Pilihan Snack Sehat yang Enak dan Bikin Kenyang Lama, Selamat Tinggal Gorengan

snack sehat

Menurut Eating Well, makan terlalu banyak justru menimbulkan efek negatif, seperti merasa lesu, perut tidak nyaman, refluks asam, dan kenaikan gula darah. Sebagai solusinya, lebih baik selalu siapkan snack sehat yang mengenyangkan.

Jenis makanan ini memberikan asupan nutrisi bagi tubuh, membuatmu kenyang lebih lama, dan tetap berenergi, sehingga mencegah makan berlebih. Lalu, apa saja kudapan yang bikin kenyang lama? Berikut daftarnya.

  • Roti Panggang Alpukat
  • Roti panggang alpukat cocok dijadikan camilan sehat saat kamu merasa lapar di tengah hari. Pasalnya, hidangan ini mengandung serat, protein, dan lemak sehat, sehingga menjadi camilan yang cukup mengenyangkan.

    Ditambah, alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal, yang salah satu khasiatnya yaitu mencegah pembentukan lemak di perut.

  • Popcorn
  • Popcorn berasal dari biji utuh yang kaya akan serat dan rendah kalori. Ini membuatnya jadi makanan ringan yang mengenyangkan tanpa membuat kenaikan berat badan.

    Sayangnya, camilan untuk diet satu ini biasa dijual dengan tambahan mentega, garam, dan gula dalam jumlah banyak. Sehingga meningkatkan jumlah kalorinya dan membuat popcorn ini tidak sehat. Jadi ada baiknya kalau kamu membuat popcorn sendiri di rumah.

  • Pisang dan Selai Kacang
  • Pisang tinggi akan serat dan air sehingga dapat membantumu kenyang lebih lama dan mencegah dehidrasi. Bonusnya, salah satu buah yang mudah dijumpai ini adalah sumber vitamin dan mineral, terutama kalium, vitamin C, dan vitamin B6.

    Sementara itu, selai kacang juga menjadi makanan ringan yang mengenyangkan karena kaya serat, protein nabati, dan lemak sehat. Selain bikin kenyang, kacang juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

    Nah, kombinasi kedua bahan ini bisa dijadikan camilan yang cocok untuk kamu yang merasa lapar sebelum waktu makan besar. Sebab, camilan satu ini dapat membuat kenyang lebih lama dan mengembalikan energi. Caranya, cukup potong buah pisang dan makan bersama selai kacang.

    snack sehat

    Sumber foto: Google

  • Oatmeal
  • Para pelaku pola hidup sehat tentu sudah tidak asing dengan makanan satu ini. Oatmeal biasa dijadikan sebagai menu sarapan sehat yang populer di banyak negara. Selain sebagai sarapan, kamu juga bisa menjadikannya sebagai camilan.

    Alasannya, oatmeal rendah kalori dan kaya akan serat, terutama beta glukan. Kandungan seratnya yang tinggi dan kemampuannya menyerap air membuat oatmeal sangat mengenyangkan. Beta glukan di dalamnya juga membantu melepaskan hormon kenyang serta menunda pengosongan perut.

    Agar lebih bercita rasa, tambahkan potongan buah-buahan segar maupun kering, parutan kelapa, kacang-kacangan, atau madu.

  • Smoothie Bayam, Beri, dan Almond
  • Tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan camilan sehat? Jangan panik! Kamu bisa membuat sajian super praktis tapi sangat bergizi dan tentunya mengenyangkan.

    Yang perlu kamu siapkan hanyalah segenggam daun bayam, sedikit buah beri, segelas susu almond, dan dua sendok makan susu bubuk. Blender semua bahan hingga lembut dan segara nikmati.

    Kandungan serat dari bayam dan buah, protein serta lemak sehat dari susu almond dan susu bubuk akan membuatmu berenergi dan kenyang sepanjang hari.

    Itu dia lima ide camilan yang bisa kamu buat untuk mendukung pola hidup sehat yang sedang kamu jalani. Terlalu sibuk hingga tidak ada waktu untuk membuatnya? Di sini ada snack sehat yang praktis dibawa kemanapun dan bisa dinikmati kapanpun. Ingin tahu selengkapnya? Langsung saja ke Healthy Choice!

     

    Baca juga: Rekomendasi Camilan Sehat untuk Teman Ngopi yang Bikin Berat Badan Aman

    Baca juga: Daftar Menu Makanan Sehat Buat Kamu yang Tidak Suka Sayuran


    Posting Lama Posting Baru

    Tinggalkan komentar

    Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan