Mudah Banget! 6 Cara Mengolah Jahe Merah untuk Perawatan Kulit dan Rambut

Mudah Banget! 6 Cara Mengolah Jahe Merah untuk Perawatan Kulit dan Rambut

Jahe merah banyak digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit, mulai dari pilek, batuk, hingga sakit perut. Selain itu, tanaman herbal satu ini juga sangat mudah dimasukkan ke dalam resep DIY. Memiliki sifat anti inflamasi yang kuat, mengonsumsi jahe merah dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi dan menjaga pencernaan.

Sepotong kecil jahe merah yang diseduh dengan secangkir air panas bisa membantu meredakan sakit tenggorokan. Selain itu, memasukkan jahe merah yang dihaluskan ke dalam menu makan sehat diyakini dapat membantu meredakan sakit perut.

Masih banyak manfaat jahe merah lainnya, seperti membantu merawat kulit dan rambut. Penasaran bagaimana caranya mengolah jahe untuk dijadikan bodycare? Langsung simak artikelnya di bawah ini, yuk!

  • Untuk Meratakan Warna Kulit
  • Jahe merah mampu mencerahkan bekas luka karena mengandung bahan aktif antioksidan gingerol, yang bukan hanya melawan radikal bebas, namun juga meratakan dan menghaluskan warna kulit.

    Caranya, campurkan jahe merah yang sudah dihancurkan dengan jus lemon. Vitamin C sangat penting untuk mendorong produksi kolagen, yang bisa membantu menyembuhkan bekas luka, mengencangkan kulit, dan mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

    Oleskan campuran tersebut hanya pada kulit yang gelap, lalu biarkan kering dan kemudian bilas hingga bersih.

  • Eksfoliasi Kulit Kusam
  • Kombinasikan jus jahe merah dengan yoghurt untuk membuat masker eksfoliasi alami. Jahe merah mampu meningkatkan elastisitas kulit.

    Asam laktat pada yoghurt akan membantu pengelupasan kulit dengan lembut dan mempercepat pergantian sel. Oleskan campuran ini ke kulit, biarkan sekitar 15 menit, kemudian bilas untuk mendapatkan kulit bersih, halus, dan bercahaya.

    jahe merah

    Sumber foto: Google

    1. Scrub Kulit Kepala

    Sifat antiseptik yang dimiliki jahe merah menjadikannya bahan yang bagus untuk mengobati ketombe, sedangkan soda kue membantu mengangkat kotoran, sel kulit mati, dan minyak.

    Cara membuat scrub kulit kepala ini juga gampang kok, campurkan saja parutan jahe merah, baking soda, dan minyak kelapa. Setelah tercampur, pijat ke kulit kepala dan biarkan sekitar 15 menit sebelum mencucinya hingga bersih

  • Masker Anti Jerawat
  • Biasa ditambahkan ke dalam makanan dalam pola hidup sehat, jahe merah ternyata juga dapat mengobati jerawat. Ini berkat sifat antibakteri yang dimilikinya. Kombinasikan dengan madu, lalu oleskan ke kulit yang berjerawat, diamkan selama 15 menit dan bilas.

  • Mengatasi Rambut Rontok
  • Jahe merah mengandung mineral, vitamin, dan asam lemak yang sangat bagus untuk memperkuat rambut dan meningkatkan sirkulasi di kulit kepala.

    Bagaimana cara membuatnya? Haluskan beberapa potong jahe merah dan 3-4 potong lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan enzim proteolitik, yang berperan sebagai kondisioner untuk rambut.

    Campurkan kedua bahan tersebut hingga menjadi pasta halus. Kemudian oleskan ke seluruh rambut dan kulit kepala, biarkan satu jam sebelum mencucinya.

  • Sebagai Minyak Pijat
  • Tips sehat menggunakan jahe merah selanjutnya adalah sebagai minyak pijat. Secara alami, jahe merah mampu menghangatkan tubuh ketika dioleskan ke kulit. Jadi, tidak heran kalau minyak pijat jahe merah sangat bagus untuk memberikan terapi pada kulit dan aromanya pun kuat.

    Gunakan potongan kecil jahe merah kupas, iris tipis kemudian tambahkan satu cangkir minyak almond. Aduk dan tuangkan ke dalam botol. Biarkan selama seminggu dan pastikan kocok campuran minyak tersebut sekali sehari.

    Selain menggunakan jahe merah untuk merawat tubuh dari luar, mengonsumsinya juga bagus untuk menjaga kesehatan tubuh dari dalam. Tidak ingin repot mengupas jahe merah? Sekarang kamu bisa mengonsumsi minuman jahe merah bubuk Healthy Choice yang praktis.

     

    Baca juga: Dipercaya Dapat Atasi Anosmia dan Gejala-gejalanya, Ini Fakta Seputar Jahe untuk Hidup Sehat

    Baca juga: Kenali Manfaat dan Risiko Jahe Merah untuk Ibu Hamil Agar Tidak Salah Kaprah


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published