkan lewat ginjal dalam bentuk urine. Jika kekurangan cairan, proses tersebut akan terganggu. Akibatnya, limbah dan asam di dalam tubuh akan menumpuk, yang akhirnya mengakibatkan kerusakan ginjal.

    Ini bisa menyebabkan batu ginjal dan infeksi saluran kemih (ISK). Keduanya bisa terjadi jika buang air kecil tidak lancar karena kekurangan cairan untuk membentuk urine, dan akhirnya merusak ginjal.

  • Mempengaruhi Suasana Hati
  • Kamu sering merasa uring-uringan, sedih, tidak bersemangat, atau tidak mood? Mungkin ini bukan karena gangguan psikologis dan hanya karena kamu kurang minum.

    Selain menurunkan konsentrasi, dehidrasi juga dapat mempengaruhi suasana hati, bahkan meningkatkan risiko depresi dan gangguan kecemasan.

    Bahaya kekurangan cairan ternyata tidak main-main, ya? Jadi, jangan meremehkan anjuran untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, ya.

    Bahaya kekurangan cairan pada tubuh tidak main-main, kan? Jadi, jangan lagi meremehkan anjuran untuk minum air putih yang cukup setiap harinya, ya. Gejala awal dehidrasi ringan mungkin hanya berupa mulut kering atau kulit kering. Namun, jika dibiarkan, dehidrasi bisa menyebabkan banyak dampak yang berbahaya.

    Agar praktis, kamu bisa membawa air putih dalam botol dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau. Ingat, bahaya kekurangan cairan dalam waktu lama dapat mengakibatkan komplikasi serius, lho.

    Karena itu, pastikan selalu terapkan pola hidup sehat dengan cukup minum air putih dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Sekarang kamu bisa belanja bahan makanan sehat dengan lebih praktis melalui website Healthy Choice di sini.

     

    Baca juga: Catat, Ini Cara Hidup Sehat Menurunkan dan Mencegah Tekanan Darah Tinggi

    Baca juga: 5 Sumber Karbohidrat ini Bisa Dikonsumsi Pengidap Diabetes untuk Hidup Sehat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published