Terlihat Sama Tapi Beda, Ini Cara Membedakan Tepung Beras dan Tepung Kanji

tepung beras

Bagi kamu yang suka masak atau sering bikin kue, pasti sudah tidak asing lagi sama yang namanya teung. Yah, bahan berwarna putih ini merupakan salah satu bahan paling penting dalam membuat kue atau berbagai makanan. Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis tepung di pasaran yang sering diandalkan untuk bahan makanan. Salah satunya tepung beras dan tepung kanji atau tepung tapioka.


Meski keduanya sangat mirip, akan tetapi fungsi dan penggunaanya berbeda, lho. Bagi kamu yang tidak terbiasa membuat kue mungkin akan kesulitan dalam membedakan tepung beras dan tepung kanji. Supaya tidak salah  pemakaian, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu pahami.


1.Bahan Baku Tepung

Perlu diketahui bahwa kedua tepung ini berasal dari bahan yang berbeda. Dari namanya, sudah jelas tepung beras terbuat dari beras yang digiling hingga benar-benar halus. Sedangkan tepung kanji atau tapioka adalah sari pati tumbuhan singkong. Untuk membuatnya, singkong dikupas kulitnya, dicuci dan diparut terlebih dahulu.


Hasil parutan digilas, dicampur dengan air dan diperas, sehingga butir-butir patinya keluar dan terbawa air. Setelah disaring untuk memisahkan sisa-sisa ampas, air bercampur pati singkong tersebut didiamkan hingga patinya mengendap. Airnya kemudian dibuang dan endapan patinnya dijemur hingga kering menjadi tepung.

tepung beras

Sumber foto: Google


2.Perhatikan Bentuk, Tekstur, dan Warna

Meski sama-sama memiliki warna putih, tetapi tekstur kedua tepung ini cukup berbeda ketika dipegang. Tekstur tepung beras biasanya kenyal dan sedikit liat. Sedangkan tekstur kanji atau tapioka biasanya kesat dan ringan. Tepung kanji juga cenderung lebih licin di tangan, sehingga sulit dipegang.


3.Kegunaan

Karena dihasilkan dari bahan yang berbeda, tentu saja manfaat dan kegunaan kedua tepung tersebut pun berbeda. Tepung beras biasanya digunakan untuk membuat kue tradisional, seperti kue lapis, nagasari, talam atau serabi.


Dalam pembuatan kue, tepung beras seringkali dicampurkan dengan tepung terigu untuk menghasilkan tekstur yang lembut. Tepung kanji atau tapioka biasanya digunakan untuk merenyahkan, mengembangkan, dan mengenyalkan adonan makanan. Tak heran kalau tepung ini sering kali menjadi bahan utama dalam membuat kerupuk, siomay, pempek, atau cireng.


Bahkan belakangan ini tepung tapioka juga digunakan sebagai bahan utama membuat boba yang biasanya ada di minuman bubble tea. Hal ini karena teksturnya yang kenyal dan padat.


Itu dia cara membedakan tepung beras dan tepung kanji yang harus diperhatikan. Kedua tepung tersebut bisa menjadi bahan utama dalam membuat makanan atau camilan sehat, khususnya untuk kamu yang sedang diet.


Terlebih tepung beras memiliki kandungan sehat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Pasalnya tepung beras mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa membuat kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan protein pada tepung beras dapat mencukupi kebutuhan nutrisi harian. 


Nah, jika kamu sedang mencari tepung beras untuk diolah menjadi makanan sehat. Kunjungi Healthy Choice. Kamu bisa mencari berbagai bahan makanan sehat seperti tepung beras, kacang hijau, gandum utuh dan masih banyak lagi. Klik di sini untuk berbelanja berbagai produk makanan sehat.

 

Baca juga: Sering Diolah Menjadi Makanan Sehat, Ini Manfaat Tepung Beras untuk Kecantikan

Baca juga: Bisa Jadi Camilan Sehat, Kenali Manfaat Tepung Beras Organik untuk Kesehatan Tubuh


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published