Tanpa Operasi, Ini Makanan Penghancur Kista Alami yang Menyehatkan

jahe merah

Meskipun dianggap tidak berbahaya dan bisa dilakukan dengan pengangkatan, namun penderita kista tetap harus menerapkan pola makan yang sehat.  Pasalnya, banyak yang percaya kista dapat disembuhkan dengan pola makan sehat dan bahkan ada sejumlah makanan yang dipercaya sebagai penghancur kista ovarium.


Makanan Penghancur Kista

Kista rahim atau kista ovarium adalah benjolan keras berisi berbagai cairan yang terbentuk di permukaan indung telur atau ovarium. Umumnya kista muncul disebabkan karena perubahan hormonal dan menyerang perempuan yang masih dalam tahap reproduksi.


Biasanya kista dapat hilang dengan sendirinya pada beberapa minggu tanpa pengobatan apapun, namun jika sudah tumbuh besar dan menyebabkan ketidaknyamanan maka diperlukan perawatan medis.


Mengonsumsi makanan tertentu bisa membantu mencegah perkembangan kista di kemudian hari. Dengan makanan yang tepat hal tersebut juga bisa membantu menjaga hormon tetap terkendali dan meredakan gejala kista. Apa sajakah makanan-makanan tersebut? Berikut ini daftar makanan yang dipercaya dapat menghancurkan kista secara alami.

jahe merah

 

Sumber foto: Google


  • Makanan Tinggi Serat
  • Dikutip dari Healthmatch, serat pada makanan sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mengatur hormon. Hal ini dapat membantu menghilangkan kelebihan estrogen dari tubuh, yang pada gilirannya dapat mengurangi risiko kista ovarium. Makanan yang tinggi serat antara lain biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan.


  • Jahe Merah
  • Jahe merah sering kali dimanfaatkan sebagai salah satu cara obat untuk meredakan gejala kista ovarium. Beberapa orang mengatakan hal ini dapat membantu mengecilkan kista dan meringankan gejala PCOS. Mengutip dari Verywell Health, hal tersebut didasari pada fakta bahwa jahe merah merupakan sumber antioksidan, antiinflamasi, dan pelawan kanker yang ampuh.


    Beberapa penelitian bahkan menemukan fakta bahwa senyawa sehat pada jahe dapat menyeimbangkan hormon dan membantu memperbaiki PCOS tanpa efek samping apapun. 

    Penelitian lain menunjukkan bahwa jahe merah dapat membantu mengobati kanker dengan cara mengecilkan tumor kanker, mencegah penyebaran sel kanker, termasuk kanker ovarium.


  • Makanan Kaya Magnesium
  • Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 2015 dalam jurnal BMJ menunjukkan bahwa suplementasi magnesium dapat membantu meredakan nyeri. Penelitian ini menggunakan suplemen magnesium, namun beberapa orang lebih memilih mencoba mengonsumsi magnesium ekstra yang terdapat dari makanan daripada mengonsumsi suplemen. Diantara makanan yang mengandung magnesium tertinggi adalah biji labu, biji chia, dan kacang almond.


  • Asam Lemak Omega-3
  • Mengonsumsi makanan kaya asam lemak omega-3, seperti biji rami, ikan salmon, dan biji chia, juga dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan keseimbangan hormonal sehingga bisa jadi penghancur kista. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat meningkatkan status kesehatan bagi perempuan pengidap PCOS.


  • Makanan Kaya Vitamin D
  • Selain omega-3 Anda juga bisa mengandalkan makanan yang kaya vitamin D, seperti ikan berlemak, telur, dan produk susu  untuk membantu memperbaiki gejala kista ovarium pada penderita PCOS.


  • Makanan Anti-inflamasi
  • Berikutnya ada makanan antiinflamasi yang dapat dijadikan obat untuk mencegah sekaligus mengurangi peradangan yang terkait pembentukan kista ovarium, seperti kunyit, bawang putih dan jahe merah yang sudah dijelaskan di poin kedua. 


    Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin, atau senyawa yang terdapat di kunyit dapat membantu mengurangi risiko kista ovarium dan memperbaiki karakteristik menstruasi pada wanita penderita PCOS. Meskipun, tidak semua penelitian menunjukkan efek ini.


    Itu dia beberapa daftar makanan sehat yang dapat mencegah perkembangan kista. Dari sekian banyak makanan, mana hampir semua bisa Anda dapatkan dengan mudah, salah satunya jahe merah yang bisa Anda beli melalui Healthy Choice. Jika Anda berminat klik di sini untuk berbelanja produk makanan sehat lainnya mulai dari jahe merah, cuka apel, kacang hijau organik hingga gandum utuh.

     

    Baca juga: Jangan Disepelekan! Ini Kondisi Tubuh yang Tak Dianjurkan Konsumsi Jahe Merah

    Baca juga: Tips Mudah Meredakan Migrain, Benarkah Jahe Merah Lebih Ampuh


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published