Tanpa Skincare, Ini Cara Angkat Sel Kulit Mati di Wajah secara Alami dengan Camilan Sehat

camilan sehat

Bagaimana cara mengangkat sel kulit mati atau eksfoliasi? Pertanyaan ini mungkin akan muncul ketika kamu mendapati sel kulit mati terutama pada area wajah. Yah, jika demikian, cara yang bisa anda lakukan adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi agar kulit wajah menjadi sehat, cerah dan halus. Eksfoliasi sendiri dapat dilakukan menggunakan bahan-bahan alami yang anda miliki di rumah. 

 

Perlu anda ketahui, bahwa kulit yang sehat dapat terjadi regenerasi kulit setiap 28-48 hari. Saat proses tersebut sel-sel kulit mati akan mengelupas dengan sendirinya dan berganti dengan sel-sel kulit baru. Akan tetapi, sel-sel kulit mati terkadang dapat menumpuk di lapisan terluar kulit, sehingga perlu dilakukan eksfoliasi atau cara mengangkat sel kulit mati.

 

Bagaimana Cara Mengangkat Sel Kulit Mati di Wajah secara Alami?

Mengangkat sel kulit mati secara rutin bertujuan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Hal ini penting dilakukan untuk membantu menghilangkan kulit kusam, pori-pori tersumbat, dan kulit kering.

 

Umumnya kita menggunakan produk kecantikan secara rutin untuk melakukan eksfoliasi seperti krim wajah, serum anda juga bisa melakukannya menggunakan waslap dengan air hangat dan sabun pembersih wajah. Selain menggunakan produk kecantikan anda juga bisa membuat scrub bahan alami untuk mengangkat kulit mati, lho. Bisa dibilang cara ini cukup praktis dan efektif. Nah berikut ini berbagai cara mengangkat sel kulit mati di wajah.

 

1.Menggunakan Campuran Oat dan Yoghurt

Perlu diketahui bahwa oatmeal merupakan bahan makanan sehat yang mengandung antioksidan dan memiliki sifat anti peradangan yang dapat membantu menenangkan kulit sensitif atau kulit yang sedang mengalami iritasi. Selain itu, yoghurt juga memiliki kandungan asam laktat alami yang dapat membantu mengoptimalkan proses eksfoliasi.

 

Cara mengangkat sel kulit mati menggunakan oatmeal dan yoghurt bisa dilakukan jika anda memiliki kulit kombinasi. Berikut ini cara membuat scrub dari oatmeal dan yoghurt untuk mengangkat sel kulit mati:

 

  • Siapkan 2 sendok makan oatmeal yang telah dihaluskan
  • Campurkan oatmeal dengan 1 sendok teh minyak jojoba atau minyak kelapa dan 1 sendok makan yoghurt tanpa rasa
  • Oleskan scrub pada wajah dengan gerakan melingkar selama 30-60 detik, lalu bilas wajah menggunakan air hangat hingga bersih.

 

Selain menggunakan oatmeal, anda juga bisa menggunakan scrub dari bubuk kopi yang dicampur dengan gula aren.

 

2.Menggunakan Campuran Oatmeal dan Madu

Selain dikenal sebagai bahan makanan sehat, madu juga dapat dimanfaatkan untuk merawat diri. Salah satunya untuk mengangkat sel kulit mati dan menyeimbangkan bakteri baik pada kulit. Selain itu, madu juga bisa melembapkan dan menenangkan kulit yang meradang akibat jerawat.

 

Anda juga bisa membuat scrub oatmeal dan madu untuk perawatan kulit wajah. Kombinasi dua bahan ini sangat baik untuk anda yang sering mengeluh kulit berminyak. Berikut ini cara mengangkat sel kulit mati menggunakan madu dan oatmeal.

 

  • Siapkan 2 sendok makan oatmeal dan 2 sendok makan madu, serta 2 sendok makan minyak kelapa.
  • Haluskan oatmeal hingga menjadi bubuk
  • Hangkatkan madu selama beberapa detik menggunakan microwave agar lebih mudah dicampur dengan bahan lain.
  • Campurkan semua bahan scrub ke dalam mangkuk, lalu oleskan scrub pada kulit wajah dengan gerakan melingkar selama 60 detik.
  • Bilas wajah dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk bersih.

 

camilan sehat

Sumber foto: Google

 

3.Menggunakan Campuran Oatmeal dan Pisang

Biasanya bagi pemilik kulit berminyak akan menghindari produk kecantikan berbahan dasar minyak. Jika demikian, anda dapat mengganti minyak zaitun dengan buah pisang ketika membuat scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati.

 

Selain dapat menutrisi kulit, pisang juga mengandung mineral silika yang dapat mendorong produksi kolagen di kulit. Cara membuat scrub dari pisang dan oatmeal adalah:

 

  • Siapkan 1 buah pisang yang matang, 1 sendok makan yoghurt tanpa rasa, dan 2 sendok makan oatmeal yang sudah dihaluskan.
  • Haluskan pisang hingga teksturnya menyerupai bubur, kemudian campurkan dengan yoghurt dan oatmeal.
  • Oleskan scrub pada kulit wajah mengikuti langkah yang sudah disebutkan di atas.

 

  1. Menggunakan Cuka Apel

Selain menggunakan oatmeal, anda juga bisa memakai cuka apel untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Pasalnya cuka apel memiliki sifat asam yang dapat mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit. Tak hanya itu, cuka apel juga mengandung antibakteri yang dipercaya dapat mengatasi jerawat. 

 

Untuk menggunakan cuka apel sebagai cara mengangkat sel kulit mati, anda bisa melakukan langkah-langkah berikut:

 

  • Campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 2 sendok makan air.
  • Celupkan kapas ke dalam larutan cuka apel.
  • Usapkan kapas tersebut ke area wajah.

 

Meskipun dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati, namun sebaiknya cuka apel tidak digunakan jika anda memiliki kulit sensitif.

 

  1. Menggunakan Susu

Susu mengandung asam laktat yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam. Susu juga bisa menenangkan kulit yang mengalami iritasi dan gatal. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda bisa menggunakan susu murni.

 

Cara menggunakan susu untuk mengangkat sel kulit mati tidak berbeda dengan menggunakan cuka apel. Anda cukup mencelupkan kapas ke dalam susu dingin, kemudian usapkan kapas tersebut ke area wajah dengan gerakan melingkar. Selanjutnya diamkan selama beberapa saat, lalu bisa wajah dengan air hangat.

 

Dampak eksfoliasi bisa membuat kulit menjadi kering. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengoleskan pelembab setelah anda melakukan eksfoliasi untuk menjaga kulit tetap lembab dan sehat.

 

Dengan menggunakan bahan-bahan alami di atas, anda bisa melakukannya sebanyak 1-2 kali dalam seminggu agar hasilnya optimal. Meski demikian, perlu diingat agar anda tidak melakukan eksfoliasi pada kulit yang mengalami luka, radang, atau terbakar sinar matahari.


Selain melakukan cara mengangkat sel kulit mati, anda juga bisa merawat kulit dengan pola makan sehat untuk menutrisi kulit wajah. Tak hanya dengan sayuran dan buah, kamu juga bisa mengonsumsi makanan sehat dari Healthy Choice. Klik di sini untuk belanja berbagai produk makanan dan camilan sehat untuk kebutuhan nutrisi harian anda.

 

Baca juga: Camilan Sehat untuk Anak-Anak: Menumbuhkan Kebiasaan Makan Sehat dari Usia Dini

Baca juga: Bisa Jadi Camilan Sehat, Kenali Manfaat Tepung Beras Organik untuk Kesehatan Tubuh


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published