Rekomendasi Waktu Terbaik untuk Minum Chia Seed agar Hasilnya Maksimal

Rekomendasi Waktu Terbaik untuk Minum Chia Seed agar Hasilnya Maksimal

Baru-baru ini, sosial media diramaikan dengan trend racikan air chia seed atau biji chia yang diklaim efektif untuk menurunkan berat badan. Lalu kapan sebaiknya minum chia seed? Bisakah diminum saat pagi hari? Atau setelah makan berat?

Biji chia sendiri sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu superfood. Ini karena kandungan nutrisinya yang tinggi, terutama kemampuannya untuk membantu menurunkan berat badan. Jadi, tak heran kalau banyak pelaku program diet menjadikannya sebagai menu wajib.

Mengenal Chia Seed

Mungkin ada beberapa orang yang belum mengenal apa itu chia seed. Biji chia berasal dari tanaman salvia hispanica yang banyak dijumpai di Meksiko dan Amerika Selatan.

Meski ukurannya mini, chia seed mengandung air, serat, protein, asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan karbohidrat. Selain itu, terdapat pula beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zat besi, zinc, dan tembaga.

Kapan Waktu Terbaik Mengonsumsi Chia Seed?

Air chia seed disebut-sebut sangat ampuh untuk mempercepat penurunan berat badan. Lalu, kapan waktu terbaik untuk mengonsumsinya? Konsumsi biji chia sebaiknya dilakukan pada pagi hari, yaitu 30 menit sebelum sarapan. Chia seed akan menunda rasa lapar dan membuat rasa kenyang lebih lama setelah sarapan. Sehingga defisit kalori dapat diperoleh dengan lebih mudah.

Cara Mengonsumsi Chia Seed

Cara mengonsumsi biji chia sangatlah mudah. Kamu hanya perlu memasukkan satu sendok HC Chia Seed Organik dan BRM Chia Seed Organik ke dalam segelas air. Agar terasa lebih nikmat, tambahkan perasan lemon, kemudian biarkan beberapa menit sebelum diminum.

Terlepas dari trend air chia seed, ternyata mengonsumsinya juga sangat baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat Biji Chia untuk Kesehatan

Sumber foto: Google

Mengutip laman Healthline, dalam dua sendok makan biji chia mengandung 137 kalori. Meski kalorinya cukup minim, namun biji chia mengandung banyak nutrisi. Dalam satu sajian, biji chia mengandung 4 gram protein, 9 gram lemak, fosfor, magnesium, 11 gram serat, mangan, dan kalsium.

Karena kandungan seratnya yang tinggi, mengonsumsi biji chia tentunya sangat baik bagi pelaku diet. Seperti yang sudah diketahui, mencukupi asupan serat dapat menjaga rasa kenyang lebih lama, dan mendukung pencernaan bekerja lebih baik.

Selain itu, rutin mengonsumsinya juga bisa membantu mengurangi kadar gula dalam darah. Menurut hasil penelitian, disebutkan bahwa chia seed mampu mengontrol gula darah dan mendorong sensitivitas insulin, sehingga kadar gula tetap stabil setelah makan.

Namun, berbagai manfaat chia seed untuk kesehatan tubuh hanya bisa didapatkan jika dikonsumsi dengan takaran yang pas. Selain itu, perhatikan pula waktu terbaik untuk mengonsumsinya agar efek baik yang diberikan bisa lebih optimal.

Selain mengonsumsi biji chia secara rutin, disarankan untuk mengimbanginya dengan makan makanan yang lebih beragam agar semua kebutuhan nutrisi dalam tubuh terpenuhi. Bagi pelaku program diet, kamu bisa memilih dada ayam atau telur sebagai asupan protein harian. Telur mengandung sedikit kalori dan membuat rasa kenyang lebih lama.

Nah, itulah informasi terkait kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi chia seed. Sekarang kamu hanya perlu mengunjungi Healthy Choice dan dapatkan HC Chia Seed Organik dan BRM Chia Seed Organik. Diet jadi lebih mudah dengan mengonsumsi aneka makanan sehat di sini. Jadi, yuk segera kunjungi Healthy Choice dan pilih aneka bahan makanan sehatnya!

 

Baca juga: Perbedaan dan Manfaat HC Chia Seed Organik vs. BRM Chia Seed Organik

Baca juga: Mengetahui Bagaimana Mengolah Chia Seeds dengan Tepat




Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published