Menu Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Pasca Olahraga

menu makanan sehat

Mengonsumsi menu makan sehat setelah olahraga memang sangat dianjurkan. Pasalnya nutrisi dalam makanan tersebut dapat memaksimalkan manfaat olahraga, selain juga memulihkan stamina.

Idealnya, makanan sehat tersebut adalah yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Tapi, kalau kamu ingin ngemil, pastikan pilihan camilan sehat yang bergizi dan hindarilah kudapan manis yang berlebihan.

Manfaat Mengonsumsi Makanan Sehat Pasca Olahraga

Mengonsumsi makanan sehat sangatlah penting, apalagi setelah melakukan aktivitas olahraga berat. Berikut ini ada beberapa manfaat mengonsumsi makanan sehat pasca olahraga yang harus kamu tahu:

  • Membantu memulihkan stamina
  • Mendorong pembentukan jaringan otot baru
  • Mengembalikan cadangan glikogen
  • Mengurangi pemecahan protein otot
  • Menyeimbangkan elektrolit dan cairan tubuh

Meskipun tidak ada peraturan khusus, namun para ahli menyarankan agar mengonsumsi menu makan sehat setidaknya 45 menit usai berolahraga.

Menu Makan Sehat Setelah Olahraga

menu makanan sehat

Sumber foto: Google

Ada banyak pilihan makanan sehat yang bagus untuk kamu konsumsi setelah berolahraga, seperti berikut ini:

  • Nasi dan Dada Ayam
  • Makanan satu ini bagus dikonsumsi setelah berolahraga. Keduanya mengandung karbohidrat serta protein yang dapat mempercepat pemulihan setelah olahraga, dan mendorong pembentukan otot yang baru.

    Bukan itu saja, vitamin B6 yang terkandung pada dada ayam juga penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan berbagai nutrisi tersebut, kamu tentu harus menambahkan sayuran dengan porsi yang cukup.

  • Roti Panggang dan Telur
  • Ini dia pilihan makanan sehat lainnya setelah berolahraga. Telur merupakan sumber protein lengkap yang dapat membantu membangun dan mempertahankan otot. Sedangkan roti mengandung karbohidrat kompleks yang bagus untuk pemulihan pasca olahraga.

    Dari beraneka macam jenis makanan, roti gandum merupakan pilihan terbaik. Karena selain lebih bernutrisi, roti gandum utuh juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

  • Ubi Jalar dan Salmon
  • Salmon dan ubi jalar menjadi santapan yang lezat setelah lelah berolahraga. Bukan hanya rasanya yang enak, ikan dikenal akan kandungan protein dan omega-3 yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan otot pasca olahraga.

    Kamu bisa mengolah ubi dengan cara dikukus atau dipanggang. Tapi ingat, jangan tambahkan mentega atau krim berkalori tinggi, ya. Sebagai penggantinya, kamu bisa menggunakan minyak zaitun.

  • Kacang-kacangan
  • Kacang-kacangan menjadi camilan sehat yang bisa kamu konsumsi kapanpun, termasuk setelah olahraga. Penelitian menunjukkan bahwa kacang memiliki kandungan lemak sehat berupa lemak tak jenuh tunggal, ganda, dan omega-3.

    Berkat kandungannya itu, kacang-kacangan disebut bisa membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL), dan meredakan peradangan. Beberapa jenis kacang yang bisa kamu jadikan camilan setelah berolahraga yaitu kacang hazel, kenari, atau almond.

  • Air Putih atau Minuman Elektrolit
  • Selain makanan, kebutuhan cairan setelah olahraga juga harus tercukupi agar tetap terhidrasi. Minum air putih sebenarnya sudah cukup kalau kamu berolahraga kurang dari satu jam. Tapi kalau lebih lama, disarankan untuk minum minuman elektrolit.

    Minuman ini sangat bagus untuk mengembalikan cairan tubuh dan mengatur tekanan darah serta menyeimbangkan kadar elektrolit.

    Kamu juga boleh kok minum minuman sehat lainnya, seperti susu rendah lemak, atau smoothie yang berisi paduan yoghurt, susu, buah apel atau pisang.

    Itu dia menu makanan sehat yang bisa kamu konsumsi setelah berolahraga. Ingin mulai pola hidup sehat? Kamu bisa memulainya dengan mengonsumsi beberapa makanan sehat dulu kok. Seperti memperbanyak konsumsi sayur dan buah, atau mengganti camilan manis dengan kacang-kacangan yang bisa kamu dapatkan di sini.

     

    Baca juga: Mengenal Superfood! Ini Daftar Makanan Sehat yang Termasuk Superfood

    Baca juga: Pulihkan Tenaga Setelah Olahraga, Ini Manfaat Buah Pisang sebagai Makanan Sehat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published