Minum Air Jahe Merah Bisa Atasi Perut Kembung, Mitos atau Fakta?

Minum Air Jahe Merah Bisa Atasi Perut Kembung, Mitos atau Fakta?

Siapa yang pernah mengalami perut kembung? Kondisi ini memang tidak nyaman. Selain rasa begah, perut menjadi lebih buncit, dan cepat kenyang ketika makan padahal tidak makan dalam porsi besar. Selain itu, efek dari perut kembung kita jadi sering buang angin. Kondisi perut kembung bisa terjadi karena banyak faktor, antara lain pola makan yang buruk, stres, hingga kebiasaan yang kurang sehat seperti merokok, dan mengonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong.


Pada beberapa kasus, perut kembung juga bisa terjadi karena menstruasi, infeksi saluran pencernaan, atau sindrom iritasi pada usus besar. Meski demikian, masalah kesehatan ini bisa diatasi, bahkan tanpa membutuhkan bantuan medis. Benarkah salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi air jahe merah?


Benarkah Jahe Dapat Mengatasi Perut Kembung?

jahe merah

Sumber foto: Google

Banyak yang mengatakan minuman jahe salah satu solusi untuk membantu mengatasi perut kembung. Ramuan jahe sendiri sudah lama digunakan di China dan India sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai kondisi peradangan seperti batuk, pilek, dan flu. Gingerol, bahan konstituen aktif pada jahe memiliki efek analgesik, sedatif, antipiretik, dan antibakteri.


Selain itu, senyawa lainnya yaitu zingerone memiliki sifat antioksidan. Namun, apa yang menjadikan jahe merah efektif sebagai solusi untuk mengatasi perut kembung? Rupanya kandungan sehat pada jahe dapat merangsang cairan pencernaan, seperti empedu, air liur, dan berbagai senyawa lainnya yang membantu pencernaan, sehingga efektif untuk penyerapan dan asimilasi nutrisi yang baik.


Perlu diketahui, bahwa gangguan pencernaan menjadi salah satu akar penyebab terjadinya perut kembung. Makanan yang tidak tercerna dapat menghasilkan racun dan menyebabkan masalah kesehatan pada pencernaan. Oleh karena itu, air jahe yang dikonsumsi di pagi hari bisa bantu meringankan kembung dan menyembuhkan masalah kesehatan pada saluran pencernaan, serta mengatur kadar gula darah.


Tips Mengonsumsi Jahe Merah

Meski air jahe merah dapat mengatasi perut kembung, namun tidak disarankan untuk mengonsumsi secara berlebihan. Minumlah jahe seperlunya untuk menenangkan perut dan menghilangkan gangguan pencernaan, termasuk perut kembung. Untuk meningkatkan citarasa Anda bisa menambahkan madu dan perasan lemon. Anda juga bisa mengonsumsi teh jahe atau permen jahe sebagai pilihan alternatifnya.


Meskipun dianggap efektif membantu meringankan masalah pencernaan dan perut kembung, jangan sampai mengonsumsi jahe secara berlebihan. Sebaiknya batasi hingga 3 atau 4 gram per hari. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi jahe dapat mengakibatkan heartburn dan throat burn. 


Satu hal lagi yang perlu diingat. Meskipun gangguan pencernaan menjadi masalah yang umum, namun ada beberapa kondisi yang tetap tidak boleh diabaikan dan harus segera mendapatkan penanganan. Sebab, gangguan pencernaan sering kali menjadi gejala awal dari masalah pencernaan lainnya yang sifatnya lebih kronis seperti refluks asam lambung, gastritis, bahkan bisa saja kanker perut.


Jadi, sudah jelas bahwa air jahe merah memang membantu meringankan perut kembung, asalkan dikonsumsi tidak berlebihan. Selain mengandalkan minuman jahe merah, Anda juga bisa mengatasi masalah ini dengan menghindari pemicu dari perut kembung seperti, makan dalam porsi dan waktu yang tepat, serta mengganti minuman kafein dan soda dengan air mineral.


Selanjutnya, Anda bisa siapkan jahe merah di rumah untuk mengantisipasi perut kembung yang kapan saja bisa terjadi. Kunjungi Healthy Choice atau klik di sini untuk berbelanja jahe merah dan produk makanan sehat lainnya.

 

 

Baca juga: Jangan Disepelekan! Ini Kondisi Tubuh yang Tak Dianjurkan Konsumsi Jahe Merah

Baca juga: Pecinta Kopi Wajib Coba! Jahe Merah dan Rempah Ini Cocok Jadi Campuran dan Banyak Manfaat


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published